Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan
Rp 77.600 Rp 97.000Kode | RR.AG0252 |
Stok | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan
Penulis: M. Karman, Dr., M.Ag.
Cetakan: 1, 2018
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
Halaman : 388 Halaman
ISBN: 978-602-446-297-0
Sinopsis :
Mengapa teks Al-Quran relevan untuk segala situasi dan kondisi? Walau lahir di masa yang tidak seperti sekarang, teksnya dapat dikontekstualisasikan di berbagai tempat dan kondisi seiring perkembangan zaman.
Al-Quran memang ‘terasa’ dinamis sehingga penafsirannya tidak mudah, harus tekun dan ulet melakukan dialog dan refleksi.
Buku ini memang dikhususkan untuk mahasiswa pascaasarjana dengan program studi Pendidikan Agama Islam namun sebetulnya buku ini juga tepat untuk mahasiswa tingkat sarjana dan kalangan umum yang memiliki concern dalam pendidikan Islam.
—
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
A. Al-Qurân dan Tuntutan Dinamika Penafsiran
B. Al-Qurân sebagai Kitab Kurikulum?
C. Ruang Lingkup
D. Metode
Bab II Hakikat Manusia dan Relasinya dengan Pendidikan
A. Term Manusia dalam Al-Qurân
B. Penciptaan Manusia dan Nilai-Nilai Pendidikan
C. Potensi-Potensi Dasar Manusia
D. Hakikat Fungsi Manusia dalam Kehidupan
Bab III Ilmu (Pengetahuan) dan Relasinya dengan Pendidikan
A. Term Ilmu (Pengetahuan) dalam Al-Qurân
B. Kedudukan Ilmu (Pengetahuan)
C. Sumber Ilmu (Pengetahuan)
D. Pendekatan Perolehan Ilmu (Pengetahuan)
E. Cabang Ilmu (Pengetahuan)
Bab IV Hakikat Pendidikan
A. Term Pendidikan dalam Al-Qurân
B. Tugas Pendidikan
C. Prinsip-Prinsip Pendidikan
Bab V Tujuan Pendidikan
A. Pengertian Tujuan Pendidikan
B. Kedudukan dan Prinsip Tujuan Pendidikan
C. Formulasi Tujuan Pendidikan
Bab VI Pendidik
A. Pengertian Pendidik
B. Kedudukan Pendidik
C. Tugas Pendidik
D. Interaksi Pendidik dengan Peserta Didik
E. Kompetensi Pendidik
Bab VII Peserta Didik
A. Pengertian Peserta Didik
B. Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik
C. Karakteristik Perkembangan Kesadaran Beragama Peserta Didik
D. Sikap Peserta Didik kepada Pendidik
Bab VIII Materi Pendidikan
A. Pengertian Materi Pendidikan (Pembelajaran)
B. Ragam Materi Pendidikan
Bab IX Media Pendidikan
A. Pengertian Media Pendidikan
B. Landasan Penggunaan Media Pendidikan
C. Urgensi dan Karakteristik Media Pendidikan
D. Ragam Media Pendidikan
Bab X Komunikasi Pendidikan
A. Pengertian Komunikasi Pendidikan
B. Karakteristik Komunikasi Pendidikan
C. Prinsip-Prinsip Komunikasi
Bab XI Metodologi Pendidikan
A. Model Pembelajaran
B. Pendekatan Pendidikan/Pembelajaran
C. Metode Pendidikan
D. Teknik Pendidikan
Bab XII Evaluasi Pendidikan
A. Hakikat Evaluasi
B. Bentuk dan Tujuan Evaluasi
C. Prinsip-Prinsip Evaluasi Pendidikan
D. Jenis-jenis Evaluasi Pendidikan
E. Teknik Evaluasi Pendidikan
Tags: Akhlak Mulia, kurikulum pendidikan Islam, Metode Pendidikan Islam, Pedagogi Islam, pendidikan anak, Pendidikan Islam, pendidikan karakter, pendidikan multikultural, Studi Al-Quran, Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan
Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan
Berat | 650 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 314 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Asep Ediana Latip, S.Ag., M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 240 Halaman ISBN: 978-602-446-203-1 Sinopsis: Evaluasi pembelajaran yang penulis uraikan pada buku ini, dikembangkan berdasarkan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia pada Program Studi Pendidikan Guru… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
Nusa Putra, Dr., S.Fil., M.Pd. & Hendarman, Ir., M.R., Ph.d. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 208 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-133-1 Sinopsis: Beragam metode penelitian dapat digunakan untuk mencari penjelasan terkait dengan permasalahan berbagai konflik. Salah satunya adalah penelitian kebijakan. Penelitian kebijakan dengan karakteristik dan cara kerjanya yang khas… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
A. Muchtar Ghazali, dkk. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 320 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-725-8 Sinopsis : Reformasi di negara kita muncul sebagai upaya untuk mengoreksi kelemahan-kelemahan masa lalu dan melakukan upaya-upaya perbaikan untuk masa kini dan mendatang dalam berbagai sektor kehidupan. Buku ini membahas pokok pembelajaran Pendidikan Pancasila… selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.00020%
Judul : MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA Pengarang : HERUMAN, S.PD. Tahun : Cet-1 tahun 2007 Dimensi : 16X24 cm, HVS-70 Gram, 200 Hlm Sinopsis: Selama ini terbentuk kesan umum bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan juga menakutkan. Nyatanya memang demikian banyak sekali siswa yang tidak menyukainya. Padahal, sesungguhnya unsur-unsur matematika itu menyertai kita dalam… selengkapnya
Rp 41.600 Rp 52.00020%
Judul : PENDIDIKAN IPS Pengarang : SAPRIA Tahun : Cet-1, Oktober 2009 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 240 halaman ISBN : 979-692-957-0 Sinopsis: Awalnya buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan, khususnya dalam mata kuliah Pendidikan IPS di jenjang S1 Jurusan PKn dan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Lalu, pada terbitan PT… selengkapnya
Rp 46.400 Rp 58.00020%
Penulis: Tatag Yuli Eko Siswono, DR., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 292 Halaman ISBN: 978-602-446-329-8 Sinopsis : Penelitian adalah dasar perkembangan pengetahuan. Melalui penelitian seseorang meyakini kebenaran informasi, apalagi menghadapi pesatnya perkembangan teknologi informasi. Sekian waktu muncul informasi-informasi yang dapat menyesatkan…. selengkapnya
Rp 85.600 Rp 107.00020%
Penulis: Syamsu Yusuf, Prof., Dr., H., L.N., M.Pd. Nani M. Sugandhi, Dr., M.Pd. Aas Saomah, Dra., M.Si. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 340 Halaman ISBN: 978-602-446-593-3 Sinopsis: Remaja (dalam hal ini siswa SLTP dan SLTA) memiliki peranan penting dalam masyarakat. Mereka adalah… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.00020%
Judul : KARYA TULIS INOVATIF: SEBUAH PENGEMBANGAN PROFESI Pengarang : PROF.DR.H. SUDARWAN DANIM Tahun : Cet-1, Desember 2010 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 164 halaman ISBN : 978-979-692-007-5 Sinopsis : Buku ini dipersembahkan untuk guru yang terus mengembangkan derajat profesionalitas sebagai tenaga pendidik. Untuk tujuan itu, guru, kepala sekolah, dan pengawas diharapkan mampu meningkatkan… selengkapnya
Rp 36.000 Rp 45.00020%
Suyono, Prof., dkk. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 340 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-625-1 Sinopsis : Buku Implementasi Belajar dan Pembelajaran ini lebih memfokuskan pembahasannya pada perkembangan pembelajaran dan implementasinya, termasuk bagaimana implementasi pada abad ke-21. Bagaimanakah peran guru dalam pembelajaran abad ke-21, sebagai pemandu perubahan, inkubator pembelajaran, dan… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Prof. Dr. Wardi Bachtiar, M.A 16 x 24 cm – 372 hlm Kertas Isi HVS 70 gr – Sampul AC 210 gr Cetakan 4, 2013 ISBN: 979-692-671-7 Sinopsis : Buku ini membicarakan gagasangagasan segar dalam bidang sosiologi sejak periode awal kelahirannya hingga pemikiran yang mengedepankan teori kontemporer. Beberapa tokoh penting juga ditampilkan dalam berbagai pemikirannya… selengkapnya
Rp 68.800 Rp 86.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.