Penyehatan Manajemen Sekolah
Kode | RR.PK0489 |
Status | Segera Terbit |
Kategori | Pendidikan & Keguruan, Segera Terbit |
Penyehatan Manajemen Sekolah
Penulis:
Dr. Cepi Triatna, S.Pd., M.Pd.
Dr. Nani Hartini, S.Pd., M.Pd.
Elin Rosalin, S.Pd., M.Pd.
Dr. Suryadi, S.Pd., M.Pd.
Dr. Asep Sudarsyah, M.Pd.
Dr. Endang Herawan, M.Pd.
Cetakan: 1, 2025
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
212 Halaman
ISBN: 978-979-692-xxx-x
Sinopsis:
Penyehatan manajemen sekolah (juga berlaku untuk semua jenis satuan pendidikan: madrasah, pesantren, lembaga/badan diklat, dll.) merupakan upaya untuk menjadikan sekolah sehat (bebas dari penyakit) sehingga sekolah memiliki kemampuan untuk mencapai tujuan sekolah secara lebih mudah dan efektif. Manajemen sekolah yang sehat akan dicirikan oleh sejumlah indikator kesehatan dalam perencanaan program sekolah, pengorganisasian sumber daya, penganggaran, implementasi program, kepemimpinan, supervisi pembelajaran, dan evaluasi program sekolah.
Buku ini akan menjelaskan secara detail bagaimana prosedur melakukan diagnosis penyakit manajemen sekolah berdasarkan indikator masing-masing fungsi manajemen. Proses selanjutnya adalah mengolah hasil, menganalisis sebab dan akibat, membuat kategori tindak lanjut yang diperlukan berdasarkan hasil analisis, serta melakukan tindak lanjut penyehatan manajemen sekolah.
Kajian mengenai penyehatan manajemen sekolah dalam buku ini tidak saja digunakan dalam perkuliahan yang mengkaji administrasi dan manajemen pendidikan pada jenjang S1, S2, dan S3, tetapi juga sangat bermanfaat untuk digunakan bagi para praktisi, khususnya para calon kepala sekolah, kepala sekolah, pengawas sekolah, pengurus yayasan pendidikan, dan pejabat dinas pendidikan serta konsultan bidang pendidikan dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi penyehatan manajemen sekolah.
—
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN BAB I PENDAHULUAN
A. Pentingnya Penyehatan Organisasi dan Manajemen Pendidikan
B. Urgensi Pendidikan dalam Konteks Mikro, Messo, dan Makro
C. Pelajaran Penting dari Mutu Pendidikan Nasional
BAB II PENYAKIT MANAJEMEN SEKOLAH
A. Penyakit Manajemen Sekolah
B. Penyakit Perencanaan Sekolah
C. Penyakit Pengorganisasian Sumber Daya Sekolah
D. Penyakit Penganggaran Sekolah
E. Penyakit Dalam Pelaksanaan Program Kerja Sekolah
F. Penyakit Supervisi Pembelajaran
G. Penyakit Kepemimpinan Pendidikan
H. Penyakit Evaluasi Program Sekolah
BAB III DIAGNOSIS PENYAKIT MANAJEMEN SEKOLAH
A. Pengertian Diagnosis Penyakit Manajemen Sekolah
B. Tujuan Diagnosis Penyakit Manajemen Sekolah
C. Instrumen Diagnosis Penyakit Manajemen Sekolah
D. Hasil Diagnosis Penyakit Manajemen Sekolah
E. Analisa Sebab dan Akibat Penyakit Manajemen Sekolah
F. Tindak Lanjut Hasil Diagnosis Penyakit Manajemen Sekolah
BAB IV DIAGNOSIS PENYAKIT PERENCANAAN SEKOLAH
A. Pengertian Penyakit Perencanaan Sekolah
B. Variabel, Dimensi, dan Indikator Penyakit Perencanaan Sekolah
C. Instrumen Diagnosis Penyakit Perencanaan Sekolah
D. Hasil Diagnosis Penyakit Perencanaan Sekolah
E. Analisa Sebab dan Akibat Penyakit Perencanaan Sekolah
F. Tindak Lanjut Hasil Pengolahan Diagnosis Penyakit Perencanaan Sekolah
BAB V DIAGNOSIS PENYAKIT PENGANGGARAN SEKOLAH
A. Pengertian Penyakit Penganggaran Sekolah
B. Variabel, Dimensi, dan Indikator Penyakit Penganggaran Sekolah
C. Instrumen Diagnosis Penyakit Penganggaran Sekolah
D. Hasil Diagnosis Penyakit Penganggaran Sekolah
E. Analisa Sebab dan Akibat Penyakit Penganggaran Sekolah
F. Tindak Lanjut Hasil Pengolahan Diagnosis Penyakit Penganggaran Sekolah
BAB VI DIAGNOSIS PENYAKIT PENGORGANISASIAN SUMBERDAYA SEKOLAH
A. Pengertian Penyakit Pengorganisasian Sumberdaya Sekolah
B. Variabel, Dimensi, dan Indikator Penyakit Pengorganisasian Sumberdaya Sekolah
C. Instrumen Diagnosis Penyakit Pengorganisasian Sumberdaya Sekolah
D. Hasil Diagnosis Penyakit Pengorganisasian Sumberdaya Sekolah
E. Analisa Sebab dan Akibat Penyakit Pengorganisasian Sumberdaya Sekolah
F. Tindaklanjut Hasil Pengolahan Diagnosis Penyakit Pengorganisasian Sumberdaya Sekolah
BAB VII DIAGNOSIS PENYAKIT IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH
A. Pengertian Penyakit Implementasi Program Sekolah
B. Variabel, Dimensi, dan Indikator Penyakit Implementasi Program Sekolah
C. Instrumen Diagnosis Penyakit Implementasi Program Sekolah
D. Hasil Diagnosis Penyakit Implementasi Program Sekolah
E. Analisa Sebab dan Akibat Penyakit Implementasi Program Sekolah
F. Tindak Lanjut Hasil Pengolahan Diagnosis Penyakit Implementasi Program Sekolah
BAB VIII DIAGNOSIS PENYAKIT KEPEMIMPINAN SEKOLAH
A. Pengertian Penyakit Kepemimpinan Sekolah
B. Variabel, Dimensi, dan Indikator Penyakit Kepemimpinan Sekolah
C. Instrumen Diagnosis Penyakit Kepemimpinan Sekolah
D. Hasil Diagnosis Penyakit Kepemimpinan Sekolah
E. Analisa Sebab dan Akibat Penyakit Kepemimpinan Sekolah
F. Tindak Lanjut Hasil Pengolahan Diagnosis Penyakit Kepemimpinan Sekolah
BAB IX DIAGNOSIS PENYAKIT SUPERVISI PEMBELAJARAN
A. Pengertian Penyakit Supervisi Pembelajaran di Sekolah
B. Variabel, Dimensi, dan Indikator Penyakit Supervisi Pembelajaran di Sekolah
C. Instrumen Diagnosis Penyakit Supervisi Pembelajaran
D. Hasil Diagnosis Penyakit Supervisi Pembelajaran
E. Analisa Sebab dan Akibat Penyakit Supervisi Pembelajaran di Sekolah
F. Tindak Lanjut Hasil Pengolahan Diagnosis Penyakit Supervisi Pembelajaran di Sekolah
BAB X DIAGNOSIS PENYAKIT EVALUASI PROGRAM SEKOLAH
A. Pengertian Penyakit Evaluasi Program Sekolah
B. Variabel, Dimensi, dan Indikator Penyakit Evaluasi Program Sekolah
C. Instrumen Diagnosis Penyakit Evaluasi Program Sekolah
D. Hasil Diagnosis Penyakit Evaluasi Program Sekolah
E. Analisa Sebab dan Akibat Penyakit Evaluasi Program Sekolah
F. Tindak Lanjut Hasil Pengolahan Diagnosis Penyakit Evaluasi Program Sekolah
BAB XI PENYEHATAN ORGANISASI
A. Organisasi Sehat VS Organisasi Sakit
B. Karakteristik Organisasi Sehat VS Karakteristik Organisasi Sakit
C. Arah Penyehatan Organisasi dan Manajemen Lembaga
D. Upaya-upaya Penyehatan Manajemen dan Organisasi
BAB XII PENYEHATAN ORGANISASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
A. Pemeliharaan dan Penyehatan Manajemen Satuan Pendidikan
B. Tujuan Pemeliharaan dan Penyehatan Kesehatan Manajemen Satuan Pendidikan
C. Prinsip Pemeliharaan dan Penyehatan Manajemen Satuan Pendidikan
D. Mekanisme Pemeliharaan dan Penyehatan Manajemen Satuan Pendidikan
E. Tugas dan Tanggungjawab Pemeliharaan dan Penyehatan Manajemen Satuan Pendidikan
Penyehatan Manajemen Sekolah
Berat | 400 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 17 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Abdul Madjid. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 352 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-460-8 Sinopsis: Ada banyak persoalan yang dihadapi guru pada waktu ia berdiri di depan kelas. Berbagai alternatif penyelesaian masalah tersebut juga sudah banyak dibahas dalam berbagai forum ilmiah. Kenyataannya persoalan-persoalan pendidikan tak kunjung habis, datang silih berganti…. selengkapnya
Rp 77.600 Rp 97.00020%
Penulis: Ade Nandang S., Dr., M.Ag. dan Abdul Kosim, M.Ag. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 148 Halaman ISBN: 978-602-446-246-8 Sinopsis: Kajian kebahasaan terus mengalami perkembangan. Linguistik sebagai ilmu yang mempelajari bahasa itu sendiri mengalami perubahan dan perkembangan sesuai dengan tinjauan… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Judul : PENDIDIKAN IPS Pengarang : SAPRIA Tahun : Cet-1, Oktober 2009 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 240 halaman ISBN : 979-692-957-0 Sinopsis: Awalnya buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan, khususnya dalam mata kuliah Pendidikan IPS di jenjang S1 Jurusan PKn dan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Lalu, pada terbitan PT… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Penulis: Ahmad Nur Salim, M.Pd. Cetakan: 1, 2023 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 216 Halaman ISBN: 978-602-446-689-3 Sinopsis: Buku ini menyajikan berbagai konsep asesmen dalam bidang pendidikan dan bagaimana menerapkan asesmen dalam setiap proses pembelajaran. Asesmen merupakan bagian esensial dari proses pembelajaran karena membantu setiap… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.000S. Effendi, Dr., dkk. Cetakan 1, 2015 17,5×25 cm, 384 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 310 gr. ISBN: 978-979-692-652-7 Sinopsis : Buku ini disusun berdasarkan data penggunaan ragam bahasa tulis karya para penulis yang dimuat dalam buku, majalah, dan surat kabar. Dari data akurat itu diperoleh keteraturan dalam bentuk kata dan susunan kalimat… selengkapnya
Rp 120.00020%
Penulis: Trisna Andarwulan, S.S., M.Pd., Prima Zulvarina, M.Pd., Milatuz Zakiyah, S.Pd., M.A., Muhammad Hambali, S.S., M.Pd., Fitrahayunitisna, M.Pd., Noveria Anggraeni Fiaji, M.Pd., Mokhamad Jainuri, M.Hum., Lilik Wahyuni, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 168 Halaman ISBN: 978-602-446-366-3 Sinopsis : Buku ini… selengkapnya
Rp 41.600 Rp 52.00020%
Judul : LANDASAN PSIKOLOGI PROSES PENDIDIKAN Pengarang : NANA SYAODIH S. Tahun : Cet 1, April 2003 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr ISBN : 979-692-240-1 Sinopsis : Inti pendidikan adalah interaksi. Interaksi antara pendidik dan peserta didik. Suatu interaksi yang di dalamnya terjadi proses transfer pemahaman tertentu, yang melibatkan secara simultan… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Dede Rahmat Hidayat, Dr., dkk. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 200 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-132-4 Sinopsis : Pemahaman tentang pengembangan profesionalitas konselor atau guru bimbingan dan konseling merupakan hal yang sangat diperlukan, mengingat kedudukan konselor atau guru bimbingan dan konseling merupakan pendidik profesional yang bertugas memberikan layanan ahli… selengkapnya
Rp 46.400 Rp 58.00020%
Judul : PSIKOLOGI PERKEMBANGAN Pengarang : DESMITA EL-IDHAMI Tahun : 2005 Dimensi : HVS 60 GR, 16 X 24 cm, 285 HLM + xiii ISBN : 979-692-385- Sinopsis : Psikologi merupakan suatu disiplin ilmu yang dalam waktu bersamaan menempatkan manusia pada dua posisi sekaligus: sebagai subjek dan sebagai objek. Sebagai subjek manusia menjadi pelaku aktif… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Judul : MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA Pengarang : HERUMAN, S.PD. Tahun : Cet-1 tahun 2007 Dimensi : 16X24 cm, HVS-70 Gram, 200 Hlm Sinopsis: Selama ini terbentuk kesan umum bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan juga menakutkan. Nyatanya memang demikian banyak sekali siswa yang tidak menyukainya. Padahal, sesungguhnya unsur-unsur matematika itu menyertai kita dalam… selengkapnya
Rp 48.000 Rp 60.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.