Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Rp 73.600 Rp 92.000Kode | RR.PK0469 |
Stok | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Penulis:
Dr. Sigit Purnama, M.Pd.
Dr. Ellyn Sugeng Desyanti, M.Pd.
Alucyana, M.Psi., Psikolog.
Ratna Pangastuti, M.Pd.I.
Cetakan: 1, 2021
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
276 Halaman
ISBN: 978-602-446-570-4
Sinopsis:
Guru merupakan profesi yang mengharuskan adanya kemahiran atau kecakapan spesifik dalam menghasilkan suatu produk untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan orang lain. Suatu profesi harus mempelajari atau menguasai bidang tertentu, melibatkan aktivitas intelektual, dipersiapkan secara profesional, membutuhkan proses pendidikan dan pelatihan yang kesinambungan, lebih mengutamakan kepentingan dan layanan publik daripada individu dan pribadi, terwadahi dalam organisasi profesi, dan menjanjikan jenjang karier yang permanen.
Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 memberi amanat bahwa guru memiliki kegiatan pokok, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih anak, serta melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan kegiatan pokok. Bagaimana standar guru? Kompetensi apa yang harus dimilikinya? Bagaimana mengembangkan profesi guru?
Buku ini secara tuntas memaparkan tentang profesi dan profesionalisme guru, kualifikasi dan kompetensi guru serta bagaimana karier dan pengembangan profesionalisme guru. Setelah membaca buku ini Anda akan memahami bahwa keberadaan profesi guru sangat penting untuk diperhatikan serta ditingkatkan dalam pelaksanaan tugas dan pekerjaannya.
————-
Daftar Isi
BAB I KONSEP DASAR PROFESI
A. Hakikat Profesi
B. Syarat Profesi
C. Etika Profesi
D. Ragam Profesi
BAB II PROFESI GURU
A. Hakikat Profesi Guru
B. Profesionalisme Guru
C. Perbedaan Profesi Guru dan Nonguru
D. Urgensi Profesi Guru dalam Kehidupan
E. Tugas Profesi Guru
F. Status, Peran, dan Tujuan Profesi Guru
G. Hak dan Kewajiban Profesi Guru
BAB III KUALIFIKASI, KOMPETENSI DAN SERTIFIKASI GURU
A. Kualifikasi Guru
B. Kompetensi Guru
C. Sertifikasi Guru
BAB IV KODE ETIK DAN ORGANISASI PROFESI GURU
A. Kode Etik Profesi Guru
B. Organisasi Profesi Guru
Bab V KARIER DAN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU
A. Karier Guru
B. Pengembangan Profesionalisme Guru
C. Pengembangan Profesionalisme Guru PAUD
BAB VI PROFESIONALISME GURU PIAUD
A. Guru PIAUD
B. “Performance” Guru PIAUD
C. Standar Guru
D. Guru Cerdas
E. Guru “Excellent”
F. Keterampilan Tambahan Guru PIAUD
Tags: Asesmen PAUD, Inovasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Kreativitas Guru PAUD, Kurikulum PAUD Islam, Manajemen Kelas PAUD, Metode Pembelajaran, nak Usia Dini, Pelatihan Guru PAUD, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Pengembangan Profesi Guru, Perkembangan Anak Usia Dini
Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Berat | 450 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 523 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
E. Mulyasa, H., Prof., Dr., M.Pd. Cetakan 9, 2017 16×24 cm, 240 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-447-9 Sinopsis: Kebijakan perubaham kurikulum merupakan politik pendidikan yang berkaitan dengan kepentingan berbagai pihak, bahkan dalam pelaksanaannya seringkali dipolitisasi untuk kepentingan kekuasaan. Di sekolah: guru, kepala sekolah, pengawas dan peserta didik sangat berkepentingan,… selengkapnya
Rp 46.400 Rp 58.00020%
Deni Darmawan, S.Pd., M.Si., Dr., Dkk. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 280 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-141-6 Sinopsis : Kita hidup di dunia ini penuh dengan sistem. Mobil Anda merupakan sebuah sistem. Sekolah yang Anda ikuti atau organisasi yang mempekerjakan Anda merupakan sebuah sistem. Sistem bisa didefinisikan sebagai kumpulan/grup… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Sitepu, B.P., Prof., Dr., M.A. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 196 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-104-1 Sinopsis : Selaras dengan kemajuan industri buku di Indonesia, Pemerintah secara bertahap memilih buku teks pelajaran dari buku-buku yang diterbitkan swasta. Kebijakan ini berlaku untuk semua mata pelajaran di semua jenis dan tingkat… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.00020%
H. Drs. Soegiono, M.M., dkk. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, BW, 140 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-086-0 Sinopsis: Para mahasiswa, para ilmuwan, para sastrawan, para budayawan, para politikus, para rohaniwan, dan bahkan anggota masyarakat umum, menggunakan filsafat sesuai dengan bidangnya masing-masing. Oleh karena itu tampak terjadi keberagaman dalam penggunaannya,… selengkapnya
Rp 28.800 Rp 36.00020%
Judul : PSIKOLOGI PERKEMBANGAN Pengarang : DESMITA EL-IDHAMI Tahun : 2005 Dimensi : HVS 60 GR, 16 X 24 cm, 285 HLM + xiii ISBN : 979-692-385- Sinopsis : Psikologi merupakan suatu disiplin ilmu yang dalam waktu bersamaan menempatkan manusia pada dua posisi sekaligus: sebagai subjek dan sebagai objek. Sebagai subjek manusia menjadi pelaku aktif… selengkapnya
Rp 58.400 Rp 73.00020%
Judul : METODOLOGI PENGAJARAN AGAMA ISLAM Pengarang : AHMAD TAFSIR Tahun : Cet 5, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, viii + 168 halaman ISBN : 979-514-530-4 Sinopsis : Buku ini tidak hanya akan membantu para calon guru agama Islam yang belajar di Fakultas Tarbiyah, namun berguna juga bagi semua orang… selengkapnya
Rp 37.600 Rp 47.00020%
Penulis: Dadang Suwanda, Dr., H., S.E., M.M., M.Ak., Ak., CA., Burdan Ali Junjunan, S.H., M.Si., Ellen Rusliati, Dr., Hj., S.E., M.SIE. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 264 Halaman ISBN: 978-602-446-344-1 Sinopsis : Otonomi keuangan daerah menuntut pemerintah daerah untuk meningkatkan kapabilitas dan… selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.00020%
Judul : MENGGAMBAR BUSANA Pengarang : USWATUN HASANAH, DRA., DKK Tahun : Cet ke-1, Januari 2011 Dimensi : 21 X 28 cm, 132 hlm, HVS-70 gr, AC-210 gr, F.C. ISBN : 978-979-692-018-1 Sinopsis : Buku ajar ini dititikberatkan pada proses menggambar manusia telanjang dengan proporsi kusus bidang desain busana, menggambar manusia berbusana, serta detil model… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
Mulyasa, H.E., Prof., Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 336 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-142-3 Sinopsis : Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas hanya dapat direkayasa melalui pendidikan yang dirancang oleh guru profesional dan bermutu. Akhir-akhir ini pemerintah sedang melakukan Uji Kompetensi Guru (UKG) yang akan ditindaklanjuti dengan Penilaian… selengkapnya
Rp 62.400 Rp 78.00020%
Penulis: Dr. Ridwan Abdullah Sani, M.Si. dan Wendhie Prayitno, S.Kom., M.T. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 256 Halaman ISBN: 978-602-446-517-9 Sinopsis: Buku ini ditujukan bagi guru dan mahasiswa kependidikan sebagai referensi dalam menyusun instrumen untuk Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bagi siswa. Buku… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.