Pengelolaan Pendidikan Islam Teori dan Praktik
Rp 61.600 Rp 77.000Kode | RR.AG0259 |
Stok | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pengelolaan Pendidikan Islam Teori dan Praktik
Penulis: Hasbiyallah, Dr., H., M.Ag. dan Nayif Sujudi, M.Pd.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
308 Halaman
ISBN: 978-602-446-369-4
Sinopsis :
Perkembangan dan perubahan teknologi yang semakin cepat telah mendorong berkembangnya lembaga-lembaga pendidikan Islam, seperti pesantren modern. Lembaga pendidikan ini tengah menunjukkan eksistensinya dalam mendongkrak perkembangan mutu pendidikan di Indonesia. Hal ini terlihat dari peminat para pelajar Indonesia yang setiap tahunnya semakin meningkat. Namun demikian, lembaga pendidikan Islam modern (pesantren modern) harus tetap banyak belajar dari pesantren-pesantren (tradisional) terdahulunya, di mana lembaga ini sempat maju namun kemudian ditinggalkan oleh para santrinya, atau bahkan punah.Salah satu faktor yang perlu diperhatikan untuk mempertahankan eksistensi pesantren modern adalah terkait mutu pengelolaan lembaga pendidikan. Pengelolaannya harus senantiasa didasarkan pada pengelolaan ilmiah (manajemen ilmiah). Sebab, pesantren modern bukan hanya gedung atau sarananya yang modern, tetapi juga terkait pengelolaan dan sistem pendidikannya untuk memberikan kepuasan kepada para santrinya. Buku yang ada di tangan pembaca ini hadir sebagai ikhtiar agar lembaga pendidikan Islam modern mampu memahami berbagai konsep, teori pengelolaan pendidikan, dan implementasinya dalam lembaga pendidikan. Tujuan akhirnya tentu saja berkaitan dengan kemampuan lembaga dalam mempertahankan eksistensinya di masa yang akan datang.
——
Daftar Isi
Bab I Pengelolaan PENDIDIKAN
A. Pengertian Pengelolaan
B. Pengelolaan Perspektif Islam
C. Manajemen dan Administrasi
D. Fungsi-Fungsi Pengelolaan
E. Pembagian Pengelolaan
Bab II Perencanaan PENDIDIKAN
A. Pengertian Perencanaan Pendidikan
B. Kriteria Perencanaan yang Baik
C. Proses Perencanaan Pendidikan
D. Karakteristik Perencanaan Pendidikan
E. Faktor-Faktor yang Menghambat Perencanaan Pendidikan
Bab III Pengorganisasian PENDIDIKAN
A. Pengertian Organisasi
B. Proses Pengorganisasian
C. Bentuk-Bentuk Organisasi
D. Organisasi Pendidikan
E. Tujuan dan Manfaat Organisasi Pendidikan
F. Jenis Organisasi Pendidikan
G. Sekolah sebagai Organisasi
H. Fungsi dan Sasaran Organisasi Sekolah
I. Kinerja Organisasi Pendidikan
J. Iklim Organisasi Pendidikan
K. Strategi Penguatan Organisasi Pendidikan
L. Prinsip Organisasi Pendidikan
M. Organisasi dalam Tinjauan Islam
BAB IV Pengelolaan Kurik ulum
A. Pengertian Kurikulum
B. Landasan Kurikulum
C. Pengembangan Kurikulum
D. Fungsi dan Prinsip Kurikulum
F. Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia
F. Komponen-Komponen Pengembangan Kurikulum
G. Kurikulum Pendidikan Islam
BAB V Pengelolaan PEserta didik
A. Pengertian Pengelolaan Peserta Didik
B. Tujuan dan Fungsi Pengelolaan Peserta Didik
C. Prinsip-prinsip Pengelolaan Peserta Didik
D. Pembinaan Peserta Didik
BAB VI Pengelolaan Keuangan
A. Pengertian Pengelolaan Keuangan
B. Sumber Dana Pengelolaan Keuangan
C. Tujuan Pengelolaan Keuangan
D. Prinsip-Prinsip Pengelolaan Keuangan
E. Fungsi Pengelolaan Keuangan
BAB VII Pengelolaan Sumber da ya Man usia
A. Pengertian Sumber Daya Manusia
B. Ruang Lingkup Manajemen Sumber Daya Manusia
C. Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia
D. Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia
E. Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia
F. Fungsi Operasional Pengelolaan Sumber Daya Manusia
G. Permasalahan dan Solusi Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan
BAB VIII penga wasan PENDIDIKAN
A. Pengertian Pengawasan (Supervisi)
B. Tujuan Pengawasan (Supervisi) Pendidikan
C. Sasaran, Fungsi, dan Prinsip Pengawasan
D. Prinsip Supervisi
E. Peranan Supervisi Pendidikan
F. Peran Pengawas dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan
G. Peranan Pengawas Sekolah terhadap Profesionalisme Guru
H. Pengawasan Perspektif Pendidikan Islam
I. Pengawasan Pendidikan di Sekolah dan Madrasah
J. Permasalahan Pengawasan Sekolah
BAB IX motivasi PENDIDIKAN
A. Konsep Motivasi
B. Motivasi Belajar
C. Motivasi Belajar dalam Konsep Islam
D. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Tags: Evaluasi Pendidikan Islam, Inovasi Pendidikan Islam, kurikulum pendidikan Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Metode Pembelajaran Islam, Pendidikan Karakter Islam, Pengelolaan Pendidikan Islam, Pengembangan Pendidikan Islam, Praktik Pendidikan Islam, teori pendidikan Islam
Pengelolaan Pendidikan Islam Teori dan Praktik
Berat | 530 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 457 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Sri Suhita, Dra., M.Pd. dan Rahmah Purwahida, S.Pd., M.Hum. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 148 Halaman ISBN: 978-602-446-271-0 Sinopsis: Apakah menikmati dan mengapresiasi sastra merupakan sesuatu yang sulit bagi mahasiswa baru? Apa ia membutuhkan persiapan khusus? Tidak semua orang… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Nana Supriatna, Prof., Dr., M.Ed. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 380 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-714-2 Sinopsis: Tanpa disadari, selama ini penerapan kurikulum sekolah di Indonesia kurang memperhatikan unsur kesinambungan yang memadukan berbagai unsur ke dalam sebuah ekosistem. Peningkatan kualitas pendidikan berbasis teknologi modern sering kali mengabaikan ketersediaan dan… selengkapnya
Rp 71.200 Rp 89.00020%
Deni Darmawan, Dr., S.Pd.,M.Si Cetakan 1, 2013 16×24 cm, BW, 340 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-145-4 Sinopsis : Dalam hidupnya manusia senantiasa dihadapkan pada berbagai permasalahan kehidupan. Permasalahan selalu hadir dan menuntut kita untuk mencari akar penyebab timbulnya persoalan. Ketika kita berusaha mengeksplorasi lebih jauh akar permasalahan tersebut, maka… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Prof. Dr. Iskandarwassid, M.Pd. & Dr. H. Dadang Suhendar, M.Hum. 16 x 24 cm – 320 hlm Kertas Isi HVS 70 gr – Sampul AC 210 gr Cetakan 6, 2016 ISBN: 979-692-351-3 Sinopsis: Pengajar tugasnya adalah menyelenggarakan proses pembelajaran. Pembelajaran itu terselenggara dengan efektif bila sejak awal dirancang dengan baik, dengan menyinergikan berbagai potensi. Dengan… selengkapnya
Rp 61.600 Rp 77.000Irika Widiasanti, M.T., Ir., Dkk. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 180 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-130-0 Sinopsis : Konstruksi dan kemampuan untuk membangun merupakan keterampilan tertua manusia karena keterampilan membangunlah yang membedakan Homo sapiens dari spesies lain pada zaman prasejarah. Ketika masyarakat mulai berkembang lebih terorganisasi, kemampuan membangun pun… selengkapnya
Rp 45.000Penulis: Dr. Hj. Ratu Suntiah, M.Ag. Cetakan: 1, 2024 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 180 Halaman ISBN: 978-602-446-713-5 Sinopsis: Jas merah! Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Itulah ungkapan popular yang dikemukakan oleh Soekarno, Proklamator dan Presiden Pertama Indonesia. Dengan sejarah, kita akan mengetahui dan memahami bagaimana… selengkapnya
Rp 63.00020%
Prof. Dr. Muchlas Samani & Drs. Hariyanto, M.S. 16 x 24 cm – 264 hlm Kerts Isi HVS-70 gr – Sampul AC-210 gr Cetakan 6, 2017 ISBN: 978-979-692-065-5 Sinopsis: Buku ini berisi 5 pokok bahasan utama, pertama yaitu peranan penting pendidikan karakter bagi pembangunan bangsa; kedua dasar filosofi dan posisi pendidikan karakter dalam pendidikan nasional;… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
Alsuhendra, Dr., Ir., M.Si., Dkk. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 284 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-161-4 Sinopsis : Makanan adalah segala sesuatu yang dapat dimakan. Namun, tidak semua makanan bermanfaat bagi tubuh. Karena berbagai alasan bahan makanan dapat saja mengandung senyawa kimia yang bukan tergolong sebagai zat gizi. Dengan… selengkapnya
Rp 53.600 Rp 67.00020%
Penulis: Dr. Sigit Purnama, M.Pd. Dr. Ellyn Sugeng Desyanti, M.Pd. Alucyana, M.Psi., Psikolog. Ratna Pangastuti, M.Pd.I. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 276 Halaman ISBN: 978-602-446-570-4 Sinopsis: Guru merupakan profesi yang mengharuskan adanya kemahiran atau kecakapan spesifik dalam menghasilkan suatu produk untuk memenuhi… selengkapnya
Rp 73.600 Rp 92.00020%
A. Muchtar Ghazali, dkk. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 320 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-725-8 Sinopsis: Reformasi di negara kita muncul sebagai upaya untuk mengoreksi kelemahan-kelemahan masa lalu dan melakukan upaya-upaya perbaikan untuk masa kini dan mendatang dalam berbagai sektor kehidupan. Buku ini membahas pokok pembelajaran Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan,… selengkapnya
Rp 58.400 Rp 73.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.