Pengantar Public Relations Kontemporer
Rp 52.000 Rp 65.000Kode | RR.KO0097 |
Stok | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pengantar Public Relations Kontemporer
Penulis: Suwatno, Prof. Dr. H., M.si
Cetakan: 1, 2018
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
Halaman : 244 Halaman
ISBN: 978-602-446-236-9
Sinopsis :
Sebagai sebuah pengantar, buku ini mencoba memberikan konsep-konsep dasar yang mudah dipahami oleh para mahasiswa atau pembelajar pemula di bidang public relations. Mengingat sebagian besar textbook tentang public relations yang ada selama ini cenderung terlalu teoretis maka untuk mengimbanginya buku ini dilengkapi dengan narasi-narasi teknis dan contoh-contoh yang ada di dunia praktis.
Dalam buku ini pendapat para pakar cukup banyak digunakan sebagai basis atau fondasi konseptual dari disiplin public relations, tetapi diulas secara lebih mudah dengan menyebutkan dan mendeskripsikan contoh-contoh yang ada dalam program-program kehumasan sehari-hari. Dalam buku ini juga diangkat isu digitalisasi dalam dunia public relations, di mana saat ini peran internet, media sosial, Web 2.0 hingga Web. 4.0 telah banyak mengubah karakter pola komunikasi kehumasan dalam berbagai organisasi, tidak hanya organisasi kelas global tetapi juga di Indonesia.
Untuk memperkuat pemahaman secara praktis, buku ini dilengkapi dengan studi kasus yang sebagian besar diambil dari kasus-kasus kehumasan nyata yang pernah terjadi di Indonesia.
—-
Daftar Isi
BAB I KONSEP DASAR PUBLIC RELATIONS
A. Definisi Public Relations
B. Public Relations vs Marketing
C. Public Relations vs Advertising
D. Rangkuman
E. Evaluasi
F. Studi Kasus
BAB II SEJARAH PUBLIC RELATIONS
A. Era Tradisional
B. Era Modern
C. Empat Model Public Relations
D. Rangkuman
E. Evaluasi
F. Studi Kasus
BAB III JENIS-JENIS PUBLIK
A. Stakeholders vs Publics
B. Komunitas
C. Calon Karyawan
D. Karyawan
E. Pemasok Barang dan Jasa
F. Pasar Keuangan
G. Distributor
H. Pelanggan
I. Pemimpin atau Pembentuk Opini
J. Rangkuman
K. Evaluasi
L. Studi Kasus
BAB IV IDENTITAS VS CITRA PERUSAHAAN
A. Definisi Identitas Perusahaan
B. Definisi Citra Perusahaan
C. Perbedaan antara Identitas dan Citra Perusahaan
D. Rangkuman
E. Evaluasi
F. Studi Kasus
BAB V REPUTASI PERUSAHAAN
A. Prinsip Reputasi Perusahaan
B. Proses Reputasi Organisasi
C. Manajemen Reputasi
D. Rangkuman
E. Evaluasi
F. Studi Kasus
BAB VI MEDIA PUBLIC RELATIONS
A. Dasar-Dasar Hubungan dengan Media
B. Jenis-Jenis Media
C. Panduan Tentang Media
D. Fungsi Hubungan Media
E. Rangkuman
F. Evaluasi
G. Studi Kasus
BAB VII HOUSE JOURNAL
A. Konten House Journal
B. Jenis-Jenis House Journal
C. Fungsi House Journal
D. Teknik House Journal
E. House Journal Eksternal
F. Rangkuman
G. Evaluasi
H. Studi Kasus
BAB VIII DIGITAL PUBLIC RELATIONS
A. Komunikasi Satu Arah vs Dua Arah
B. Website untuk Public Relations
C. Mempromosikan Situs
D. Media Sosial
E. Rangkuman
F. Evaluasi
G. Studi Kasus
BAB IX PENULISAN SIARAN PERS
A. Apa Itu Berita?
B. Kredibilitas Berita
C. Bahasa dan Kosakata
D. Menulis Siaran Pers
E. Paragraf Pembuka Siaran Pers
F. Gaya Penulisan
G. Model Berita Tujuh Poin
H. Ringkasan Laporan, Pidato, atau Dokumen
I. Pengumuman Singkat
J. Rangkuman
K. Evaluasi
L. Studi Kasus
BAB X PENULISAN ARTIKEL FITUR
A. Pertimbangan Pemasaran
B. Bernegosiasi dengan Editor
C. Cara Mengajukan Proposal Artikel Humas
D. Cara Menulis Artikel Fitur
E. Gaya Menulis
F. Rangkuman
G. Evaluasi
H. Studi Kasus
BAB XI PUBLIC RELATIONS SEBAGAI FUNGSI MANAJEMEN
A. Peran Hubungan Masyarakat
B. Management by Objective (MBO)
C. Tanggung Jawab Manajer
D. Rangkuman
E. Evaluasi
F. Studi Kasus
BAB XII PRAKTIK PUBLIC RELATIONS
A. Humas Korporat
B. Tanggung Jawab Chief Communications Officer (CCO)
C. Humas Agensi
D. Tren dalam Dunia Agensi
E. Kehidupan Agensi VS Kehidupan Perusahaan
F. Humas Pemerintahan dan Urusan Publik
G. Rangkuman
H. Evaluasi
I. Studi Kasus
BAB XIII MANAJEMEN KRISIS PUBLIC RELATIONS
A. Isu vs Krisis
B. Manajemen Masalah
C. Perencanaan Krisis
D. Persiapan Menghadapi Krisis
E. Ketentuan Penyediaan Informasi
F. Saran dan Larangan dalam Manajemen Krisis
G. Rangkuman
H. Evaluasi
I. Studi Kasus
BAB XIV ETIKA PROFESI PUBLIC RELATIONS
A. Kualifikasi Profesi
B. Pengertian Etika
C. Kode Etik
D. Kode Etik Profesi Humas Internasional
E. Kode Etik Profesi Humas Di Indonesia
F. Rangkuman
G. Evaluasi
H. Studi Kasus
BAB XV PENELITIAN PUBLIC RELATIONS
A. Konteks Penelitian dalam Public Relations
B. Penelitian dalam Perencanaan dan Pengelolaan PR
C. Merancang Penelitian
D. Jenis Data Primer vs Sekunder
E. Penelitian Kualitatif vs Kuantitatif
F. Wawancara Mendalam (In-depth Interview)
G. Rangkuman
H. Evaluasi
I. Studi Kasus
Tags: Hubungan Masyarakat, Komunikasi Organisasi, Kontemporer, Manajemen Komunikasi, Media Relations, Pengantar Public Relations, Pengaruh Media, Praktek PR, Strategi PR, Teori PR
Pengantar Public Relations Kontemporer
Berat | 440 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 736 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Waini Rasyidin, H., Prof., Dr., M.Ed. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 236 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-493-6 Sinopsis: Pedagogik adalah nilai dasar keilmuan dan profesi yang harus dibangun secara kokoh dan menjadi landasan bagi pemikiran dan tindakan pendidikan serta penyelenggaraan pendidikan guru. Pedagogik sebagai ilmu didukung dengan menggunakan ilmu-ilmu… selengkapnya
Rp 45.600 Rp 57.00020%
Syamsu Yusuf LN, Prof., Dr., M.Pd. dan A. Juntika Nurihsan, M.Pd., D Cetakan 5, Tahun 2013 Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 979-692-797-7 Sinopsis : Innama bu’itstu li utammima makaarima-I akhlaaqi; sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak (Muhammad SAW) Kepribadian sesuatu yang selalu menarik perhatian banyak pihak, sepanjang masa. Dalam pergaulan masyarakat… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Penulis: Sarwiji Suwandi, Prof., Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 240 Halaman ISBN: 978-602-446-395-3 Sinopsis: Revolusi Industri 4.0 merupakan era yang memandang teknologi informasi menjadi basis dalam kehidupan manusia. Penggunaan daya komputasi dan data yang tidak terbatas akibat perkembangan… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Dinn Wahyudin, H., Dr., MA. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 248 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-566-7 Sinopsis : Manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian orang-orang dan sumber daya organisasi lainnya. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan… selengkapnya
Rp 48.000 Rp 60.00020%
Penulis: Sugandi Miharja, Ph.D. Cetakan: 1, 2023 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 232 Halaman ISBN: 978-602-446-xxx-x Sinopsis: Buku ini memaparkan mengenai bagaimana memahami karyawan sebagai pelaku industry, dari mulai potensi, problematika, hingga solusinya. Pemaparan yang bersifat pengembangan dalam keilmuan disajikan penelitian bimbingan dan konseling industri…. selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Penulis: Nanang Priatna, Prof. Dr. H., M.Pd. Muhammad Arsani, S.Pd., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 344 Halaman ISBN: 978-602-446-386-1 Sinopsis : Dunia pendidikan tidak lepas dari inovasi untuk senantiasa meningkatkan kualitasnya. Matematika sebagai salah satu mata pelajaran tentunya ikut berperan dalam… selengkapnya
Rp 94.400 Rp 118.00020%
Penulis: Muhibbin Syah Cetakan: 22, 2017 Ukuran: 16×24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 210 gr. Halaman: 280 halaman ISBN: 979-514-672-6 Sinopsis: Seorang pendidik (guru, dosen, dsb.) dan tenaga kependidikan (kepala sekolah Madrasah dan para wakilnya) sangat memerlukan aneka ragam pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan profesinya sesuai dengan tuntutan zaman dan… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Judul : PERENCANAAN PEMBELAJARAN Pengarang : ABDUL MAJID Tahun : 2005 Dimensi : HVS 60 GR, 16 X 24 cm, 167 HLM + X ISBN : 979-692-493-5 Sinopsis: Dalam kurikulum 2004, guru diberi kebebasan untuk mengembangkan silabus dan perencanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi daerah dan sekolah. Untuk itulah buku ini hadir. Buku ini mengimplementasikan… selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.00020%
Penulis: Nanang Priatna, H., Prof., Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 352 Halaman ISBN: 978-602-446-304-5 Sinopsis : Mengapa matematika diakui sebagai tolok ukur utama untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang? Hal ini sesuai dengan karakteristik matematika sebagai ilmu yang bersifat… selengkapnya
Rp 84.000 Rp 105.00020%
Penulis: Maman Fathurrohman, Ph.D. Kamilul Muttaqin, S.Pd. Ahmad Fauzi Abdullah, M.Pd. Riyah, M.Pd. Hagi Widhi Romadhona, S.Pd. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 260 Halaman ISBN: 978-602-446-564-3 Sinopsis: “Sebuah buku yang memberikan dokumentasi atas berbagai problematika bangsa saat ini, sekaligus memberikan sejumlah… selengkapnya
Rp 75.200 Rp 94.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.