Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan
Rp 104.000 Rp 130.000Kode | RR.PK0478 |
Stok | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan
Penulis:
Abdul Azis Wahab, Prof., Dr., H., M.A. (Ed)
Sapriya, Prof., Dr., M.Ed.
Cetakan: 1, 2022
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
Halaman : 372 Halaman
ISBN: 978-602-446-660-2
Sinopsis:
Persoalan kewarganegaraan dewasa ini semakin mengedepan dan semakin luas jangkauannya. Oleh sebab itu, setiap negara di dunia akan sangat memperhatikan dan bertanggung jawab terhadap warga negaranya di mana pun mereka berada. Dengan demikian, konsep kewarganegaraan menjadi sebuah konsep penting walaupun harus diakui bahwa konsep warga negara adalah konsep politik Barat. Memahami teori dan landasan kewarganegaraan, warga negara, dan negara merupakan konsep-konsep yang perlu dikaji secara mendalam dalam memahami posisi konsep-konsep utama tersebut dalam kehidupan negara modern.
Semoga kehadiran buku Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan ini dapat membantu meningkatkan pemahaman dan partisipasi kita sebagai warga negara yang sedang membangun suasana demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan warga negara dalam kaitannya dengan negara dengan segala permasalahannya.
—–
Daftar Isi
BAGIAN 1
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Bab I SEJARAH SINGKAT PERKEMBANGAN CIVICS DAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
A. Civics dan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perkembangannya
B. Awal Perkembangan Civics dan Civic Education (PKn) di Amerika Serikat
C. Perkembangan Singkat Civics dan PKn di Indonesia
D. Perkembangan Pembelajaran Civics yang Berorientasi pada Community, Economic, dan Vocational Civics
Bab II CIVICS DAN PEMERINTAHAN PENDAHULUAN 13
A. Civics dalam Kurikulum Sekolah
B. Pedoman Politik Civics
C. Proses Demokrasi Politik
D. Pemerintahan Perwakilan
E. Hubungan Antarwarga Negara dengan dan Antarwarga Negara dengan Pemerintah yang Diatur oleh Hukum
Bab III CIVICS, CIVIC EDUCATION, DAN CITIZENSHIP EDUCATION
A. Civics: Ilmu Kewarganegaraan dan Pengetahuan Warga Negara
B. Citizen, Citizenship, dan Civic/Citizenship Education (Pendidikan Kewarganegaraan)
C. Pendidikan Kewarganegaraan dalam Demokrasi
D. Harapan-Harapan untuk Pendidikan Kewarganegaraan
Bab IV PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI ISU DUNIA
A. Permasalahan Kehidupan Bernegara di Indonesia
B. Dasar dan Tantangan Pendidikan Demokrasi untuk Kewargaan Dunia Internasional
C. Pilar-pilar Pendidikan Internasional
D. Pendidikan Demokrasi untuk Kewargaan Global
BAGIAN 2
PKN SEBAGAI PENDIDIKAN DISIPLIN ILMU
Bab V DISIPLIN ILMU PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN DISIPLIN ILMU
A. Disiplin Ilmu Pendidikan
B. Pendidikan Disiplin Ilmu
Bab VI ILMU-ILMU SOSIAL DAN PENDIDIKAN DISIPLIN ILMU SOSIAL
A. Hakikat Ilmu-ilmu Sosial
B. Pendidikan Disiplin Ilmu Sosial
Bab VII PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI TRADISI DALAM SOCIAL STUDIES
A. Tradisi Social Studies
B. PKn dalam Social Studies
BAGIAN 3
TEORI KEWARGANEGARAAN
Bab VIII MENGAPA KEWARGANEGARAAN 101
A. Gagasan Awal Kewarganegaraan
B. Kewarganegaraan pada Masa Kontemporer
Bab IX KEWARGANEGARAAN SEBAGAI AGENDA POLITIK
A. Perubahan Politik di Beberapa Negara
B. Kewarganegaraan dan Redemokratisasi
Bab X TEORI KEWARGANEGARAAN
A. Makna Kewarganegaraan
B. Perkembangan Doktrin Kewarganegaraan
C. Tiga Teori Kewarganegaraan
D. Neo Republikan: Teori Kewarganegaraan Alternatif
BAGIAN 4
WARGA NEGARA
Bab XI SIAPA WARGA NEGARA
A. Konsep Warga Negara: Tinjauan Historis
B. Warga Negara: Konsep Klasik
C. Konseptualisasi Masyarakat Kontemporer
E. Mengonstruksi Masyarakat Pluralistik
Bab XII WARGA NEGARA INDONESIA
A. Siapa Warga Negara Indonesia itu?
B. Cara-Cara Memperoleh Kewarganegaraan Indonesia
C. Cara-Cara Kehilangan Kewarganegaraan Indonesia
Bab XIII WARGA GLOBAL
A. Siapa Warga Global itu?
B. Perspektif Global
C. Pendidikan Global
BAGIAN 5
LANDASAN DAN RASIONAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI INDONESIA
Bab XIV LANDASAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN INDONESIA
A. Landasan Konseptual
B. Landasan Formal Yuridis
C. Landasan Kurikuler
Bab XV KARAKTERISTIK DAN PERKEMBANGAN PKN DI INDONESIA
A. Sejarah Lahirnya PKn di Indonesia
B. Perkembangan Civic Educotion di Indonesia
C. Konsep Civic Education di Indonesia
D. Penerapan Civic Education di Indonesia
Bab XVI TUJUAN DAN MATERI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
A. Tujuan PKn
B. Objek Kajian PKn
C. Materi Kurikulum PKn
Bab XVII PENDEKATAN, METODE, DAN PENILAIAN PENDIDIKAN KEWARGANEGRAAN DI INDONESIA
A. Pendekatan PKn
B. Strategi dan Metode pembelajaran PKn
C. Penilaian Pembelajaran PKn
Tags: etika dan moral dalam pendidikan kewarganegaraan, keadilan sosial dan inklusifitas dalam pendidikan kewarganegaraan, keterampilan kewarganegaraan, kewarganegaraan global, kurikulum pendidikan kewarganegaraan, landasan pendidikan kewarganegaraan, nilai-nilai kewarganegaraan, partisipasi masyarakat dalam pendidikan kewarganegaraan, pemikiran kritis dalam pendidikan kewarganegaraan, pendidikan demokrasi, pendidikan kewarganegaraan, pendidikan politik, pengembangan warga negara yang bertanggung jawab, peran pendidikan kewarganegaraan dalam pembangunan nasional, teori pendidikan kewarganegaraan
Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan
Berat | 630 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 1.989 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Sarwiji Suwandi, Prof., Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 224 Halaman ISBN: 978-602-446-349-6 Sinopsis : Gerakan Literasi Nasional yang dicanangkan pemerintah kini tengah dilaksanakan di berbagai sektor kehidupan. Gerakan literasi tidak sebatas gerakan membaca dan menulis saja, tetapi terkait erat… selengkapnya
Rp 70.400 Rp 88.00020%
Arita Marini, DR., Ir. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, BW, 120 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-160-7 Sinopsis: Geometri adalah cabang matematika yang menerangkan sifat-sifat garis, sudut, bidang, dan ruang. Geometri ini disebut juga ilmu ukur. Oleh Karena itu, dalam buku Geometri dan Pengukuran ini dibahas secara lengkap mengenai geometri… selengkapnya
Rp 25.600 Rp 32.00020%
H. Drs. Soegiono, M.M., dkk. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, BW, 140 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-086-0 Sinopsis: Para mahasiswa, para ilmuwan, para sastrawan, para budayawan, para politikus, para rohaniwan, dan bahkan anggota masyarakat umum, menggunakan filsafat sesuai dengan bidangnya masing-masing. Oleh karena itu tampak terjadi keberagaman dalam penggunaannya,… selengkapnya
Rp 28.800 Rp 36.00020%
Judul : SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT Pengarang : ANNA POEDJIADI, PROF, Dr. Tahun : 2005 Dimensi : HVS 60 GR, 16 X 24 cm, 167 HLM + X ISBN : 979-692-479-x Sinopsis : Melalui buku ini, penulisnya mengulas dengan jelas kaitan antara sains dan teknologi serta mafaatnya bagi masyarakat, melalui model pembelajaran sains teknologi masyarakat. Sehingga… selengkapnya
Rp 35.200 Rp 44.00020%
Sunaryo Kartadinata, Prof., Dr., M.Pd., dkk. Cetakan 1, 2015 15×21 cm, 204 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-641-1 Sinopsis : Perdamaian, kedamaian, dan bahkan kekerasan pertama kali dibangun dalam pikiran manusia. Jika kedamaian ada dalam pikiran kita, maka lingkungan kita akan cenderung menjadi damai. Oleh karena itu, terciptanya kedamaian pertama… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Penulis: Suwatno, Prof. Dr. H., M.si Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 244 Halaman ISBN: 978-602-446-236-9 Sinopsis : Sebagai sebuah pengantar, buku ini mencoba memberikan konsep-konsep dasar yang mudah dipahami oleh para mahasiswa atau pembelajar pemula di bidang public relations. Mengingat… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
Sholeh Hidayat, Prof.,Dr.,M.Pd. Cetakan 4, 2017 16×24 cm, BW, 180 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-157-7 Sinopsis: Salah satu pengalaman belajar yang harus dimiliki calon guru atau guru professional dan dibelajarkan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Ke pendidikan (LPTK) adalah pengetahuan tentang kurikulum, selain pengetahuan kependidikan. Guru professional dituntut memiliki seperangkat… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.00020%
Judul : PENDIDIKAN IPS Pengarang : SAPRIA Tahun : Cet-1, Oktober 2009 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 240 halaman ISBN : 979-692-957-0 Sinopsis: Awalnya buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan, khususnya dalam mata kuliah Pendidikan IPS di jenjang S1 Jurusan PKn dan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Lalu, pada terbitan PT… selengkapnya
Rp 46.400 Rp 58.00020%
Judul : KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (NEW) Pengarang : H.E.MULYASA, PROF.DR,M.PD. Tahun : 09, 2006 Dimensi : 16X24 cm, HVS-60 gr, 320 hlm ISBN : 979-514-716-0 Sinopsis : KTSP merupakan bentuk operasional kurikulum dalam konteks desentralisasi pendidikan dan otonomi daerah. Penyusunan kurikulum ini melibatkan guru, kepala sekolah, komite sekolah, dan dewan pendidikan. Keterlibatan pihak-pihak tersebut… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
KorupsikorupsiMoh. Yamin Cetakan 1, 2016 16 x 24 cm, 152 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-721-0 Sinopsis: Korupsi di negeri tercinta ini benar-benar telah menjadi penyakit yang sangat luar biasa destruktif. Korupsi telah meluluhlantakkan sendi-sendi kehidupan berbangsa. Dengan kata lain, korupsi telah membuyarkan masa depan bangsa menuju bangsa yang besar… selengkapnya
Rp 32.000 Rp 40.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.