Pembelajaran Reflektif Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis
Rp 63.000Kode | RR.PK0485 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pembelajaran Reflektif Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis
Penulis: Dr. Hj. Ratu Suntiah, M.Ag.
Cetakan: 1, 2024
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
180 Halaman
ISBN: 978-602-446-713-5
Sinopsis:
Jas merah! Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Itulah ungkapan popular yang dikemukakan oleh Soekarno, Proklamator dan Presiden Pertama Indonesia. Dengan sejarah, kita akan mengetahui dan memahami bagaimana peristiwa terjadi di masa lalu, dan pelajaran yang akan diambil untuk menentukan tindakan di masa yang akan datang.
Sejarah kebudayaan Islam, sebagai salah satu matpel penting yang disampaikan di madrasah, untuk memberikan pengetahuan kepada peserta didik bagaimana perjalanan perkembangan peradaban Islam dari masa ke masa, sehingga mereka dapat mengambil hikmah untuk dijadikan cermin di masa yang akan datang. Oleh karena itu, pembelajaran sejarah kebudayaan Islam harus disampaikan tidak hanya untuk dihapal, tetapi harus mendorong peserta didik berpikir kritis dan reflektif. Berpikir kritis merupakan aspek utama dari empat aspek keterampilan abad ke-21 yang harus dimiliki oleh peserta didik di samping komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas. Untuk mencapai kemampuan berpikir kritis, perlu implementasikan model pembelajaran reflektif, sebagai sistem pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan analisis terhadap pengalaman individual yang dialami dan memfasilitasi pembelajaran dari pengalaman tersebut.
Penulis telah berhasil melakukan penelitian secara mendalam tentang pembelajaran yang mampu mendorong peserta didik berpikir kritis dengan model pembelajaran reflektif yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah di Kota Bandung. Secara umum buku ini terdiri atas delapan bab, mulai dari pendahuluan, konsep pembelajaran reflektif, pembelajaran sejarah kebudayaan Islam, metode pembelajaran reflektif, mengembangkan kemampuan berfikir kritis, pembelajaran reflektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, perangkat pembelajaran reflektif pada mata pelajaran SKI dan penutup.
Temukanlah hal baru dalam buku ini!
—–
Daftar Isi
BAB 1 PENDAHULUAN
BAB 2 KONSEP PEMBELAJARAN REFLEKTIF
A. Pengertian Pembelajaran Reflektif
B. Prinsip-Prinsip Pembelajaran Reflektif
C. Langkah-Langkah Pembelajaran Reflektif
D. Kelebihan Pembelajaran Reflektif
E. Kekurangan Pembelajaran Reflektif
BAB 3 PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
A. Pengertian Sejarah Kebudayaan Islam
B. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
C. Tujuan Pembelajaran SKI
D. Fungsi Pembelajaran SKI
E. Manfaat Pembelajaran SKI
F. Pembelajaran SKI di Madrasah Aliyah
BAB 4 METODE PEMBELAJARAN REFLEKTIF DALAM PEMBELAJARAN SKI
A. Metode Ceramah
B. Metode Tanya-Jawab
C. Metode Diskusi
D. Metode Mind Mapping
BAB 5 MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN SKI
A. Kemampuan Berpikir Kritis
B. Pengertian Kemampuan Berpikir Kritis
C. Indikator Kemampuan Berpikir Kritis
D. Karakteristik Berpikir Kritis
E. Tujuan Berpikir Kritis
F. Ciri-ciri Berpikir Kritis
G. Kemampuan Berpikir Kritis dalam SKI
BAB 6 PEMBELAJARAN REFLEKTIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
A. Tujuan Pembelajaran
B. Program Pembelajaran
C. Proses Pembelajaran
D. Evaluasi Pembelajaran
BAB 7 PERANGKAT PEMBELAJARAN REFLEKTIF BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Bahan Ajar
Instrumen Evaluasi Pembelajaran
Rubrik Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis
BAB 7 PENUTUP
Pembelajaran Reflektif Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis
Berat | 360 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 1.019 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Judul : MENJADI WIRAUSAHA SUKSES Pengarang : ARI FADIATI, M.SI., DAN DEDI P Tahun : Cet-1, Desember 2010 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC-210, 204 halaman ISBN : 978-979-692-016-7 Sinopsis : Sumber daya ekonomi ada di sekitar Anda. Rumah, tanah, kendaraan, dan keluarga Anda dapat menjadi bagian dari sumberdaya ekonomi. Bagaimana mengoptimalkan sumber daya tersebut… selengkapnya
Rp 46.400 Rp 58.00020%
Faisal Ismail, H., Prof., Dr., M.A. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 192 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-571-1 Sinopsis: Buku karya Prof. Dr. H. Faisal Ismail, M.A. yang mengulas, mengupas, dan mem- bentangkan tentang Dinamika Kerukunan Antarumat Beragama ini merupakan akumulasi dari hasil pembacaan, pengamatan, pandangan, pengalaman, tinjauan, dan pemikiran… selengkapnya
Rp 44.000 Rp 55.00020%
Shinta Doriza, M.Pd., M.S.E. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 280 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-642-8 Sinopsis : Keluarga dapat dikatakan sebagai lembaga yang dibentuk atas dorongan manusia untuk berkelompok guna mengatur kehidupan dan mengorganisasi diri dalam upaya mencapai tujuan. Kajian ekonomi keluarga sendiri membahas tentang bagaimana keluarga menghadapi masalah… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Penulis: Ibnu Hadjar, Prof., Dr., M.Ed. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 540 Halaman ISBN: 978-602-446-326-7 Sinopsis : Dewasa ini buku statistik sangat mudah kita jumpai karena telah banyak ditulis oleh para pakar, yang pada umumnya memiliki latar belakang statistik dan matematika yang… selengkapnya
Rp 150.400 Rp 188.00020%
Arita Marini, Dr., Ir., M.E. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 152 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-567-4 Sinopsis : Sekolah dasar adalah sebuah organisasi sosial yang mempunyai tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan utama sekolah dasar adalah memberikan pendidikan yang berkualitas kepada peserta didik. Dalam sebuah organisasi, tentunya manajemen merupakan kekuatan… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.00020%
Bambang Rustanto, DR., M.Hum. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 144 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-648-0 Sinopsis: Buku ini lebih menyajikan panduan dan acuan bagi mahasiswa dalam melatih dan bekerja sama dengan masyarakat dalam praktik pekerjaan sosial komunitas. Bahwasanya masyarakat multikultural adalah suatu masyarakat yang terdiri dari berbagai elemen, baik… selengkapnya
Rp 36.000 Rp 45.00020%
Sa’dun Akbar, Prof., Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 172 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-169-0 Sinopsis : Kurikulum pendidikan Indonesia kerap berubah, sementara praktik pembelajarannya cenderung tetap. Kondisi ini menuntut guru, calon guru, peneliti pendidikan, pengelola pendidikan, termasuk mahasiswa ilmu kependidikan selayaknya mampu mengembangkan perangkat pembelajaran secara maksimal,… selengkapnya
Rp 40.800 Rp 51.000S. Effendi, Dr., dkk. Cetakan 1, 2015 17,5×25 cm, 384 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 310 gr. ISBN: 978-979-692-652-7 Sinopsis : Buku ini disusun berdasarkan data penggunaan ragam bahasa tulis karya para penulis yang dimuat dalam buku, majalah, dan surat kabar. Dari data akurat itu diperoleh keteraturan dalam bentuk kata dan susunan kalimat… selengkapnya
Rp 120.00020%
Penulis: Dr. Sigit Purnama, M.Pd. Dr. Ellyn Sugeng Desyanti, M.Pd. Alucyana, M.Psi., Psikolog. Ratna Pangastuti, M.Pd.I. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 276 Halaman ISBN: 978-602-446-570-4 Sinopsis: Guru merupakan profesi yang mengharuskan adanya kemahiran atau kecakapan spesifik dalam menghasilkan suatu produk untuk memenuhi… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Judul : MEMBUAT POLA Pengarang : SURYAWATI, DRA., M.SI. DKK Tahun : Cet ke-1, Maret 2011 Dimensi : 21 X 28 cm, 116 hlm, HVS-70 gr, AC-210 gr, F.C. ISBN : 978-979-692-019-8 Sinopsis : Buku ini berisikan materi-materi mengenai pengertian pola, macam-macam pola, berbagai sistem pembuatan pola dasar badan, pemindahan lipit kup, pola tangan, pola… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.