Pendidikan Ilmu Pengetahun Sosial Konsep dan Pembelajaran (Edisi Revisi)
Rp 86.000Kode | RR.PK0488 |
Status | Segera Terbit |
Kategori | Pendidikan & Keguruan, Segera Terbit |
Pendidikan Ilmu Pengetahun Sosial Konsep dan Pembelajaran (Edisi Revisi)
Penulis: Sapriya, M.Ed., Prof. Dr.
Cetakan: 11 (Revisi), 2024
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
256 Halaman
ISBN: 978-602-446-xxx-x
Sinopsis:
Peranan lembaga pendidikan tinggi sudah sepantasnya memberikan fasilitasi untuk meningkatkan mutu luaran pendidikan di tanah air sejalan dengan pendekatan Outcomes- Based Education (OBE). Buku yang berjudul Pendidikan IPS ini merupakan salah satu alternatif untuk menjawab pertanyaan yang sering muncul khususnya di kalangan pakar, praktisi dan akademisi tentang Pendidikan IPS (PIPS). Mengingat masih terbatasnya literatur untuk kajian PIPS di perguruan tinggi yang berbahasa Indonesia, maka buku ini hadir. Buku ini mengawali pembahasannya tentang hakikat dan perkembangan IPS (Social Studies) yang disusul dengan uraian konseptual tentang dimensi dan struktur pengetahuan, keterampilan, dan model pembelajaran IPS serta diakhiri dengan perkembangan kurikulum pendidikan IPS pasca era reformasi yang meliputi Kurikulum IPS tahun 2006, Kurikulum IPS tahun 2013, dan Kurikulum Merdeka untuk IPS tahun 2022. Diharapkan, pembahasan tentang PIPS ini akan membantu siapapun yang tertarik dengan pendidikan IPS termasuk para mahasiswa, praktisi pendidikan, pengamat, dan pihak lain yang berminat mempelajari konsep dan pembelajaran IPS baik di tingkat sekolah maupun perguruan tinggi.
—
Daftar Isi
Bab 1 Hakikat Pendidikan IPS
Pengertian Pendidikan IPS
Ilmu-Ilmu Sosial dan Pendidikan IPS
Landasan Pendidikan IPS
Bab 2 Perkembangan Pendidikan IPS
Perkembangan Social Studies Di Negara Lain
Perkembangan PIPS Dalam Sistem Pendidikan Di Indonesia
Bab 3 Dimensi dan Struktur Pendidikan IPS
Dimensi PIPS
Struktur PIPS
Model Struktur Pengetahuan
Bab 4 Beberapa Pemikiran Dalam Pembaharuan Pembelajaran IPS
Upaya Pembaharuan Social Studies Di Amerika Serikat
Upaya Pembaharuan Social studies Di Australia
Upaya Pembaharuan Pembelajaran IPS Di Indonesia
Kemampuan Berfikir Untuk Siswa Sekolah Dasar
Pendekatan Inkuiri (Inquiry Approach)
Kecakapan Belajar Inkuiri
Kecakapan Berpikir Kreatif (Creative Thinking)
Kecakapan Berfikir Kritis (Critical Thinking)
Keterampilan Memecahkan Masalah (Problem Solving)
Proses Pengambilan Keputusan (Decision Making Process)
Pendekatan Inkuiri Untuk Siswa Sekolah Menengah
Model Inkuiri Sosial
Bab 5 Konsep Ilmu, Teknologi, dan Masyarakat Dalam PIPS
Kedudukan Konsep Ilmu, Teknologi, dan Masyarakat Dalam Pembelajaran IPS
Perbandingan Konsep ITM dan Tradisional Dalam IPS
Perbandingan Proses ITM dan Tradisional Dalam IPS
Perbandingan Sikap Siswa ITM dan Tradisional Dalam IPS
Perbandingan Antara Kreativitas Siswa ITM dan Tradisional Dalam IPS
Perbandingan Antara Aplikasi ITM dan Tradisional Dalam IPS
Pendekatan dan Strategi Pembelajaran Ilmu, Teknologi, dan Masyarakat
Bab 6 Pengembangan Keterampilan IPS
Hakikat Keterampilan IPS
Karakteristik Keterampilan
Jenis Keterampilan IPS
Bab 7 Pengembangan Keterampilan Membaca Dalam IPS
Pengembangan Keterampilan Pemahaman
Pengembangan Keterampilan Vokabuler Sosial
Bab 8 Pengembangan Keterampilan Partisipasi Sosial
Pengembangan Kepekaan Sosial
Pengembangan Partisipasi Sosial
Bab 9 Pendidikan Global
Materi Pendidikan Global
Kajian tentang nilai manusia
Kajian Tentang Masalah-Masalah dan Isu-Isu Global
Kajian Sejarah Hubungan Antarbangsa dan Saling Ketergantungan
Bab 10 Model Pembelajaran IPS
Hakikat dan Peranan Model Pembelajaran IPS
Model-Model Pembelajaran IPS
Implementasi Model-Model Pembelajaran IPS
Model Desain Pembelajaran Pengambilan Keputusan
Bab 11 Perkembangan Kurikulum IPS Pasca Era Reformasi
Mata Pelajaran IPS dalam Kurikulum Tahun 2006
Jenjang SD/MI
Jenjang SMP/MTs
Jenjang SMA/MA/SMK
Mata Pelajaran Sejarah untuk SMA/MA
Mata Pelajaran Geografi SMA/MA
Mata Pelajaran Ekonomi SMA/MA
Mata Pelajaran Sosiologi SMA/MA
Mata Pelajaran Antropologi SMA/MA
Mata Pelajaran IPS untuk SMA Luar Biasa (SMALB – A)
Mata Pelajaran IPS dalam Kurikulum Tahun 2013
Mata Pelajaran IPS dalam Kurikulum Merdeka Tahun 2022
Bab 12 Penutup
Pendidikan Ilmu Pengetahun Sosial Konsep dan Pembelajaran (Edisi Revisi)
Berat | 450 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 75 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Prof. Dr. Iskandarwassid, M.Pd. & Dr. H. Dadang Suhendar, M.Hum. 16 x 24 cm – 320 hlm Kertas Isi HVS 70 gr – Sampul AC 210 gr Cetakan 6, 2016 ISBN: 979-692-351-3 Sinopsis: Pengajar tugasnya adalah menyelenggarakan proses pembelajaran. Pembelajaran itu terselenggara dengan efektif bila sejak awal dirancang dengan baik, dengan menyinergikan berbagai potensi. Dengan… selengkapnya
Rp 61.600 Rp 77.00020%
Bambang Rustanto, Dr., M.Hum. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 172 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-651-0 Sinopsis : Dalam pengertian yang luas, kemiskinan dapat dikonotasikan sebagai suatu kondisi ketidakmampuan baik secara individu, keluarga maupun kelompok sehingga kondisi ini rentan terhadap timbulnya permasalahan sosial lainnya. Apa pun yang ada pada masyarakat… selengkapnya
Rp 34.400 Rp 43.00020%
Penulis: Yuni Sugiarti, S.T., M.Kom. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 272 Halaman ISBN: 978-602-446-228-4 Sinopsis: Mengapa menguasai Java sejak dini adalah investasi penting bagi masa depan? Buku ini yang akan mengupas tuntas teknis penggunaan data base, Unified Modelling Language (UML),… selengkapnya
Rp 56.800 Rp 71.00020%
Penulis: Dr. Rohmat Mulyana, M.Pd Dr. Umiarso, M.Pd.I Cetakan: 1, 2023 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 316 Halaman ISBN: 978-602-446-xxx-x Sinopsis: Buku ini disusun untuk mengejawantahkan spirit profetik nilai-nilai pendidikan Islam, yakni: nilai integratif keilmuan Islam. Kerenanya, upaya ini memunculkan sikap kritis terhadap konstruksi teori-teori… selengkapnya
Rp 78.400 Rp 98.00020%
Penulis: Helmawati, DR., S.E., M.Pd.I. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 316 Halaman ISBN: 978-602-446-330-4 Sinopsis : Keterampilan berpikir tingkat tinggi atau keterampilan berpikir kritis (HOTS/Higher Order Thingking Skills) dibutuhkan pada masa mendatang. Di era revolusi industri 4.0, keterampilan menganalisis dan mengambil keputusan… selengkapnya
Rp 92.800 Rp 116.00020%
Bambang Rustanto, DR., M.Hum. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 144 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-648-0 Sinopsis: Buku ini lebih menyajikan panduan dan acuan bagi mahasiswa dalam melatih dan bekerja sama dengan masyarakat dalam praktik pekerjaan sosial komunitas. Bahwasanya masyarakat multikultural adalah suatu masyarakat yang terdiri dari berbagai elemen, baik… selengkapnya
Rp 30.400 Rp 38.00020%
Sholeh Hidayat, Prof.,Dr.,M.Pd. Cetakan 4, 2017 16×24 cm, BW, 180 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-157-7 Sinopsis: Salah satu pengalaman belajar yang harus dimiliki calon guru atau guru professional dan dibelajarkan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Ke pendidikan (LPTK) adalah pengetahuan tentang kurikulum, selain pengetahuan kependidikan. Guru professional dituntut memiliki seperangkat… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.000Penulis: Syefriani Darnis, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2024 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 272 Halaman ISBN: 978-602-446-714-2 Sinopsis: Manajemen kelas adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas agar tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Mengelola kelas merupakan bagian integral… selengkapnya
Rp 103.00020%
Penulis: M. Saroni, Dr., M.Ag. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 212 Halaman ISBN: 978-602-446-398-4 Sinopsis : Membahas pendidikan tidak akan pernah selesai selama manusia masih hidup dan berpenghidupan sosial sebab pendidikan merupakan bagian tak terpisahkan dari dinamika kehidupan sosial manusia. Melalui pendidikan… selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.00020%
Penulis: Syamsu Yusuf, Prof., Dr., H., L.N., M.Pd. Nani M. Sugandhi, Dr., M.Pd. Aas Saomah, Dra., M.Si. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 340 Halaman ISBN: 978-602-446-593-3 Sinopsis: Remaja (dalam hal ini siswa SLTP dan SLTA) memiliki peranan penting dalam masyarakat. Mereka adalah… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.