Pembelajaran Reflektif Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis
Rp 63.000Kode | RR.PK0485 |
Stok | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pembelajaran Reflektif Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis
Penulis: Dr. Hj. Ratu Suntiah, M.Ag.
Cetakan: 1, 2024
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
180 Halaman
ISBN: 978-602-446-713-5
Sinopsis:
Jas merah! Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Itulah ungkapan popular yang dikemukakan oleh Soekarno, Proklamator dan Presiden Pertama Indonesia. Dengan sejarah, kita akan mengetahui dan memahami bagaimana peristiwa terjadi di masa lalu, dan pelajaran yang akan diambil untuk menentukan tindakan di masa yang akan datang.
Sejarah kebudayaan Islam, sebagai salah satu matpel penting yang disampaikan di madrasah, untuk memberikan pengetahuan kepada peserta didik bagaimana perjalanan perkembangan peradaban Islam dari masa ke masa, sehingga mereka dapat mengambil hikmah untuk dijadikan cermin di masa yang akan datang. Oleh karena itu, pembelajaran sejarah kebudayaan Islam harus disampaikan tidak hanya untuk dihapal, tetapi harus mendorong peserta didik berpikir kritis dan reflektif. Berpikir kritis merupakan aspek utama dari empat aspek keterampilan abad ke-21 yang harus dimiliki oleh peserta didik di samping komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas. Untuk mencapai kemampuan berpikir kritis, perlu implementasikan model pembelajaran reflektif, sebagai sistem pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan analisis terhadap pengalaman individual yang dialami dan memfasilitasi pembelajaran dari pengalaman tersebut.
Penulis telah berhasil melakukan penelitian secara mendalam tentang pembelajaran yang mampu mendorong peserta didik berpikir kritis dengan model pembelajaran reflektif yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah di Kota Bandung. Secara umum buku ini terdiri atas delapan bab, mulai dari pendahuluan, konsep pembelajaran reflektif, pembelajaran sejarah kebudayaan Islam, metode pembelajaran reflektif, mengembangkan kemampuan berfikir kritis, pembelajaran reflektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, perangkat pembelajaran reflektif pada mata pelajaran SKI dan penutup.
Temukanlah hal baru dalam buku ini!
—–
Daftar Isi
BAB 1 PENDAHULUAN
BAB 2 KONSEP PEMBELAJARAN REFLEKTIF
A. Pengertian Pembelajaran Reflektif
B. Prinsip-Prinsip Pembelajaran Reflektif
C. Langkah-Langkah Pembelajaran Reflektif
D. Kelebihan Pembelajaran Reflektif
E. Kekurangan Pembelajaran Reflektif
BAB 3 PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
A. Pengertian Sejarah Kebudayaan Islam
B. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
C. Tujuan Pembelajaran SKI
D. Fungsi Pembelajaran SKI
E. Manfaat Pembelajaran SKI
F. Pembelajaran SKI di Madrasah Aliyah
BAB 4 METODE PEMBELAJARAN REFLEKTIF DALAM PEMBELAJARAN SKI
A. Metode Ceramah
B. Metode Tanya-Jawab
C. Metode Diskusi
D. Metode Mind Mapping
BAB 5 MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN SKI
A. Kemampuan Berpikir Kritis
B. Pengertian Kemampuan Berpikir Kritis
C. Indikator Kemampuan Berpikir Kritis
D. Karakteristik Berpikir Kritis
E. Tujuan Berpikir Kritis
F. Ciri-ciri Berpikir Kritis
G. Kemampuan Berpikir Kritis dalam SKI
BAB 6 PEMBELAJARAN REFLEKTIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
A. Tujuan Pembelajaran
B. Program Pembelajaran
C. Proses Pembelajaran
D. Evaluasi Pembelajaran
BAB 7 PERANGKAT PEMBELAJARAN REFLEKTIF BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Bahan Ajar
Instrumen Evaluasi Pembelajaran
Rubrik Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis
BAB 7 PENUTUP
Pembelajaran Reflektif Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis
Berat | 360 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 681 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Judul : MENGGAMBAR BUSANA Pengarang : USWATUN HASANAH, DRA., DKK Tahun : Cet ke-1, Januari 2011 Dimensi : 21 X 28 cm, 132 hlm, HVS-70 gr, AC-210 gr, F.C. ISBN : 978-979-692-018-1 Sinopsis : Buku ajar ini dititikberatkan pada proses menggambar manusia telanjang dengan proporsi kusus bidang desain busana, menggambar manusia berbusana, serta detil model… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
Judul : METODOLOGI PENGAJARAN AGAMA ISLAM Pengarang : AHMAD TAFSIR Tahun : Cet 5, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, viii + 168 halaman ISBN : 979-514-530-4 Sinopsis : Buku ini tidak hanya akan membantu para calon guru agama Islam yang belajar di Fakultas Tarbiyah, namun berguna juga bagi semua orang… selengkapnya
Rp 37.600 Rp 47.00020%
A. Muchtar Ghazali, dkk. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 320 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-725-8 Sinopsis : Reformasi di negara kita muncul sebagai upaya untuk mengoreksi kelemahan-kelemahan masa lalu dan melakukan upaya-upaya perbaikan untuk masa kini dan mendatang dalam berbagai sektor kehidupan. Buku ini membahas pokok pembelajaran Pendidikan Pancasila… selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.00020%
Dr. Wowo Sunaryo Kuswana, M.Pd. 16 x 24 cm • 300 hlm Kertas isi HVS 70 gr Kertas sampul AC 210 gr Cetakan 1, 2012 ISBN: 978-979-692-079-2 Sinopsis : Manakala ketidakberhasilan dalam pencapaian tujuan, maka dikesankan pembelajaran didominasi oleh aspek kognitif. Banyak orang yang menuding “kognitif sebagai penyebab. Oleh karena itu, bertolak dari kepentingan pembelajaran… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
E. Mulyasa, Prof., Dr., H., M.Pd., dkk. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 288 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-736-4 Sinopsis: Pembelajaran di sekolah ternyata sangat lambat dalam mengikuti perubahan-perubahan yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat. Banyak dari tradisi pembelajaran, mulai dari cara menyusun tempat duduk sampai keterikatan yang berlebihan pada… selengkapnya
Rp 54.400 Rp 68.00020%
Sunaryo Kartadinata, Prof., Dr., M.Pd., dkk. Cetakan 1, 2015 15×21 cm, 204 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-641-1 Sinopsis : Perdamaian, kedamaian, dan bahkan kekerasan pertama kali dibangun dalam pikiran manusia. Jika kedamaian ada dalam pikiran kita, maka lingkungan kita akan cenderung menjadi damai. Oleh karena itu, terciptanya kedamaian pertama… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Judul : SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT Pengarang : ANNA POEDJIADI, PROF, Dr. Tahun : 2005 Dimensi : HVS 60 GR, 16 X 24 cm, 167 HLM + X ISBN : 979-692-479-x Sinopsis : Melalui buku ini, penulisnya mengulas dengan jelas kaitan antara sains dan teknologi serta mafaatnya bagi masyarakat, melalui model pembelajaran sains teknologi masyarakat. Sehingga… selengkapnya
Rp 35.200 Rp 44.00020%
Penulis: Muh. Hizbul Muflihin, Dr., H., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 272 Halaman ISBN: 978-602-446-399-1 Sinopsis : Pendidikan kepramukaan bertujuan untuk membentuk kepribadian kaum muda Indonesia yang berbudi pekerti luhur, cerdas, terampil, dan cinta tanah air dan bangsa. Oleh… selengkapnya
Rp 69.600 Rp 87.00020%
Penulis: Dadang Suwanda, Dr., H., S.E., M.M., M.Ak., Ak., CA., Burdan Ali Junjunan, S.H., M.Si., Ellen Rusliati, Dr., Hj., S.E., M.SIE. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 264 Halaman ISBN: 978-602-446-344-1 Sinopsis : Otonomi keuangan daerah menuntut pemerintah daerah untuk meningkatkan kapabilitas dan… selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.00020%
Penulis: Ahmad Nur Salim, M.Pd. Cetakan: 1, 2023 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 216 Halaman ISBN: 978-602-446-689-3 Sinopsis: Buku ini menyajikan berbagai konsep asesmen dalam bidang pendidikan dan bagaimana menerapkan asesmen dalam setiap proses pembelajaran. Asesmen merupakan bagian esensial dari proses pembelajaran karena membantu setiap… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.