Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS (High Order Thinking Skills)
Rp 92.800 Rp 116.000Kode | RR.PK0399 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS (High Order Thinking Skills)
Penulis: Helmawati, DR., S.E., M.Pd.I.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
316 Halaman
ISBN: 978-602-446-330-4
Sinopsis :
Keterampilan berpikir tingkat tinggi atau keterampilan berpikir kritis (HOTS/Higher Order Thingking Skills) dibutuhkan pada masa mendatang. Di era revolusi industri 4.0, keterampilan menganalisis dan mengambil keputusan yang cepat dan tepat, merupakan bagian dari keterampilan berpikir tingkat tinggi, sangat diperlukan untuk dapat menyesuaikan diri dengan perubahan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan menyelesaikan masalah yang begitu kompleks. Implementasi pembelajaran dan penilaian berbasis HOTS ini diharapkan mampu meningkatkan mutu dan kompetensi lulusan yang siap bersaing dalam era revolusi industri 4.0.
Melalui buku ini pembaca dibawa untuk memahami dan menguasai tentang: Pendidikan di Indonesia; Otak, Pengetahuan, Berpikir, Kognisi dan Kognitif, Penalaran dan Logika pada Pembelajaran; Higher Order Thinking Skills (HOTS); Pembelajaran Berbasis HOTS; Komunikasi Ramah Otak dalam Proses Pembelajaran; Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS; Menyusun Soal-Soal HOTS Berbasis ICT; Tantangan dan Peluang Pendidikan di Era Revolusi Industri.
—
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
BAB II PENDIDIKAN DI INDONESIA
A. Pendidikan di Indonesia
B. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Nasional
C. Guru sebagai Komponen Utama dalam Proses Pendidikan
D. Standar Nasional Pendidikan di Indonesia
BAB III OTAK, PENGETAHUAN, BERPIKIR, KOGNISI DAN KOGNITIF, PENALARAN DAN LOGIKA PADA PEMBELAJARAN
A. Pembelajaran
B. Otak
C. Pengetahuan
D. Berpikir
E. Kognisi dan Kognitif
F. Penalaran dan Logika
BAB IV HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS)
A. Memahami HOTS
B. Kriteria HOTS Perspektif Bloom dan Anderson
C. Tahapan HOTS Anderson (Bloom)
BAB V PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS
A. Memahami Pembelajaran Berbasis HOTS
B. RPP Berbasis HOTS
C. Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis HOTS
BAB VI KOMUNIKASI RAMAH OTAK DALAM PROSES
PEMBELAJARAN
A. Otak Belajar
B. Motivasi dan Emosi Memperkuat Memori
C. Pilihan Kata (Diksi)
D. Peta Konsep
E. Akromin
F. Akrostik
G. Rima (Sajak) dan Lagu
H. Angka dan Bentuk
I. Metode Loci (Loci Method)
J. Chunking (Penggolongan)
K. Asosiasi (Hubungan)
BAB VII PENILAIAN PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS
A. Standar Penilaian Pendidikan
B. Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS
C. Kriteria Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS
BAB VIII MENYUSUN SOAL-SOAL HOTS BERBASIS ICT
A. Contoh Soal-Soal
B. Contoh Soal-Soal Berbasis HOTS
C. Menggunakan ICT sebagai Media Penilaian
BAB IX TANTANGAN DAN PELUANG PENDIDIKAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI
A. Ciptakan Sikap Mental Positif
B. Tumbuhkan Kecakapan Hidup (Life Skills)
C. Kecepatan Belajar
D. Cari Pengalaman Baru
BAB X PENUTUP
Tags: Evaluasi Pembelajaran Berbasis HOTS, High Order Thinking Skills, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Keterampilan Berpikir Analitis, Keterampilan Berpikir Evaluatif, Keterampilan Berpikir Kreatif, Keterampilan Berpikir Kritis, Metode Pembelajaran Berbasis HOTS, Pembelajaran Berbasis HOTS, Pembelajaran Inovatif Berbasis HOTS, Pengukuran Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Penilaian Berbasis HOTS
Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS (High Order Thinking Skills)
Berat | 650 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 584 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Asep Ediana Latip, S.Ag., M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 240 Halaman ISBN: 978-602-446-203-1 Sinopsis: Evaluasi pembelajaran yang penulis uraikan pada buku ini, dikembangkan berdasarkan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia pada Program Studi Pendidikan Guru… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Penulis: Syamsu Yusuf, Prof., Dr., H., L.N., M.Pd. Nani M. Sugandhi, Dr., M.Pd. Aas Saomah, Dra., M.Si. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 340 Halaman ISBN: 978-602-446-593-3 Sinopsis: Remaja (dalam hal ini siswa SLTP dan SLTA) memiliki peranan penting dalam masyarakat. Mereka adalah… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.00020%
Zulela, M.S., Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2012 15×21 cm, 140 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-124-9 Sinopsis: Abad modern menuntut kemampuan membaca dan menulis yang memadai, sehingga bangsa Indonesia dituntut untuk memosisikan dirinya sebagai bangsa yang berbudaya baca tulis. Untuk itu diperlukan upaya pengembangan, baik melalui jalur pendidikan formal maupun… selengkapnya
Rp 27.200 Rp 34.00020%
Nana Supriatna, Prof., Dr., M.Ed. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 380 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-714-2 Sinopsis: Tanpa disadari, selama ini penerapan kurikulum sekolah di Indonesia kurang memperhatikan unsur kesinambungan yang memadukan berbagai unsur ke dalam sebuah ekosistem. Peningkatan kualitas pendidikan berbasis teknologi modern sering kali mengabaikan ketersediaan dan… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.00020%
Penulis: Tatag Yuli Eko Siswono, DR., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 292 Halaman ISBN: 978-602-446-329-8 Sinopsis : Penelitian adalah dasar perkembangan pengetahuan. Melalui penelitian seseorang meyakini kebenaran informasi, apalagi menghadapi pesatnya perkembangan teknologi informasi. Sekian waktu muncul informasi-informasi yang dapat menyesatkan…. selengkapnya
Rp 85.600 Rp 107.00020%
Penulis: Siti Azisah, Dra., Hj., M.Ed.St., Ph.D. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 196 Halaman ISBN: 978-602-446-438-7 Sinopsis: Di zaman milenial ini menguasai Bahasa Inggris merupakan keniscayaan, bahkan telah menjadi mata pelajaran wajib di sekolah dan madrasah. Ironisnya, banyak peserta didik kurang mampu… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Sa’dun Akbar, dkk. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 236 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-713-5 Sinopsis:Saat ini, pemerintah tengah mempersiapkan berbagai strategi untuk menyongsong generasi emas Indonesia 2045. Salah satu strategi yang diambil pemerintah adalah dengan melakukan penyempurnaan sistem di sektor pendidikan, dimulai dari sarana prasarana, tenaga pendidik dan kependidikan,… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Judul : FILSAFAT BAHASA DAN PENDIDIKAN Pengarang : CHAEDAR AL-WASILAH,PROF,DR. Tahun : Cet-1 tahun 2008 Dimensi : 16X24 cm, HVS-70 Gram, 232 Hlm ISBN : 97-692-932-5 Sinopsis : Orang awam biasanya mencitrakan filsafat sebagai ilmu yang sulit dan menakutkan. Membaca buku filsafat sering harus mengerutkan dahi, mengerahkan segala kemampuan untuk mencerna gagasan yang diuraikan. Tapi… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
Judul : KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI Pengarang : H.E.MULYASA, PROF.DR,M.PD. Tahun : Cet 1, 2002 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, ix + 266 hlm ISBN : 979-692-223-1 Sinopsis: Dalam waktu dekat ini Kurikulum 1994 akan segera digantikan oleh kurikulum baru yang berdasarkan pada kompetensi atau yang lebih dikenal Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)…. selengkapnya
Rp 68.000 Rp 85.00020%
E. Mulyasa, H., Prof., Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 256 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-603-9 Sinopsis : Kurikulum 2013 hanya dapat diimplementasikan secara efektif oleh guru yang memiliki kompetensi serta memahami tugas pokok dan fungsinya dengan baik. Bagi Guru, Implementasi Kurikulum 2013 yang diberlakukan secara serempak tahun… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.