Metodologi Penelitian Pendidikan
Rp 115.200 Rp 144.000Kode | RR.PK0391 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Metodologi Penelitian Pendidikan
Penulis: Asep Kurniawan, M., Dr., Ag.
Cetakan: 1, 2018
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
Halaman : 408 Halaman
ISBN: 978-602-446-295-6
Sinopsis :
Benarkah masih banyak praktisi pendidikan seperti dosen, guru dan lain-lain belum menjadikan kegiatan penelitian sebagai suatu tradisi keilmuan bagi kemajuan pendidikan?
Kurangnya budaya meneliti itu dirasakan pula oleh mahasiswa sehingga manakala mereka dihadapkan dengan tugas-tugas mata kuliah berbasis riset, terlebih tugas akhir seperti skripsi, tesis, atau disertasi masih dihadapkan pada kesulitan bagaimana memulainya, masalah apa yang harus diangkat, bagaimana caranya, dan lain-lain.
Buku ini hadir tidak hanya menjelaskan tentang konsep tetapi diperkaya oleh contoh, teknik penulisan, gambar, grafik, tabel, dan lain-lain supaya para pembaca mudah memahami dan mempraktikkannya.
—
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
A. Memahami Keterkaitan Manusia Dengan Ilmu Pengetahuan
B. Ciri-Ciri Penelitian Yang Benar
C. Tujuan Penelitian
D. Beberapa Hal Yang Dipertimbangkan Di Dalam Penelitian
E. Pembagian Jenis-Jenis Penelitian
F. Langkah-Langkah Penelitian
Bab II Ruang Lingkup Penelitian Pendidikan
A. Pendidikan Teoretis
B. Pendidikan Praktis
Bab III Masalah Penelitian
A. Identifikasi Masalah
B. Sumber Masalah
C. Menilai Masalah
D. Jenis-Jenis Masalah Penelitian
E. Pembatasan Masalah
F. Perumusan Masalah
Bab IV Merumuskan Hipotesis Pendidikan
A. Hubungan Hipotesis Dan Teori
B. Fungsi Hipotesis
C. Kriteria Hipotesis Yang Baik
D. Jenis-Jenis Hipotesis
E. Kesalahan Pengujian Hipotesis
F. Menguji Hipotesis
G. Penggunaan Hipotesis Dalam Penelitian Pendidikan
Bab V Menentukan Desain Penelitian
A. Permasalahan
B. Landasan Teori Dan Hipotesis
C. Metode Penelitian
D. Organisasi Dan Jadwal Penelitian
Bab VI Menyusun Instrumen, Mengumpulkan Data, Dan Skala Pengukuran Sikap
A. Pengertian Instrumen
B. Langkah-Langkah Menyusun Instrumen Penelitian
C. Contoh Penyusunan Instrumen Penelitian
D. Validitas Dan Reliabilitas Instrumen
E. Contoh Pengujian Validitas Dan Reliabilitas
F. Mengumpulkan Data
G. Pembagian Instrumen Penelitian
H. Skala Pengukuran Sikap
Bab VII Menentukan Variabel
A. Pengertian Variabel
B. Ciri-Ciri Variabel Penelitian
C. Kepentingan Peneliti Dalam Memahami Variabel
D. Macam-Macam Variabel Penelitian
E. Paradigma Penelitian
Bab VIII Data Dan Sumber Data
A. Pengertian Data
B. Jenis Data
C. Pembagian Jenis Sumber Data
D. Menjaga Keakuratan Data
Bab IX Analisis Data
A. Analisis Data Kualitatif
B. Analisis Data Kuantitatif
Bab X Kesimpulan, Implikasi, Dan Rekomendasi
A. Membuat Kesimpulan
B. Membuat Implikasi
C. Membuat Rekomendasi
Bab XI Populasi Dan Sampel
A. Populasi
B. Sampel
C. Teknik Sampling
D. Menentukan Ukuran Sampel Secara Sederhana
E. Rumus-Rumus Pengambilan Sampel Penelitian
Bab XII Membuat Judul Penelitian
Bab XIII Penulisan Proposal
A. Ciri-Ciri Proposal Penelitian Yang Baik
B. Kerangka Penulisan
C. Penjelasan
D. Beberapa Model Proposal Penelitian
E. Penilaian Kualitas Proposal Penelitian
F. Contoh Proposal
Bab XIV Penulisan Laporan Penelitian
A. Hakikat Penulisan Laporan
B. Ciri-Ciri Penulisan Laporan Penelitian
C. Fungsi Penulisan Laporan Penelitian
D. Format Penulisan Laporan Penelitian
E. Petunjuk Penulisan
F. Penelaahan Laporan Penelitian
G. Abstrak Dalam Laporan Penelitian
Bab XV Teknik Penulisan Laporan Penelitian
A. Kertas Dan Pengetikan
B. Penomoran Halaman
C. Halaman Sampul
D. Penomoran Halaman, Subbab, Dan Spasi
Tags: Analisis Data Pendidikan, Desain Penelitian Pendidikan, Etika Penelitian Pendidikan, Evaluasi Pendidikan, Metode Penelitian Pendidikan, Metodologi Penelitian, Penelitian Kualitatif, Penelitian Kuantitatif, Penelitian Pendidikan, Teknik Sampling dalam Penelitian Pendidikan
Metodologi Penelitian Pendidikan
Berat | 750 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 1.042 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Ahmad Tafsir, Prof. Dr. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 260 Halaman ISBN: 978-602-446-296-3 Sinopsis : Manusia awalnya tidak ada, yang ada hanya Tuhan sendirian. Tidak ada malaikat, tidak ada manusia, tidak ada jin. Dalam kesendiriannya Tuhan ingin dikenal maka… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Judul : EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH Pengarang : DJUDJU SUDJANA,M.ED.,Ph.D.,PRO Tahun : 2006 Dimensi : 16×24 cm, HVS 60 gr, 328 hlm. ISBN : 979-514-634-2 Sinopsis: Manajemen pendidikan luar sekolah disusun secara terencana sesuai dengan satuan, jenis, dan lingkup pendidikan luar sekolah. Manajemen pendidikan luar sekolah ini memuat program yang disusun secara sistemik, yang… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Judul : MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA Pengarang : HERUMAN, S.PD. Tahun : Cet-1 tahun 2007 Dimensi : 16X24 cm, HVS-70 Gram, 200 Hlm Sinopsis: Selama ini terbentuk kesan umum bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan juga menakutkan. Nyatanya memang demikian banyak sekali siswa yang tidak menyukainya. Padahal, sesungguhnya unsur-unsur matematika itu menyertai kita dalam… selengkapnya
Rp 48.000 Rp 60.00020%
Penulis: Kisyani-Laksono, Prof., Dr., Tatag Yuli Eko Siswono, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 264 Halaman ISBN: 978-602-446-200-0 Sinopsis: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu jenis penelitian yang diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan pembeljaran di kelas. Selain… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Dra. Hj. Endang Setyo Winarni, M.Pd. & Dra. Sri Harmini, S.Pd., M.Pd. 16 x 24 cm, 184 hlm Kertas isi HVS-70 gr Kertas sampul AC-210 gr Cetakan 1, 2011 ISBN: 978-979-692-008-2 Sinopsis: Pada waktu berpikir kritis, kita menggunakan penalaran induktif dan deduktif. Penalaran induktif merupakan penalaran yang berlangsung dari hal yang khusus ke hal yang… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Sa’dun Akbar, dkk. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 236 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-713-5 Sinopsis:Saat ini, pemerintah tengah mempersiapkan berbagai strategi untuk menyongsong generasi emas Indonesia 2045. Salah satu strategi yang diambil pemerintah adalah dengan melakukan penyempurnaan sistem di sektor pendidikan, dimulai dari sarana prasarana, tenaga pendidik dan kependidikan,… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Sholeh Hidayat, Prof.,Dr.,M.Pd. Cetakan 4, 2017 16×24 cm, BW, 180 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-157-7 Sinopsis: Salah satu pengalaman belajar yang harus dimiliki calon guru atau guru professional dan dibelajarkan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Ke pendidikan (LPTK) adalah pengetahuan tentang kurikulum, selain pengetahuan kependidikan. Guru professional dituntut memiliki seperangkat… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Judul : PRINSIP & TEKNIK EVALUASI PENGAJARAN Pengarang : M. NGALIM PURWANTO Tahun : Cet 10, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, x + 166 halaman ISBN : 979-514-127-9 Sinopsis : Buku ini menjawab segala masalah yang bertalian dengan pengetesan dan pengevaluasian hasil belajar siswa/mahasiswa, sekaligus mengevaluasi hasil pengajaran siswa/mahasiswa, bahkan… selengkapnya
Rp 41.600 Rp 52.00020%
Dinn Wahyudin, H., Dr., MA. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 248 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-566-7 Sinopsis : Manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian orang-orang dan sumber daya organisasi lainnya. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Penulis: M. Karman, Dr., M.Ag. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 388 Halaman ISBN: 978-602-446-297-0 Sinopsis : Mengapa teks Al-Quran relevan untuk segala situasi dan kondisi? Walau lahir di masa yang tidak seperti sekarang, teksnya dapat dikontekstualisasikan di berbagai tempat dan… selengkapnya
Rp 77.600 Rp 97.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.