Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Teori Unit dan Parsial
Rp 60.000 Rp 75.000Kode | RR.AG0262 |
Status | Tersedia |
Kategori | Agama |
Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Teori Unit dan Parsial
Penulis: Dedih Wahyudin, Dr., M.Ag.
Cetakan: 1, 2020
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
268 Halaman
ISBN: 978-602-446-443-1
Sinopsis:
Pembelajaran bahasa Arab hingga kini masih menyisakan masalah yang belum terselesaikan baik dari sisi metode, teknik, maupun bahan ajar yang sesuai dengan target dan tujuan pembelajaran bahasa Arab itu sendiri. Banyak inovasi dalam berbagai bidang bahasa dilakukan oleh para ahli bahasa demi mendapatkan proses pembelajaran yang efektif dan efesien, mudah dimengerti dan tidak membosankan, namun tetap saja hasilnya kurang maksimal.
Buku Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab bagi Penutur Asing yang ada pada tangan Anda, diharapkan menjadi salah satu referensi utama bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab maupun Guru bahasa Arab yang sering merasa kesulitan untuk memahami penerapan metode pembelajaran yang ada.
Keunggulan buku ini berupaya menjelaskan teori dan metode praktis pembelajaran bahasa Arab yang disertai langkah-langkah dan contoh-contoh yang mudah dipahami.
———-
Daftar Isi
Bab 1 Pendahuluan
A. Mengajar, antara Ilmu dan Seni
B. Pentingnya Metode dalam Pendidikan
C. Keragaman Metode
D. Ciri-Ciri Metode Pembelajaran yang Baik
E. Pendekatan, Metode, dan Teknik
F. Kelenturan Penggunaan Metode
G. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Teknik Pengajaran Bahasa
Bab 2 Pendekatan dan Teori Pembelajaran Bahasa
A. Pendekatan Pembelajaran Bahasa
B. Teori Pembelajaran Bahasa
C. Hubungan Antarcabang-Cabang Bahasa
D. Metode Pengajaran Bahasa Asing Berdasarkan Teori Unit
Bab 3 Methods of Spirited Seventies
A. Community Language Learning (CLL)
B. Metode Total Physical Response (TPR)
C. Metode Natural Approach (NA)
D. Metode Silent Way (SW)
E. Metode Suggestopedia
Bab 4 Menyimak
A. Hakikat Menyimak
B. Unsur-unsur Penting dalam Menyimak
C. Menyimak yang Efektif
D. Ciri-ciri Penyimak yang Baik
E. Jenis-Jenis Menyimak
F. Tahapan Menyimak
G. Faktor yang Memengaruhi Menyimak
H. Kendala dalam Menyimak
I. Cara Meningkatkan Keterampilan Menyimak
J. Teknik Pembelajaran Menyimak
K. Jenis Pembelajaran Menyimak
Bab 5 Menyimak dan Teknik Mengajarkannya
A. Arti Penting Menyimak dalam Pembelajaran
B. Kompetensi dalam Keterampilan Menyimak
C. Tahapan Menyimak
D. Teknik-teknik Mengajarkan Istima’
Bab 6 Ta’bir
A. Kedudukan Ta’bir di antara Cabang-Cabang Bahasa
B. Tujuan Mempelajari Ta’bir
C. Landasan Ta’bir
D. Pengembangan Materi Ta’bir dalam Pembelajaran
E. Tahapan-Tahapan Mengajarkan Ta’bir
F. Macam-Macam Ta’bir
G. Pembelajaran Ta’bir Syafawy
H. Metode Pembelajaran Ta’bir Syafawy
I. Metode Pembelajaran Ta’bir Kitaby
Bab 7 Membaca
A. Membaca dari Segi Bentuk dan Cara Pelaksanaannya
B. Jenis-Jenis Membaca dari Segi Tujuan Pembaca
C. Jenis-jenis Membaca dari Sisi Kesiapan Pikiran Pembacanya
Bab 8 Metode Pembelajaran Membaca
A. Kelompok Pertama
B. Kelompok Kedua
C. Kelompok Ketiga
Bab 9 Teknik Berdasarkan Pendekatan Komunikatif
A. Arti Penting Mufradât dalam Pembelajaran Bahasa
B. Pengertian Mufradât (Kosakata)
C. Jenis-Jenis Kosakata
D. Makna dan Fungsi Mufradât
E. Bentuk-Bentuk (Shiyagh) Kosakata Bahasa Arab
F. Pembelajaran Mufradât
G. Dasar-Dasar Pemilihan Mufradât
H. Pembelajaran Bahasa Berdasarkan Pendekatan Komunikatif
I. Metode dan Teknik-Teknik Pembelajaran Mufradât Berdasarkan Pendekatan Komunikatif Mufradât Berdasarkan Pendekatan Komunikatif
J. Evaluasi dalam Pembelajaran Mufradât
Bab 10 Arti Penting Kaidah dalam Bahasa Arab
A. Kedudukan Kaidah di antara Cabang-Cabang Bahasa
B. Pembelajaran Kaidah antara Golongan yang Menerima dan Menolak
C. Tahapan Pengajaran Kaidah
D. Latihan Kaidah Bahasa
Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Teori Unit dan Parsial
Berat | 450 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 835 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Hasbiyallah, H., Dr., M.Ag. Cetakan 1, 2015 13×18 cm, 296 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-613-8 Sinopsis: Kehidupan keluarga pada zaman modern seperti saat ini, disadari atau tidak, senantiasa dituntut dengan berbagai kebutuhan yang semakin kompleks. Untuk memenuhi berbagai tuntutan tersebut ternyata banyak berakibat buruk bagi keharmonisan keluarga, seperti berkurangnya… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
SYOFRIN SYOFYAN, M.H. Cetakan ke-1, 2012 13×18 cm, 144 hlm. Isi: HVS 70 gr, Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-118-8 Sinopsis: Jin adalah salah satu makhluk yang diciptakan Allah Swt yang berada dalam dimensi yang berbeda dengan manusia, dan iblis adalah nama sifat jin yang jahat. Oleh karena itu, manusia harus selalu waspada terhadap eksistensi… selengkapnya
Rp 24.000 Rp 30.00020%
Dr. Nuruddin ‘Itr 16 x 24 cm • 556 hlm Kertas isi bookpaper 57,5 gr sampul Hardcover Cetakan 1, 2012 ISBN 978-979-692-073-0 Sinopsis: Buku ini membagi dan memilah ‘ulumul Al hadis dan ushul al hadis. Menampilkan bentuk baru dan dengan kajian yang ilmiah. Di buku ini ditampilkan contoh-contoh setiap bagian ilmu hadis yang aktual dan… selengkapnya
Rp 112.000 Rp 140.00020%
Judul : METODOLOGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB Pengarang : ACEP HERMAWAN Tahun : Cet-1, Januari 2011 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 320 halaman ISBN : 978-979-692-017-84 Sinopsis: Secara umum bahasa Arab memiliki hal yang sama dengan bahasa-bahasa lain di dunia. Namun di samping keumumannya, bahasa Arab memiliki kekhasan yang tidak dimiliki oleh bahasa-bahasa lain dalam… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Fiqh dan Ushul Fiqh Metode Istinbath dan Istidlal Hasbiyallah, Dr ., M.Ag Cet-1, 2013 HVS 70 gr, 210 AC, 16 X 24 cm, 288 Hlm ISBN : 978-979-692-144-7 Sinopsis: Kegiatan dalam mengkaji fiqh ibadah di Indonesia khususnya pada pusat-pusat studi Islam saat ini berkembang cukup pesat. Kegiatan tersebut cukup menggembirakan, karena kegiatan tersebut akan lebih… selengkapnya
Rp 55.200 Rp 69.00020%
Judul : MELURUSKAN KESALAHPAHAMAN Pengarang : REMAJA ROSDAKARYA Tahun : Cet. 1, Mei 2011 Dimensi : 16 X 24 cm, 452 hlm, HVS-70 gr, AC-150 Hard Cover ISBN : 978-979-692-050-1 Sinopsis: Karya yang berkualitas ini disusun oleh seorang penulis yang masih keturunan keluarga Nabi Muhammad Saw. …. Menurut saya, buku ini sarat dengan makna-makna yang… selengkapnya
Rp 88.000 Rp 110.00020%
Judul : PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF ISLAM Pengarang : ABDUL MAJID Tahun : Cet. 1, Mei 2011 Dimensi : 16 X 24 cm, 236 hlm, HVS-70 gr, AC-210 ISBN : 978-979-692-049-5 Sinopsis: Rasullullah SAW telah bersabda: “Anak itu disembelihkan aqiqah pada hari ketujuh dari kelahirannya, kemudian diberi nama dan dibersihkan segala kotorannya. Jika telah berumur enam… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Penulis: Dr. H. Moh. Zahid, M.Ag. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 304 Halaman ISBN: 978-602-446-619-0 Sinopsis: Keindahan, urgensi, dan gaya pengungkapan fawātiḥ as-suwar serupa dengan intro pada feature, sehingga ia bisa disebut sebagai intro surah. Variasinya terdiri dari 12 (dua belas) macam,… selengkapnya
Rp 88.000 Rp 110.00020%
Khazanah Pendidikan Agama Islam Khozin, S.Ag.,M.A Cet 1, 2013 16 x 24 cm, HVS 70 gr, 292 halaman ISBN : 979-979-692-152-2 Sinopsis: Selama ini agama (Islam) hanya dinilai sebagai value normatif yang mempunyai korelasi dengan privasi personal, bahkan memiliki kecenderungan melihat pada sisi internal (inside) saja. Padahal Islam telah menyiratkan tatanan teori-teori agama yang menyangkut… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Yadi Janwari, Dr. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 176 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-611-4 Sinopsis: Saat ini lembaga keuangan berupa bank atau yang sejenisnya, tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Masyarakat sebagai nasabah bank, menginvestasikan dananya di berbagai lembaga keuangan. Lalu bagaimana dengan umat Islam yang ingin menjaga… selengkapnya
Rp 41.600 Rp 52.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.