Mengajar dan Membina Kegiatan Pramuka
Rp 76.000 Rp 95.000Kode | RR.PK0434 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Mengajar dan Membina Kegiatan Pramuka
Penulis: Muh. Hizbul Muflihin, Dr., H., M.Pd.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
Halaman : 272 Halaman
ISBN: 978-602-446-399-1
Sinopsis :
Pendidikan kepramukaan bertujuan untuk membentuk kepribadian kaum muda Indonesia yang berbudi pekerti luhur, cerdas, terampil, dan cinta tanah air dan bangsa. Oleh karena itu, seorang pembina pramuka tidak saja harus mampu menjadi teladan bagi adik-adiknya, tetapi juga membutuhkan kemampuan mengelola kegiatan sehingga tujuan gerakan Pramuka dapat tercapai.
Seorang pembina-yang juga sebagai tenaga pendidik-akan dengan mudah dapat menyampaikan materi kepramukaan seperti PAI dan Budi Pekerti jika disampaikan dan dipelajari di alam terbuka dan dikemas dalam bentuk permainan, KIM, dan sandi. Kondisi yang demikian bukan saja menjadikan pembelajaran lebih menarik, tetapi juga berpengaruh terhadap kualitas hasil pembinaan dan latihan.
Buku di tangan kakak dan adik-adik ini dapat memberi informasi tentang bagaimana mempelajari sandi secara visual diskrit dan tambahan materi latihan harian yang terintegrasi dengan materi PAI dan Budi Pekerti. Buku ini akan memperkaya buku rujukan bagi pembina pramuka dalam mengelola latihan dan membekali keterampilan perkemahan, lomba, dan gelar keterampilan di pangkalan masing-masing.
—
Daftar Isi
BAB I BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
B. Konsep Belajar dan Pembelajaran
BAB II KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
A. Pengertian Keterampilan Dasar Mengajar
B. Jenis-Jenis Keterampilan Dasar Mengajar
BAB III PEMBINA PROFESIONAL
A. Merencanakan Program Kegiatan
B. Melaksanakan Kegiatan Latihan
C. Cara Meningkatkan Profesionalisme Diri
BAB IV KEPRAMUKAAN
A. Sejarah Gerakan Pramuka
B. Konsep Kepramukaan, Gerakan Pramuka, dan Pramuka
C. Kiasan Dasar Gerakan Pramuka
D. Salam Pramuka
E. Tanda Pengenal Pramuka
BAB V ASAS DAN LAMBANG GERAKAN PRAMUKA
A. Asas Gerakan Pramuka
B. Lambang Gerakan Pramuka
C. Makna Tanda Pelantikan Pramuka
D. Moral dan Janji Pramuka
BAB VI UPACARA KEPRAMUKAAN
A. Upacara Latihan Harian
B. Upacara Pelantikan
BAB VII MATERI KEGIATAN DAN LATIHAN KEPRAMUKAAN
A. Materi Kegiatan Kepramukaan
B. Latihan Kepramukaan
C. Menguji SKU dan SKK
BAB VIII KONSEP DASAR SANDI
A. Morse dan Metode Pembelajarannya
B. Cara Mengirim Huruf Morse
C. Macam-Macam Sandi Dinamik
BAB IX PENGGUNAAN MATERI AGAMA ISLAM DAN BP DALAM PEMBUATAN SANDI
A. Materi Kesehatan
B. Materi Agama Islam
C. Materi Bahasa
D. Materi Ilmu Pengetahuan Alam
E. Materi Ilmu Pengetahuan Sosial
F. Materi Keterampilan
BAB X PENGETAHUAN UMUM DAN PRAKTIS
A. Peraturan Baris-Berbaris
B. Pertolongan Pertama Kecelakaan (P2K)
C. Tali Temali dan Cara Mendirikan Tenda
D. Cara Menaksir
E. Survival dan Bivak
F. Cara Memasak Nasi
G. Makanan Sehat dan Sempurna
BAB XI MANAJEMEN JELAJAH ALAM
A. Merencanakan Kegiatan
B. Membentuk Regu/Sangga Kerja
C. Menyiapkan Materi Jelajah dan Isi Jawaban
D. Membuat Kunci Jawaban dan Perangkat Administrasi
E. Menjelaskan Mekanisme Tata Kerja
F. Melaksanakan Jelajah Alam
G. Melakukan Evaluasi Penyelenggaraan
Tags: Gerakan Pramuka, Kegiatan Pramuka, Komunitas Pramuka, Materi Pramuka, Membina Kegiatan Pramuka, Mengajar Pramuka, Pelatihan Pramuka, Pembina Pramuka, Pengembangan Karakter Pramuka, Pramuka Indonesia
Mengajar dan Membina Kegiatan Pramuka
Berat | 430 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 685 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Hasbiyallah, Dr., H., M.Ag. dan Nayif Sujudi, M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 308 Halaman ISBN: 978-602-446-369-4 Sinopsis : Perkembangan dan perubahan teknologi yang semakin cepat telah mendorong berkembangnya lembaga-lembaga pendidikan Islam, seperti pesantren modern. Lembaga pendidikan ini tengah menunjukkan eksistensinya… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Judul : PENDIDIKAN IPS Pengarang : SAPRIA Tahun : Cet-1, Oktober 2009 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 240 halaman ISBN : 979-692-957-0 Sinopsis: Awalnya buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan, khususnya dalam mata kuliah Pendidikan IPS di jenjang S1 Jurusan PKn dan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Lalu, pada terbitan PT… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Judul : LANDASAN PSIKOLOGI PROSES PENDIDIKAN Pengarang : NANA SYAODIH S. Tahun : Cet 1, April 2003 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr ISBN : 979-692-240-1 Sinopsis : Inti pendidikan adalah interaksi. Interaksi antara pendidik dan peserta didik. Suatu interaksi yang di dalamnya terjadi proses transfer pemahaman tertentu, yang melibatkan secara simultan… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Penulis: Johar Permana, Prof. Dr. H., M.A. Taufani C. Kurniatun, Dr., M.Si. Liah Siti Syarifah, S.Pd.I., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 232 Halaman ISBN: 978-602-446-370-0 Sinopsis : Setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda dalam menggunakan pendekatan pada perencanaan pendidikannya. Hal tersebut… selengkapnya
Rp 70.400 Rp 88.00020%
Deni Darmawan, Dr., S.Pd., M.Si. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 184 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-494-3 Sinopsis : Pada dasarnya konsep teknologi pendidikan masih tertuju pada upaya melahirkan prosedur-prosedur pemecahan masalah belajar manusia. Di antara inovasi dalam model pembelajaran berbasis teknologi informasi itu adalah animation learning, games learning, dan… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
A. Muchtar Ghazali, dkk. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 320 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-725-8 Sinopsis: Reformasi di negara kita muncul sebagai upaya untuk mengoreksi kelemahan-kelemahan masa lalu dan melakukan upaya-upaya perbaikan untuk masa kini dan mendatang dalam berbagai sektor kehidupan. Buku ini membahas pokok pembelajaran Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan,… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
E. Mulyasa, H., Prof., Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 256 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-603-9 Sinopsis : Kurikulum 2013 hanya dapat diimplementasikan secara efektif oleh guru yang memiliki kompetensi serta memahami tugas pokok dan fungsinya dengan baik. Bagi Guru, Implementasi Kurikulum 2013 yang diberlakukan secara serempak tahun… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Penulis: Kisyani-Laksono, Prof., Dr., Tatag Yuli Eko Siswono, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 264 Halaman ISBN: 978-602-446-200-0 Sinopsis: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu jenis penelitian yang diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan pembeljaran di kelas. Selain… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Penulis: Nanang Fattah, Prof. Dr.,M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 252 Halaman ISBN: 978-602-446-367-0 Sinopsis : Salah satu fungsi utama pendidikan tinggi adalah sebagai sumber inspirasi dan inovasi dalam membuat kebijakan dan manajemen. Dalam kerangka peningkatan daya saing global menuju masyarakat 5.0… selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.00020%
Dr. Wowo Sunaryo Kuswana, M.Pd. 16 x 24 cm, 324 hlm Kertas isi HVS-70 gr Kertas sampul AC-210 gr Cetakan 1, 2011 ISBN: 978-979-692-071-6 Sinopsis : Buku ini berisi kajian mengenai pendekatan keterampilan berpikir sebagai kegiatan yang terorganisasi untuk mengidentifikasi proses mental peserta didik atau peserta didik yang perlu direncanakan, mendeskripsikan dan mengevaluasi proses berpikir… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.