Membentuk Karakter Peserta Didik
Rp 41.600 Rp 52.000Kode | RR.PK0467 |
Status | Tersedia |
Kategori | PAUD |
Membentuk Karakter Peserta Didik
Penulis: H. Imam Nur Suharno, S.Pd., S.Pd.I., M.Pd.I.
Cetakan: 1, 2021
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
140 Halaman
ISBN: 978-602-446-567-4
Sinopsis:
Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Untuk mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan tersebut, penyelenggaraan pendidikan semestinya tidak hanya sekadar to transfer knowledge atau to change mental attitude. Orientasi pendidikan hendaknya diarahkan untuk membentuk (watak) karakter peserta didik. Buku yang di tangan pembaca ini menjawab pernak-pernik upaya mewujudkan karakter peserta didik.
Buku Membentuk Karakter Peserta Didik ini diawali pendahuluan yang menguraikan Pendidik dan Pendidikan Karakter; dilanjutkan Membangun Pendidikan Karakter; Pendidikan Tanpa Kekerasan; Peran Kepala Sekolah; Guru Sebagai Arsitek Peradaban; Pembelajaran yang Bermakna; Ujian Sekolah Terpadu; dan Sekolah, Orientasi Siswa dan Kurikulum. Ayo, segera miliki bukunya, baca, dan praktekkan isinya.
———-
Daftar Isi
BAB 1 MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER
A. Pendidikan Karakter di Tengah Arus Globalisasi
B. Pendidikan Budi Pekerti
C. Menumbuhkan Suasana Religius dalam KBM
D. Optimalisasi Pendidikan Ramadan
E. Salat sebagai Sarana Pendidikan
F. Sekolah Ramah untuk Semua
BAB II PENDIDIKAN TANPA KEKERASAN
A. Keluar dari Krisis Budaya Bangsa
B. Kekerasan dalam Pendidikan
C. Optimalisasi Pendidikan Agama Islam
D. Pendidikan Pembiasaan
E. Keterampilan Mengelola Kelas
BAB III PERAN KEPALA SEKOLAH
A. Kualitas dan Kepiawaian Kepala Sekolah
B. Menjadi Kepala Sekolah yang Efektif
C. Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah
BAB IV GURU SEBAGAI ARSITEK PERADABAN
A. Guru Merupakan Ahli Waris Para Nabi
B. The Golden Teacher
C. Menjadi Pendidik Berkualitas
D. Peran Guru dalam Pendidikan
E. Pilar-Pilar Kesuksesan Guru
F. Menjadi Guru Profesional yang Berkarakter
G. Kesejahteraan Guru Pasca-Sertifikasi
H. Tipe Guru Manakah Kita?
I. Membumikan Kompetensi Guru
J. Guru sebagai Public Speaker
K. Modalitas Guru
L. Penangkal Serangan ’Virus’ Guru
M. Menghadirkan Roh Guru dalam Pendidikan
BAB V PEMBELAJARAN YANG BERMAKNA
A. Pembelajaran Berbasis Nilai
B. Pembelajaran Terpadu
C. Pengaruh Doa dalam Mendidik Anak
D. Pembelajaran Melalui Role Playing
E. Try Out Bagian dari Proses Pembelajaran
F. Mengatasi Jenuh dalam Belajar
G. Mendidik dengan Kelembutan
H. Mendidik adalah Menyentuh Hati
BAB VI UJIAN SEKOLAH TERPADU
A. Ujian Terintegrasi
B. Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional
C. Mengendalikan Stres Menjelang Ujian
D. Salat Tahajud Menjelang Ujian
E. Merayakan Kelulusan Ujian
F. Meditasi Tawakal Jelang Ujian
G. Membangun Budaya Jujur dan Berprestasi
H. Istigasah Menjelang Ujian
BAB VII SEKOLAH, ORIENTASI SISWA, DAN KURIKULUM
A. Cermat Memilih Sekolah
B. Memformat Masa Orientasi Siswa
C. Ilmu, Jalan Meraih Kesuksesan
D. Nasihat bagi Penuntut Ilmu
E. Internalisasi Kurikulum Pendidikan Nabi Saw.
Tags: Etika dan Moral, Karakter Peserta Didik, Metode Pembentukan Karakter, nak, Pembentukan Karakter, Pendidikan Agama, pendidikan karakter, Pendidikan Nilai, Pengembangan Karakter, Peran Guru dalam Pembentukan Karakter, Psikologi Karakter
Membentuk Karakter Peserta Didik
Berat | 300 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 1.230 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Suyadi, M.Pd.I. dkk. Cetakan 3, 2017 16×24 cm, 164 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-570-4 Sinopsis: Di tengah situasi “genting” dan “penting” gencarnya sosialisasi dan implementasi kurikulum 2013 pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang bercorak tematik terpadu, seolah-olah publik lupa bahwa Pendidikan Anak Usia Dini selama ini telah melaksanakan… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Penulis: Suyadi, Dr., M.Pd.I., Sumaryati, Dr., M.Hum., Dwi Hastuti, S.Pd., M.Pd.I. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 192 Halaman ISBN: 978-602-446-407-3 Sinopsis: Gedung dan ruang kelas lembaga-lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagian besar kurang inovatif, karena bentuknya hanya kotak dan persegi, sama… selengkapnya
Rp 44.000 Rp 55.00020%
Idad Suhada, Drs., M.Pd. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 156 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-731-9 Sinopsis: Psikologi sebagai sebuah disiplin ilmu sangat dibutuhkan oleh dunia pendidikan. Psikologi pendidikan dapat dikatakan sebagai penunjang untuk pengembangan potensi manusia melalui belajar dan pembelajaran. Hal tersebut sesuai dengan salah satu tujuan pembelajaran, yaitu… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.00020%
Penulis: Sri Widayati, S.Pd., M.Pd. dan Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 224 Halaman ISBN: 978-602-446-494-3 Sinopsis: Buku ini menjadi sangat penting bagi guru, calon guru, orang tua dan para pemerhati pendidikan anak usia dini sebagai buku acuan… selengkapnya
Rp 70.400 Rp 88.00020%
Penulis: Novi Mulyani, M.Pd.I. Ukuran: 17,5 x 25 cm Halaman: 124 Kertas isi: HVS 70 Kertas sampul: AC 230 gr ISBN: 978-602-446-620-6 Sinopsis : Sinopsis: Salah satu metode yang bisa digunakan untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak adalah melalui permainan edukatif bahasa. Secara sederhana, permainan edukatif bahasa adalah permainan yang tidak hanya menyenangkan bagi anak, tetapi… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Penulis: Rita Eka Izzaty, Dr., M.Si., dkk. Cetakan: 1, 2017 Ukuran: 16×24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 210 gr. Halaman : 236 Halaman ISBN: 978-602-446-054-9 Sinopsis: Apakah kita ‘aware‘ terhadap permasalahan psikologis anak? Mereka memiliki ragam permasalahan seperti cemas, sulit konsentrasi, pemalu, suka berbohong, menangis berlebihan, dan banyak lagi lho! Apabila… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Penulis: Sri Widayati, S.Pd., M.Pd., dkk. Cetakan: 1, 2023 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 128 Halaman ISBN: 979-602-446-XXX-X Sinopsis: Buku ini mengurai pengertian dan manfaat dari Alat Permainan Edukatif (APE) berdasarkan pandangan penulis sebagai Dosen Pendidikan Guru PAUD. Dalam buku ini dijabarkan tips perencanaan dan… selengkapnya
Rp 36.000 Rp 45.00020%
Mursid, M.Ag. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 192 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-643-5 Sinopsis: Pendidikan anak usia dini merupakan wahana pendidikan yang sangat fundamental dalam memberikan kerangka dasar terbentuk dan berkembangnya dasar-dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan pada anak. Keberhasilan proses pendidikan pada masa dini tersebut menjadi dasar untuk proses… selengkapnya
Rp 44.000 Rp 55.00020%
Mohammad Fauziddin, M.Pd. Cetakan 3, 2017 15×21 cm, 108 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-572-8 Sinopsis: Lembaga pendidikan pada tingkat anak usia dini, khususnya TPQ menempati posisi yang sangat penting bagi terjaganya budaya Islam di masa yang akan datang. Oleh karena itu, para pengelola dan pengajar-secara tidak langsung-dituntut untuk menerapkan… selengkapnya
Rp 21.600 Rp 27.00020%
Penulis: Luluk Asmawati, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2017 Ukuran: 16×24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 210 gr. Halaman : 212 Halaman ISBN: 978-602-446-109-6 Sinopsis: Mengapa buku ini menjadi penting bagi para orang tua, pemerhati, praktisi, peneliti, dan perancang kurikulum di bidang pendidikan anak usia dini? Karena pada level usia dini memerlukan… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.