Membangun Keterlibatan Mahasiswa Dalam Kuliah Daring
Rp 51.200 Rp 64.000Kode | RR.PK0476 |
Stok | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Membangun Keterlibatan Mahasiswa Dalam Kuliah Daring
Penulis: Jann Hidayat Tjakraatmadja. Prof., Dr., MSIE., Dkk.
Cetakan: 1, 2022
Ukuran: 15 x 21 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
216 Halaman
ISBN: 978-602-446-634-3
Sinopsis:
Teknologi telah menjadi faktor utama yang menentukan perubahan zaman, dan menjadi penyebab perubahan dunia pendidikan juga. Pada awal 2020, teknologi telah bersinergi dengan pandemi Covid-19 menjadi pemicu utama terjadinya percepatan perubahan peradaban dunia, yang juga berdampak pada dunia pendidikan.
Tantangan dunia pendidikan menjadi semakin krusial pada era new normal ini karena proses pendidikan memiliki keterbatasan agar bisa disampaikan tanpa harus tatap muka (pendidikan dengan metode online atau daring/dalam jaringan). Kehadiran teknologi belajar jarak jauh memungkinkan institusi pendidikan untuk melakukan kreativitas dalam menemukan model belajar-mengajar yang lebih cerdas (lebih produktif dan inovatif), maupun untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas belajar-mengajar sehingga variasi materi maupun metode belajar-mengajar dan keluasan jangkauan pelayanan belajar-mengajar bisa ditingkatkan.
————
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
A. Education 1.0
B. Education 2.0
C. Education 3.0
D. Education 4.0
Bab II Smart Learning dalam Konteks Smart Campus 13
A. Kampus Cerdas (Smart Campus)
B. Belajar Cerdas (Smart Learning)
C. Kuliah Daring Sebagai Komponen Belajar Cerdas
Bab III Membangun Relasi Humanis dalam Kuliah Daring
A. Apa yang Harus Diketahui Sebelum Kuliah Daring
B. Tantangan dan Adaptasi Pengajar
C. Tantangan dan Adaptasi Mahasiswa
D. Silabus dan Koordinasi Antarmata Kuliah Daring
E. Menyiapkan Beban Kerja Mahasiswa
F. Membangun Komunikasi Humanis (Sebelum, Saat, dan Setelah Kuliah Daring)
G. Etika dan Aturan Dasar Kuliah Daring
Bab IV Menyiapkan Perangkat Keras Pendukung Kuliah Daring
A. Kebutuhan Sarana dan Prasarana Kuliah Daring
B. Perbandingan Karakteristik dan Kemampuan Fitur Beberapa Aplikasi Daring
C. Meningkatkan Keterampilan Penggunaan Fitur Aplikasi Daring Webex
Bab V Menyiapkan Perangkat Lunak Kuliah Daring
A. Pembelajaran Sinkronus (In class: Lecturing, Video, Studi Kasus, Simulasi, Quiz, Evaluasi)
B. Asynchronous (Asinkronus)
C. Meningkatkan Keterlibatan Pembelajar dalam Pembelajaran Daring: Penggunaan Simulasi, Kasus, dan Permainan (Gamification)
Bab VI Kuliah Daring di Program Sarjana SBM
A. Kendala Teknis
B. Kendala Sesi Tanya Jawab
C. Tantangan untuk Memastikan Mahasiswa Memperhatikan Sesi Perkuliahan
D. Tantangan untuk Menghidupkan Kelas
E. Evaluasi Mahasiswa Program Sarjana terhadap Pelaksanaan Kuliah Daring
F. Hasil Survei Mahasiswa Program Sarjana (S1)
Bab VII Kuliah Daring di Program MBA SBM
A. Metode Case-Teaching Secara Daring di Tengah Pandemik Covid-19
B. Mengajar Daring Mata Kuliah Accounting di Tengah Pandemik Covid-19
C. Evaluasi Mahasiswa MBA Kampus Jakarta: Menilai Kesiapan SBM ITB Menghadapi Kuliah Daring
D. Hasil Survei Pendapat Mahasiswa MBA
Bab VIII Kuliah Daring di Program M SM/DSM SBM
A. Mahasiswa MSM (Master of Science Management)
B. Mahasiswa DSM (Doctor of Science Management)
Tags: e-learning, evaluasi pembelajaran online, interaksi mahasiswa-dosen, keterlibatan mahasiswa, kreativitas dalam pembelajaran daring, kuliah daring, lended learning, motivasi mahasiswa, partisipasi mahasiswa, pembelajaran jarak jauh, pembelajaran online, pendidikan tinggi, pengembangan keterampilan, peran teknologi dalam pembelajaran online, strategi pembelajaran online
Membangun Keterlibatan Mahasiswa Dalam Kuliah Daring
Berat | 330 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 665 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Prof. Dr. Nana Syaodih S. Cet. 9, Tahun 2013 Dimensi : HVS 60 GR, 16 X 24 cm, 336 Hlm ISBN : 979-692-486-2 Sinopsis: Kebutuhan akan pendidikan yang semakin membaik, yang mampu meningkatkan kualitas bangsa, mengembangkan karakter, memberikan keunggulan dan kemampuan berkreasi, semakin dirasakan urgensinya. Otonomi di bidang pendidikan memberikan kesempatan wewenang untuk melakukan berbagai… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Judul : FILSAFAT BAHASA DAN PENDIDIKAN Pengarang : CHAEDAR AL-WASILAH,PROF,DR. Tahun : Cet-1 tahun 2008 Dimensi : 16X24 cm, HVS-70 Gram, 232 Hlm ISBN : 97-692-932-5 Sinopsis : Orang awam biasanya mencitrakan filsafat sebagai ilmu yang sulit dan menakutkan. Membaca buku filsafat sering harus mengerutkan dahi, mengerahkan segala kemampuan untuk mencerna gagasan yang diuraikan. Tapi… selengkapnya
Rp 44.000 Rp 55.00020%
Nusa Putra, Dr., S.Fil., M.Pd., dkk. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 156 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-089-1 Sinopsis: Tujuan Pendidikan Agama Islam (PAI) secara substansial adalah mengasuh, membimbing, mendorong, mengusahakan, dan menumbuhkembangkan manusia takwa. Ketakwaan merupakan high concept dalam arti memiliki banyak dimensi dan merupakan suatu kondisi yang pencapaiannya… selengkapnya
Rp 31.200 Rp 39.00020%
Esmar Budi, Dr. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 236 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-126-3 Sinopsis: Materi dalam buku ini mengupas secara tuntas berdasarkan bahan ajar perkuliahan gelombang. Untuk memudahkan para mahasiswa dalam memahami materi yang diajarkan, maka buku ini secara umum dibagi menjadi dua bagian yang terdiri dari 8… selengkapnya
Rp 45.600 Rp 57.00020%
Penulis: Helmawati, DR., S.E., M.Pd.I. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 316 Halaman ISBN: 978-602-446-330-4 Sinopsis : Keterampilan berpikir tingkat tinggi atau keterampilan berpikir kritis (HOTS/Higher Order Thingking Skills) dibutuhkan pada masa mendatang. Di era revolusi industri 4.0, keterampilan menganalisis dan mengambil keputusan… selengkapnya
Rp 92.800 Rp 116.00020%
Judul : BALANCED SCORECARD Pengarang : DR. DADANG DALLY, M.SI. Tahun : JUNI 2010 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 128 halaman ISBN : 979-692-737-3 Sinopsis: SEORANG manajer yang baik umumnya tidak lahir secara tiba-tiba. Dia melalui proses panjang, yang masyarakat umum mengenalnya sebagai pengalaman. Lewat rentang waktu perjalanan itu, calon manajer melakukan eksplorasi dan… selengkapnya
Rp 27.200 Rp 34.00020%
Judul : PSIKOLOGI SOSIAL: SUATU PENGANTAR Pengarang : FATTAH HANURAWAN Tahun : Cet-1, Agustus 2010 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC-210, 224 halaman ISBN : 978-979-692-006- Sinopsis: Psikologi sosial merupakan salah satu cabang psikologi yang secara nyata berhubungan langsung dengan masalah-masalah sosial manusia. Perkembangan psikologi sosial empiris sudah mencapai lebih 100 tahun apabila asumsi kelahiran… selengkapnya
Rp 40.800 Rp 51.00020%
Waini Rasyidin, H., Prof., Dr., M.Ed. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 236 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-493-6 Sinopsis: Pedagogik adalah nilai dasar keilmuan dan profesi yang harus dibangun secara kokoh dan menjadi landasan bagi pemikiran dan tindakan pendidikan serta penyelenggaraan pendidikan guru. Pedagogik sebagai ilmu didukung dengan menggunakan ilmu-ilmu… selengkapnya
Rp 45.600 Rp 57.00020%
Abdul Madjid, dkk. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 348 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-581-0 Sinopsis : Pelaksanaan pembelajaran akan berjalan efektif apabila didahului dengan penyiapan rencana pembelajaran yang mengacu pada Silabus. Rencana pembelajaran tersebut perlu dikembangkan semaksimal mungkin oleh guru, baik secara individu maupun kelompok, agar kompetensi sikap, pengetahuan,… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Penulis: Hendarman, Ir., M.Sc., Ph.D. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 240 Halaman ISBN: 978-602-446-365-6 Sinopsis : Banyak yang menganggap pendidikan karakter sudah tidak begitu diperlukan pada era milenial. Berbagai pendapat percaya bahwa dalam era tersebut karakter manusia cenderung ditentukan oleh keberadaan teknologi… selengkapnya
Rp 68.800 Rp 86.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.