Memahami Metode Penelitian Komunikasi
Rp 115.000Kode | RR.KO0119 |
Status | Tersedia |
Kategori | Komunikasi |
Memahami Metode Penelitian Komunikasi
Penulis: Turnomo Rahardjo, dkk.
Cetakan: 1, 2024
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
400 Halaman
ISBN: 978-602-446-xxx-x
Sinopsis:
Buku Memahami Metode Penelitian Komunikasi ini mendiskusikan beragam metode yang digunakan dalam penelitian komunikasi dengan pendekatan tunggal (kuantitatif atau kualitatif) dan pendekatan campuran (mixed-method). Buku ini diawali dengan tulisan tentang landasan atau pijakan filosofis dalam penelitian, yaitu paradigma. Tulisan kedua dalam buku ini mendiskusikan tentang pengertian dasar penelitian, yaitu riset dan proses riset. Setelah mendiskusikan landasan filosofis penelitian dan pengertian dasar penelitian, tulisan berikutnya adalah metode yang digunakan dalam penelitian komunikasi dengan pendekatan kuantitatif, yaitu survei, studi eksperimen, dan analisis isi. Survei merupakan metode pengumpulan data dari responden melalui pertanyaan terstruktur dan bertujuan untuk mendapatkan gambaran representatif tentang populasi atau kelompok tertentu. Berbeda dari survei, studi eksperimen sangat berguna dalam mengeksplorasi efek intervensi dalam bidang komunikasi, sosial, dan psikologi, serta memberikan bukti kuat tentang dampak perubahan variabel independen. Metode berikutnya yang dibahas dalam buku ini adalah analisis isi. Analisis isi adalah sebuah metode yang mengharuskan pengkodean dan analisis konten dalam teks, gambar, atau media lainnya untuk mengidentifikasi pola, tema, atau karakteristik tertentu dalam materi media.
Buku ini juga membahas beragam metode penelitian komunikasi dengan pendekatan kualitatif seperti semiotika, analisis pembingkaian, studi kasus, dan retorika dan pentad dramatisme Kenneth Burke. Semiotika merupakan sebuah metode yang digunakan untuk memahami objek, dan peristiwa sebagai sekumpulan tanda dan mempelajari bagaimana tanda-tanda tersebut menghasilkan makna. Analisis pembingkaian adalah sebuah pendekatan untuk mengetahui bagaimana perspektif yang digunakan media (jurnalis) ketika menyeleksi isu dan menyampaikan. Sedangkan studi kasus merupakan penelitian empiris yang menitikberatkan pada penyelidikan fenomena sosial kontemporer dalam berbagai lini masyarakat sosial. Metode dengan pendekatan kualitatif yang dibahas dalam buku ini adalah retotika. Retorika dapat didefinisikan sebagai pesan-pesan yang didasarkan pada simbol-simbol verbal dan nonverbal yang lebih atau kurang dimaksudkan untuk memengaruhi sikap-sikap, nilai-nilai, keyakinan-keyakinan, dan tindakan-tindakan sosial.
Dalam pendekatan campuran (mixed-method), ada beberapa metode yang didiskusikan dalam buku ini. Metode tersebut meliputi analisis resepsi, analisis jaringan komunikasi, dan analisis wacana kritis. Analisis resepsi merupakan suatu pendekatan penelitian yang menggabungkan dua lokus penelitian yaitu teks dan pemaknaan khalayak. Sementara itu, analisis jaringan merupakan suatu prosedur penelitian yang menggunakan logika berpikir teori sistem dimana penelitian jaringan menganalisis kegiatan proses komunikasi sebagai suatu sistem yang saling terhubung satu sama lain. Secara mendasar, analisis jaringan bisa diterapkan dalam dua konteks, yaitu konteks sosial/komunitas dan konteks organisasi. Analisis jaringan yang digunakan pada konteks sosial fokus pada memahami aliran informasi terkait isu spesifik yang terdapat di dalam suatu komunitas tertentu. Sedangkan analisis jaringan komunikasi pada level organisasi biasanya digunakan untuk melihat budaya komunikasi yang berlangsung pada suatu organisasi terutama alur komunikasi informal. Berbeda dari analisis jaringan, analisis wacana kritis melihat “bahasa sebagai praktik sosial” dan mempertimbangkan “penggunaan konteks bahasa” sebagai hal yang penting. Jika kita melihat bahasa sebagai wacana dan praktik sosial, maka kita tidak hanya menganalisis teks atau menganalisis proses produksi dan interpretasi, tetapi juga menganalisis hubungan antara teks, proses produksi, dan kondisi sosialnya.
Buku Memahami Metode Penelitian Komunikasi ini ditutup dengan tulisan mengenai landasan etis dalam penelitian sosial (komunikasi). Penelitian sosial berlangsung dalam suatu konteks sosial. Karenanya, peneliti perlu memberi perhatian pada pertimbangan etis dan politis disamping pertimbangan ilmiah dalam merancang dan melaksanakan penelitiannya. Namun, seringkali, jawaban yang jelas untuk isu etis dan politis sulit untuk diperoleh. Bagian dari keberhasilan hidup dalam masyarakat adalah mengetahui apa yang masyarakat anggap sebagai sesuatu yang etis dan tidak etis. Hal yang sama berlaku untuk komunitas penelitian sosial. Oleh karena itu, siapa pun yang terlibat dalam penelitian sosial perlu menyadari kesepakatan umum yang dipertukarkan oleh para peneliti tentang apa yang pantas dan tidak pantas dalam pelaksanaan penelitian ilmiah (scientific inquiry).
—–
Daftar Isi
Memahami Paradigma Dalam Penelitian Komunikasi
A. Pendahuluan
B. Deskripsi Konseptual
C. Prosedur Penelitian
D. Contoh Penelitian
Daftar Pustaka
Riset Dan Proses Riset
A. Pendahuluan
B. Pembahasan Proses Penelitian Ilmiah
C. Kesimpulan
Daftar Pustaka
Metode Survei
A. Pendahuluan
B. Kerangka Konsep
C. Penelitian Survei Parental Mediation pada Orang Tua di Semarang Memahami Metode Penelitian Komunikasi
D. Kesimpulan
Daftar Pustaka
Metode Eksperimen
A. Pendahuluan
B. Kerangka Pemikiran
C. Penelitian Kuasi Eksperimen Dampak Video Bahaya Merokok
D. Penutup
Daftar Pustaka
Metode Analisis Isi Kuantitatif
A. Pendahuluan
B. Karakteristik Analisis Isi
C. Prosedur Analisis Isi
D. Catatan Penutup
Referensi
Analisis Semiotika: Roland Barthes
A. Pendahuluan
B. Penjelasan Konseptual
Daftar Pustaka
Metode Analisis Framing Berita: Eksplorasi Pada Berbagai Pendekatan
A. Pendahuluan
B. Contoh Penelitian Menggunakan Analisis Framing
Daftar Pustaka
Analisis Bingkai Robert Entman
A. Pendahuluan
B. Penjelasan Konseptual
C. Prosedur
D. Contoh Penelitian
E. Riset Penulis
Daftar Pustaka
Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough
A. Analisis Wacana Kritis (CDA): Sebuah Pengantar
B. Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough
C. Prosedur Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough
D. Praktik Penerapan CDA
Daftar Pustaka
Metode Studi Kasus
A. Pendahuluan
B. Deskripsi Konseptual
C. Prosedur Penelitian Studi Kasus
C. Contoh Penelitian Studi Kasus
Daftar Pustaka
Memahami Retorika Dan Dramatisme Kenneth Burke
A. Pendahuluan
B. Deskripsi Konseptual
C. Prosedur Penelitian
D. Contoh Penelitian
D. Penutup
Daftar Pustaka
Etnografi Komunikasi: Sebuah Pengantar
A. Pendahuluan
B. Deskripsi Konsepual: Kode-kode Tuturan dalam Konteks Etnografi Komunikasi
C. Langkah-Langkah Penelitian Etnografi Komunikasi
D. Contoh Penelitian
Referensi
Analisis Semiotika Naratif Dalam Penelitian Komunikasi
A. Pendahuluan
B. Deskripsi Konseptual
C. Prosedur Penelitian
D. Contoh Penelitian
Daftar Pustaka
Analisis Jaringan Komunikasi: Sebuah Pengantar
A. Pendahuluan
B. Deskripsi Konseptual
1. Analisis Jaringan komunikasi: Jaringan Komunitas/masyarakat
C. Prosedur Penelitian
D. Contoh Penelitian
E. Kesimpulan
Daftar Pustaka
Mengkaji Khalayak Media Menggunakan Metode Penelitian Resepsi
A. Pendahuluan
B. Deskripsi Konseptual
C. Prosedur Penelitian
D. Contoh Penelitian Analisis Resepsi
E. Penutup
Daftar Pustaka
Etika Penelitian Sosial
A. Pendahuluan
B. Kasus pelanggaran etika penelitian dahulu dan sekarang
C. Prinsip etika dan praktik profesional peneliti sosial
D. Komunitas Ilmiah
E. Penutup
Referensi
Memahami Metode Penelitian Komunikasi
Berat | 640 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 890 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Judul : ANALISIS TEKS MEDIA Pengarang : ALEX SOBUR, DRS., MSI. Tahun : Cet I, November 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, 200 hal + xii ISBN : 979-692-142-1 Sinopsis : Berita yang diterbitkan media massa tidaklah identik dengan peristiwa yang melatarbelakanginya. Berita lebih merupakan upaya rekonstruksi tertulis terhadap suatu realitas…. selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Penulis: Edi Suryadi, Dr., M.Si. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 172 Halaman ISBN: 978-602-446-272-7 Sinopsis : Mengapa pemimpin organisasi kelembagaan membutuhkan strategi komunikasi? Lalu, apa hubungannya dengan visi dan misi yang terwujud dengan efektif dan efisien? Untuk mempelajarinya terkadang kajian… selengkapnya
Rp 40.800 Rp 51.00020%
Penulis: Eriyanto, Dr., M.Si. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 296 Halaman ISBN: 978-602-446-636-7 Sinopsis : Buku ini merupakan pengantar dalam memahami Metode Analisis Jejaring Wacana (diterjemahkan dari Discourse Network Analysis/DNA). Metode DNA adalah metode yang digunakan untuk memetakan wacana (discourse) dan aktor,… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.00020%
Judul : MENULIS ARTIKEL & KARYA ILMIAH Pengarang : TOTOK DJUROTO Tahun : Cet 8, 2017 Dimensi : 11 x 18 cm, HVS 70 gr, xvi + 184 halaman ISBN : 979-692-152-9 Sinopsis : Menulis artikel dan karya ilmiah saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan, baik bagi para profesional maupun masyarakat pada umumnya. Buku ini… selengkapnya
Rp 32.000 Rp 40.00020%
Filsafat Komunikasi Tradisi Fenomenologi Alex Sobur, M.Sc Cet-1, 2013 HVS 70 gr, 16 X 24 cm, 512 Hlm ISBN : 978-979-692-155-3 Sinopsis : Endorsement Filsafat Komunikasi: Sebuah “masterpiece” yang mengajak kita ikut menyelam ke kedalaman filsafat komunikasi. Karenanya, buku ini penting dibaca bagi siapa saja yang ingin menemukan esensi komunikasi. Prof. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D…. selengkapnya
Rp 92.000 Rp 115.00020%
Penulis: Welly Wirman, Dr., M.Si. Cetakan: 1, 2023 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 160 Halaman ISBN: 978-602-446-663-3 Sinopsis: Pengembangan kepibadian membantu individu untuk menanamkan kualitas positif. Kepribadian seseorang mengacu pada penampilan, karakteristik, sikap, pola pikir dan perilakunya dengan orang lain. Kepribadian mempersiapkan individu dan membantunya… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
Penulis: Deddy Mulyana, Prof., Dr. Cetakan: 1, 2023 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: Book paper 57,5 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 584 Halaman Sinopsis: Buku ini merupakan dasar-dasar atau pengantar Ilmu Komunikasi yang selama beberapa dasawarsa ini merupakan disiplin ilmu yang sangat populer di Indonesia. Isinya merupakan taksonomi Ilmu Komunikasi yang dimulai… selengkapnya
Rp 128.000 Rp 160.00020%
Judul : HUMAN COMMUNICATION 1 Pengarang : STEWART L.TUBBS & SYLVIA MOSS Tahun : Cet 3, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, xv + 256 halaman ISBN : 979-514-577-0 Sinopsis : Banyak penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang efektif memberikan keuntungan dalam mencapai tujuan pribadi dan pekerjaan. Komunikasi yang efektif merupakan keahlian… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Penulis: Reydonnyzar Moenek, Dr. Drs., M.Devt.M. Dr. H., Dadang Suwanda, S.E. M.M., M.Ak., Ak., CA., Wirman Syafri, Prof. Dr. H., M.Si.Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 128 Halaman ISBN: 978-602-446-409-7 Sinopsis : Tujuan utama otonomi daerah adalah meningkatkan kesejahteraan kepada masyarakat, pemberdayaan masyarakat,… selengkapnya
Rp 36.000 Rp 45.00020%
Alex Sobur, Drs., M.Si. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 384 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-452-3 Sinopsis : Endorsement: Buku karya Alex Sobur—akademisi dari Fikom Universitas Islam Bandung—ini menarik, karena menyajikan sesuatu yang ‘baru’ dalam studi komunikasi, yaitu ‘komunikasi naratif.’ Secara konseptual, gagasan tentang komunikasi naratif merupakan wilayah kajian dalam… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.