Evaluasi Program Teori dan Praktek Dalam Konteks Pendidikan dan Nonpendidikan
Rp 112.000 Rp 140.000Kode | RR.PK0400 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Evaluasi Program Teori dan Praktek Dalam Konteks Pendidikan dan Nonpendidikan
Penulis: Zainal Arifin, H., Dr., M.Pd.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
384 Halaman
ISBN: 978-602-446-336-6
Sinopsis :
Program adalah rencana dari sebuah sistem. Suatu rencana perlu dituangkan secara tertulis sehingga dapat dipelajari oleh semua pihak yang terlibat. Dalam praktiknya, sering kali pelaksanaan suatu kegiatan (program atau proyek) tidak sesuai dengan rencana tertulis karena berbagai faktor. Misalnya, ada program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari pemerintah pusat untuk setiap sekolah. Masalahnya, mengapa setiap sekolah menerima dana BOS dengan jumlah yang berbeda? apakah dana tersebut betul-betul digunakan untuk kepentingan sekolah? Masalah seperti tadi tidak bisa dijawab dengan “kira-kira” karena dapat menimbulkan fitnah, harus ada bukti secara empiris. Untuk itu, perlu dilakukan evaluasi program secara komprehensif.
Buku ini menawarkan berbagai gagasan, baik secara teoretis maupun praktis kepada para pembuat kebijakan (pimpinan instansi, kepala sekolah, pengawas, dan guru) untuk memahami segala sesuatu mengenai evaluasi program, termasuk di dalamnya monitoring dan evaluasi (monev) program. Jika semua pihak memahami evaluasi program, diharapkan kualitas pelaksanaan program akan semakin baik dan pada gilirannya tujuan pembangunan akan tercapai secara merata dan adil. Hal ini sesuai dengan tujuan evaluasi program itu sendiri, yaitu untuk pengendalian, penjaminan dan penetapan mutu (nilai dan arti) suatu program, berdasarkan kriteria dan pertimbangan tertentu dalam rangka membuat suatu keputusan dan pertanggungjawaban dalam melaksanakan program.
—
Daftar Isi
Bab 1 KONSEP DASAR EVALUASI PROGRAM
A. Arti Evaluasi Program
B. Tujuan, Fungsi, dan Ruang Lingkup Evaluasi Program
C. Prinsip dan Karakteristik Evaluasi Program
D. Jenis Evaluasi Program
E. Prosedur Evaluasi Program
F. Evaluasi, Penelitian, dan Akuntabilitas
Bab 2 ANATOMI EVALUASI PROGRAM
A. Deskripsi
B. Kriteria
C. Pertimbangan
D. Keputusan
Bab 3 PERENCANAAN DAN DESAIN EVALUASI PROGRAM
A. Konsep Perencanaan Evaluasi
B. Arti dan Fungsi Desain Evaluasi
C. Pentingnya Analisis Kebutuhan
D. Sistematika Desain Evaluasi Program
E. Proposal Evaluasi Program
F. Desain Evaluasi Kualitatif
Bab 4 INSTRUMEN EVALUASI PROGRAM
A. Tes
B. Nontes
C. Validitas dan Reliabilitas
Bab 5 PENDEKATAN DAN MODEL EVALUASI PROGRAM
A. Pendekatan Evaluasi Program
B. Model-Model Evaluasi Program
C. Model Evaluasi Kirkpatrick untuk Program Pelatihan
D. Penilaian Kinerja
Bab 6 MONITORING DAN EVALUASI PROGRAM
A. Konsep Monitoring dan Evaluasi Program
B. Kedudukan Monitoring dan Evaluasi dalam Program
C. Pendekatan dan Isu Monitoring
D. Kerangka Kerja Konseptual Sistem Monev
E. Pengembangan Sistem Monev Program
F. Contoh Aplikasi Monev Program
Bab 7 EVALUASI DIKLAT
A. Pengertian dan Tujuan Evaluasi Diklat
B. Prinsip dan Standar Evaluasi Diklat
C. Desain Evaluasi Diklat
D. Objek Evaluasi Diklat
E. Metode Evaluasi Diklat
F. Prosedur Pengembangan Evaluasi Diklat
G. Mekanisme Evaluasi Akuntabilitas Kinerja
H. Contoh Instrumen Evaluasi Diklat
Bab 8 METODE EVALUASI
A. Pendekatan dan Metode Evaluasi
B. Sumber Data: Populasi dan Sampel
C. Teknik Pengumpulan Data
D. Analisis Data
E. Tradisi dalam Evaluasi Kualitatif
Bab 9 METODE KAJIAN CEPAT UNTUK EVALUASI PROGRAM
A. Konsep Kajian Cepat (Rapid Appraisal)
B. Faktor-Faktor yang Perlu Dipertimbangkan
C. Contoh Kajian Cepat
D. Instrumen Kajian Cepat
E. Ringkasan Hasil Kajian Cepat
F. Rekomendasi
Bab 10 ANALISIS DATA
A. Menyusun Daftar Distribusi Frekuensi
B. Menghitung Rata-Rata, Median, Modus, dan Simpangan Baku
C. Analisis Korelasi
D. Uji Perbedaan Dua Rata-Rata (Uji-t)
E. Uji Kai-Kuadrat
Bab 11 EVALUASI META
A. Arti dan Fungsi Evaluasi Meta
B. Evaluasi Meta: Eksternal dan Internal
C. Standar untuk Evaluasi Meta
D. Prosedur Pengembangan Evaluasi Meta
E. Masalah Evaluasi dan Pemecahannya
F. Kontribusi Evaluasi Meta terhadap Evaluasi Program
Bab 12 LAPORAN EVALUASI PROGRAM
A. Teknik Menyusun Laporan
B. Sistematika Laporan Evaluasi
C. Teknik Pengetikan
D. Teknik Kutipan
E. Teknik Menyusun Daftar Pustaka
Tags: Evaluasi Program, Evaluasi Program Nonpendidikan, Evaluasi Program Pendidikan, Konteks Pendidikan dan Nonpendidikan, Kurikulum Evaluasi Program, Manfaat Evaluasi Program, Metode Evaluasi Program, Teknik Evaluasi Program, Teori dan Praktek Evaluasi Program, Tujuan Evaluasi Program
Evaluasi Program Teori dan Praktek Dalam Konteks Pendidikan dan Nonpendidikan
Berat | 700 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 699 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
Penulis: Lexy J. Moleong, Dr. M.A. Cetakan: 37, 2017 Ukuran: 16×24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 310 gr. Halaman: 424 halaman ISBN: 979-514-051-5 Sinopsis: Sejatinya sebuah penelitian adalah untuk menemukan kebenaran. Kebenaran yang bukan dibenar-benarkan, tapi kebenaran yang memang benar-benar, benar. Karena kebenaran itulah yang akan dijadikan landasan bertindak. Bukan atas… selengkapnya
Rp 110.00020%
Judul : PRINSIP & TEKNIK EVALUASI PENGAJARAN Pengarang : M. NGALIM PURWANTO Tahun : Cet 10, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, x + 166 halaman ISBN : 979-514-127-9 Sinopsis : Buku ini menjawab segala masalah yang bertalian dengan pengetesan dan pengevaluasian hasil belajar siswa/mahasiswa, sekaligus mengevaluasi hasil pengajaran siswa/mahasiswa, bahkan… selengkapnya
Rp 41.600 Rp 52.000Penulis: Sapriya, M.Ed., Prof. Dr. Cetakan: 11 (Revisi), 2024 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 256 Halaman ISBN: 978-602-446-739-5 Sinopsis: Peranan lembaga pendidikan tinggi sudah sepantasnya memberikan fasilitasi untuk meningkatkan mutu luaran pendidikan di tanah air sejalan dengan pendekatan Outcomes- Based Education (OBE). Buku yang… selengkapnya
Rp 86.00020%
A. Muchtar Ghazali, dkk. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 320 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-725-8 Sinopsis : Reformasi di negara kita muncul sebagai upaya untuk mengoreksi kelemahan-kelemahan masa lalu dan melakukan upaya-upaya perbaikan untuk masa kini dan mendatang dalam berbagai sektor kehidupan. Buku ini membahas pokok pembelajaran Pendidikan Pancasila… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Prof. Dr. Nana Syaodih S. Cet. 9, Tahun 2013 Dimensi : HVS 60 GR, 16 X 24 cm, 336 Hlm ISBN : 979-692-486-2 Sinopsis: Kebutuhan akan pendidikan yang semakin membaik, yang mampu meningkatkan kualitas bangsa, mengembangkan karakter, memberikan keunggulan dan kemampuan berkreasi, semakin dirasakan urgensinya. Otonomi di bidang pendidikan memberikan kesempatan wewenang untuk melakukan berbagai… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Penulis: Yuni Sugiarti, S.T., M.Kom. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 272 Halaman ISBN: 978-602-446-228-4 Sinopsis: Mengapa menguasai Java sejak dini adalah investasi penting bagi masa depan? Buku ini yang akan mengupas tuntas teknis penggunaan data base, Unified Modelling Language (UML),… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Nanang Arif Guntoro, DR., Msi. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 248 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-129-4 Sinopsis: Ilmu pengetahuan murni dan ilmu pengetahuan terapan merupakan dua hal yang saling berhubungan satu sama lain. Ilmu terapan tidak akan bisa berkembang tanpa adanya ilmu pengetahuan murni, dan sebaliknya ilmu pengetahuan murni… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Penulis: Syamsu Yusuf, Prof., Dr., H., L.N., M.Pd. Nani M. Sugandhi, Dr., M.Pd. Aas Saomah, Dra., M.Si. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 340 Halaman ISBN: 978-602-446-593-3 Sinopsis: Remaja (dalam hal ini siswa SLTP dan SLTA) memiliki peranan penting dalam masyarakat. Mereka adalah… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.00020%
Penulis: Nanang Priatna, H., Prof., Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 352 Halaman ISBN: 978-602-446-304-5 Sinopsis : Mengapa matematika diakui sebagai tolok ukur utama untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang? Hal ini sesuai dengan karakteristik matematika sebagai ilmu yang bersifat… selengkapnya
Rp 100.800 Rp 126.00020%
Penulis: Dr. Rohmat Mulyana, M.Pd Dr. Umiarso, M.Pd.I Cetakan: 1, 2023 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 316 Halaman ISBN: 978-602-446-xxx-x Sinopsis: Buku ini disusun untuk mengejawantahkan spirit profetik nilai-nilai pendidikan Islam, yakni: nilai integratif keilmuan Islam. Kerenanya, upaya ini memunculkan sikap kritis terhadap konstruksi teori-teori… selengkapnya
Rp 78.400 Rp 98.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.