Bimbingan Dan Konseling Remaja
Rp 80.000 Rp 100.000Kode | RR.PK0470 |
Stok | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Bimbingan Dan Konseling Remaja
Penulis:
Syamsu Yusuf, Prof., Dr., H., L.N., M.Pd.
Nani M. Sugandhi, Dr., M.Pd.
Aas Saomah, Dra., M.Si.
Cetakan: 1, 2021
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
340 Halaman
ISBN: 978-602-446-593-3
Sinopsis:
Remaja (dalam hal ini siswa SLTP dan SLTA) memiliki peranan penting dalam masyarakat. Mereka adalah harapan bangsa dan calon pemimpin masa depan. Oleh karena itu, perlu dikembangkan potensi dirinya yang berdimensi biopsikososiospiritual sebagai pribadi yang utuh. Saat ini, remaja membutuhkan perhatian eksplisit karena terjadi fenomena yang sangat mengkhawatirkan di kalangan remaja seperti: kecanduan narkoba, terlibat dalam berbagai kejahatan, putus sekolah, terlibat kenakalan, percobaan bunuh diri, menderita kecemasan, dan depresi. Salah satu solusi dalam mencegah atau mengatasi kondisi tersebut adalah layanan bimbingan dan konseling di sekolah.
Penyelenggaraan bimbingan dan konseling (BK) diorientasikan untuk membantu atau memfasilitasi remaja agar mampu mengembangkan potensi dirinya (fisik, emosi, intelektual, dan moral-spiritual) secara optimal. Harapannya, individu-individu muda ini akan menjadi sosok pribadi yang produktif (maslahat personal) dan berkontribusi (maslahat sosial) dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Penyelenggaraan bimbingan dan konseling akan berjalan efektif apabila ada jalinan kerja sama antara pihak yang berkepentingan yaitu kepala sekolah, guru-guru, guru BK atau konselor, dan orang tua peserta didik.
Buku ini disusun dengan maksud membantu guru BK atau konselor dan orang tua dalam rangka memfasilitasi perkembangan anak atau siswa. Di samping itu, buku ini bermanfaat bagi para dosen yang mengajar BK Remaja dan Mahasiswa dari Program Studi Bimbingan dan Konseling. Kehadiran buku ini, mudah-mudahan dapat memberikan kontribusi yang bermakna bagi peningkatan mutu layanan bimbingan dan konseling di sekolah.
—————
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
A. Urgensi Bimbingan dan Konseling bagi Remaja
B. Manfaat Layanan Bimbingan dan Konseling
BAB II KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH (USIA REMAJA)
A. Karakteristik Aspek-Aspek Perkembangan Remaja
B. Tugas-Tugas Perkembangan Remaja
BAB III ISU-ISU MUTAKHIR MASALAH REMAJA DAN UPAYA PENCEGAHANNYA
A. Masalah Khusus Peserta Didik
B. Masalah-Masalah Perilaku Menyimpang (Amoral) Remaja
BAB IV KONSEP BIMBINGAN DAN KONSELING
A. Pengertian Bimbingan dan Konseling
B. Tujuan Bimbingan dan Konseling
C. Fungsi Bimbingan
D. Prinsip-Prinsip Bimbingan
E. Bidang (Ragam) Bimbingan dan Konseling
F. Tugas atau Tanggung Jawab Konselor
G. Komponen atau Struktur Program
BAB V BIMBINGAN PENGEMBANGAN ASPEK-ASPEK KEPRIBADIAN REMAJA
A. Bimbingan Pengembangan Karakter
B. Bimbingan Pengembangan Identitas Diri (Self-Identity)
C. Bimbingan Pengembangan Harga Diri (Self-Esteem)
D. Bimbingan Pengembangan Pengendalian Diri (Self-Control)
E. Bimbingan Pengembangan Efikasi Diri (Self-Efficacy)
F. Bimbingan Pengembangan Kepercayaan Diri (Self-Convidence)
G. Bimbingan Pengembangan Resiliensi (Resiliency)
H. Bimbingan Pengembangan Kemampuan Berpikir
I. Bimbingan Pengembangan Kesejahteraan (Well-Being)
Tags: Bimbingan Remaja, emaja, Intervensi Konseling, Kesehatan Mental Remaja, Keterampilan Konseling, Konseling Remaja, Konselor Remaja, Masalah Remaja, Pengembangan Diri Remaja, Perkembangan Remaja, psikologi
Bimbingan Dan Konseling Remaja
Berat | 550 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 591 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Sitepu, Prof., Dr., B.P., MA. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 292 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-701-2 Sinopsis : Jurnal ilmiah merupakan media komunikasi bagi para ilmuan, calon ilmuan, dan pemerhati dalam disiplin ilmu tertentu. Jurnal memuat laporan penelitian dalam bentuk artikel yang diperlukan oleh masyarakat ilmiah sebagai rujukan dalam… selengkapnya
Rp 55.200 Rp 69.00020%
E. Mulyasa, Prof., Dr., H., M.Pd., dkk. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 288 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-736-4 Sinopsis: Pembelajaran di sekolah ternyata sangat lambat dalam mengikuti perubahan-perubahan yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat. Banyak dari tradisi pembelajaran, mulai dari cara menyusun tempat duduk sampai keterikatan yang berlebihan pada… selengkapnya
Rp 54.400 Rp 68.00020%
Judul : MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA Pengarang : HERUMAN, S.PD. Tahun : Cet-1 tahun 2007 Dimensi : 16X24 cm, HVS-70 Gram, 200 Hlm Sinopsis: Selama ini terbentuk kesan umum bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan juga menakutkan. Nyatanya memang demikian banyak sekali siswa yang tidak menyukainya. Padahal, sesungguhnya unsur-unsur matematika itu menyertai kita dalam… selengkapnya
Rp 41.600 Rp 52.00020%
Judul : LANDASAN MANAJEMEN PENDIDIKAN Pengarang : NANANG FATTAH Tahun : Cet 5, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, viii + 126 halaman ISBN : 979-514-592-4 Sinopsis : Sebagian masyarakat dari dunia pendidikan mengklalim bahwa salah satu faktor penyebab rendahnya kualitas sumber daya manusia di negara kita adalah menyangkut sistem dan… selengkapnya
Rp 30.400 Rp 38.00020%
Prof. Dr. Nanang Fattah 16 x 24 cm • 320 hlm Kertas isi HVS 70 gr Kertas sampul AC 210 gr Cetakan 1, 2012 ISBN: 978-979-692-076-1 Sinopsis : Sistem pendidikan nasional atau Sisdiknas merupakan acuan dalam pembuatan analisis kebijakan dan manajemen pendidikan baik di tingkat nasional, regional, maupun tingkat sekolah. Seperti kita ketahui pendidikan nasional… selengkapnya
Rp 58.400 Rp 73.00020%
Penulis: Sri Suhita, Dra., M.Pd. dan Rahmah Purwahida, S.Pd., M.Hum. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 148 Halaman ISBN: 978-602-446-271-0 Sinopsis: Apakah menikmati dan mengapresiasi sastra merupakan sesuatu yang sulit bagi mahasiswa baru? Apa ia membutuhkan persiapan khusus? Tidak semua orang… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Ismet Basuki, Prof., Dr., dkk. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 252 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-471-4 Sinopsis : Penilaian merupakan komponen penting dalam dunia pendidikan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan upaya peningkatan kualitas sistem pembelajaran dan kualitas sistem penilaiannya. Penilaian memiliki peran yang sangat penting dalam kualitas… selengkapnya
Rp 48.800 Rp 61.00020%
Syamsu Yusuf LN, Prof., Dr., M.Pd. dan A. Juntika Nurihsan, M.Pd., D Cetakan 5, Tahun 2013 Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 979-692-797-7 Sinopsis : Innama bu’itstu li utammima makaarima-I akhlaaqi; sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak (Muhammad SAW) Kepribadian sesuatu yang selalu menarik perhatian banyak pihak, sepanjang masa. Dalam pergaulan masyarakat… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Prof. Dr. Wardi Bachtiar, M.A 16 x 24 cm – 372 hlm Kertas Isi HVS 70 gr – Sampul AC 210 gr Cetakan 4, 2013 ISBN: 979-692-671-7 Sinopsis : Buku ini membicarakan gagasangagasan segar dalam bidang sosiologi sejak periode awal kelahirannya hingga pemikiran yang mengedepankan teori kontemporer. Beberapa tokoh penting juga ditampilkan dalam berbagai pemikirannya… selengkapnya
Rp 68.800 Rp 86.00020%
Judul : PSIKOLOGI KEPENDIDIKAN Pengarang : ABIN SYAMSUDDIN MAKMUN,M. Tahun : Cet 4, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, vi + 250 halaman ISBN : 979-514-596-7 Sinopsis: Buku ini akan menuntun para calon guru untuk memahami psikologi kependidikan yang relevan dengan tugasnya kelak lewat sistem pengajaran modul. Pemilihan dan penyusunan pokok… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.