Bimbingan dan Konseling Di Perguruan Tinggi
Rp 46.400 Rp 58.000Kode | RR.PK0453 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Bimbingan dan Konseling Di Perguruan Tinggi
Penulis: Syamsu Yusuf LN., Prof., Dr., H., M.Pd., Nani M. Sugandhi, Dr.
Cetakan: 1, 2020
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
Halaman : 196 Halaman
ISBN: 978-602-446-484-4
Sinopsis:
Mahasiswa memiliki peranan penting dalam estafet kepemimpinan dan perjuangan membangun bangsa dan negara yang berdaulat, maju, kuat, bermartabat, berkeadilan, dan sejahtera. Maka sudah seharusnya mahasiswa dipersiapkan untuk memiliki kemampuan menghadapi tantangan kehidupan bangsa yang semakin kompleks dan melanjutkan pembangunan bangsa. Untuk itu, proses pendidikan di perguruan tinggi perlu menyinergikan semua komponen yang memfasilitasi perkembangan sosok pribadi mahasiswa. Komponen pendidikan itu meliputi kepemimpinan (leadership), pembelajaran (instructional), dan layanan bimbingan dan konseling (guidance and counseling).
Penyelenggaraan bimbingan dan konseling di perguruan tinggi diorientasikan untuk memudahkan mahasiswa dalam mengembangkan potensi dirinya sebagai makhluk biopsikososiospiritual. Hal lain yang menjadi fokus dalam layanan bimbingan dan konseling di perguruan tinggi adalah mengembangkan kompetensi, kecakapan, atau karakter mahasiswa.
Buku ini disusun dengan maksud untuk mewujudkan salah satu komponen pendidikan yaitu layanan bimbingan dan konseling di perguruan tinggi. Kehadiran buku ini mudah-mudahan dapat memberikan kontribusi yang bermakna bagi para dosen konselor, dosen akademik, atau stakeholder lainnya yang bertanggung jawab untuk melaksanakan program bimbingan dan konseling di perguruan tinggi.
———–
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
A. Urgensi Bimbingan dan Konseling bagi Mahasiswa
B. Pengembangan Peran Mahasiswa dalam Kehidupan Sosial
BAB II KARAKTERISTIK MAHASISWA
A. Posisi Mahasiswa dalam Rentang Fase Perkembangan Individu
B. Aspek-Aspek Perkembangan Usia Mahasiswa (Fase Dewasa Awal)
C. Tugas-Tugas Perkembangan Usia Mahasiswa sebagai Fase Usia Dewasa Awal
BAB III KESEHATAN MENTAL MAHASISWA
A. Pengertian Kesehatan Mental
B. Urgensi Kesehatan Mental
C. Karakteristik Mental yang Sehat dan Tidak Sehat
D. Masalah Kesehatan Mental Mahasiswa
BAB IV PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI PERGURUAN TINGGI
A. Permulaan Layanan Bimbingan dan Konseling
B. Pengertian Bimbingan dan Konseling
C. Kebutuhan dan Pentingnya Bimbingan dan Konseling
D. Manfaat Bimbingan dan Konseling
E. Tujuan Bimbingan dan Konseling
F. Fungsi Bimbingan
G. Prinsip-Prinsip Bimbingan
H. Bidang (Ragam) Bimbingan dan Konseling
I. Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Berbagai Negara
J. Implementasi Program Bimbingan dan Konseling
Tags: Bimbingan, BimbinganDisertasi, BimbinganSkripsi, BimbinganTesis, KarirMahasiswa, KesehatanMentalMahasiswa, KesejahteraanMahasiswa, Konseling, KonselingAkademik, KonselingKarir, KonselingOnline, KonselingPendidikan, KonselingPerkuliahan, KonselingPribadi, KonselingPsikologi, KonselingSosial, KonselorPendidikan, Mahasiswa, PerguruanTinggi, PsikologiPendidikan
Bimbingan dan Konseling Di Perguruan Tinggi
Berat | 350 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 463 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Judul : MIKROBIOLOGI: PERKEMBANGAN, KAJIAN, DAN PENGAMATAN Pengarang : IR. H.M. SUBANDI, M.P., DR., D Tahun : November, 2010 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 252 halaman ISBN : 978-979-692-014-3 Sinopsis : Perkembangan mikrobiologi katanya diawali dengan keberhasilan Anthony van Leeuwenhoek membuat mikroskop. Perkembangan alat optik modern ini sebenarnya tidak lepas dari seorang pionir penemu… selengkapnya
Rp 39.200 Rp 49.00020%
Sa’dun Akbar, Prof., Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 172 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-169-0 Sinopsis : Kurikulum pendidikan Indonesia kerap berubah, sementara praktik pembelajarannya cenderung tetap. Kondisi ini menuntut guru, calon guru, peneliti pendidikan, pengelola pendidikan, termasuk mahasiswa ilmu kependidikan selayaknya mampu mengembangkan perangkat pembelajaran secara maksimal,… selengkapnya
Rp 40.800 Rp 51.00020%
Judul : MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA Pengarang : HERUMAN, S.PD. Tahun : Cet-1 tahun 2007 Dimensi : 16X24 cm, HVS-70 Gram, 200 Hlm Sinopsis: Selama ini terbentuk kesan umum bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan juga menakutkan. Nyatanya memang demikian banyak sekali siswa yang tidak menyukainya. Padahal, sesungguhnya unsur-unsur matematika itu menyertai kita dalam… selengkapnya
Rp 48.000 Rp 60.00020%
Dr. Ira Puspitawati, M.Si., Psikolog, Iriani Indri Hapsati, M.Psi., Ratna Dyah Suryaratri, M.Si. 16 x 24 cm • 220 hlm Kertas isi HVS 70 gr Kertas sampul AC 210 gr Cetakan 1, 2012 ISBN: 978-979-692-070-9 Sinopsis : Psikologi faal merupakan salah satu cabang ilmu psikologi yang mengalami perkembangan pesat dalam teori maupun penerapannya. Psikologi faal… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
E. Mulyasa, H., Prof., Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 256 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-603-9 Sinopsis : Kurikulum 2013 hanya dapat diimplementasikan secara efektif oleh guru yang memiliki kompetensi serta memahami tugas pokok dan fungsinya dengan baik. Bagi Guru, Implementasi Kurikulum 2013 yang diberlakukan secara serempak tahun… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Bambang Rustanto, Dr., M.Hum. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 136 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-649-7 Sinopsis: Secara umum pekerjaan sosial memiliki tujuan memberikan pertolongan pelayanan sosial kepada individu, kelompok, dan masyarakat dalam memecahkan berbagai permasalahan yang mereka hadapi, sehingga klien dari seorang pekerja sosial bisa memperoleh alternatif-alternatif pemecahan masalah… selengkapnya
Rp 35.200 Rp 44.00020%
Hendarman, Ir., M.Sc., Ph.D. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 132 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-639-8 Sinopsis : Pengawas sekolah merupakan sumber daya yang seyogianya memiliki keunggulan dan kapasitas di atas kepala sekolah dan rata-rata guru lainnya. Pelayanan yang dilakukan pengawas sekolah merupakan suatu proses yang menjadi keharusan dan dipraktikkan… selengkapnya
Rp 36.000 Rp 45.00020%
Penulis: Prof. Dr. Nana Supriatna, M.Ed., Neni Maulidah, M.Pd. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 352 Halaman ISBN: 978-602-446-518-6 Sinopsis: Di tengah-tengah berkembangnya teknologi informasi yang masif pada abad ini yang ditandai dengan penggunaan artificial intelligence, big data, dan internet of things, hanya… selengkapnya
Rp 104.000 Rp 130.00020%
Judul : PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH Pengarang : H.E.MULYASA, PROF.DR,M.PD. Tahun : Cet-1, Oktober 2009 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 244 halaman ISBN : 979-692-958-9 Sinopsis : Peningkatan kualitas pendidikan yang sedang dilakukan pemerintah sekarang ini tidak hanya terfokus pada guru, tetapi juga kepada pengawas dan kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan sekaligus yang mendorong serta… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Judul : TEORI BELAJAR ORANG DEWASA Pengarang : PROF. DR. ANISAH BASLEMAN, M.S Tahun : Cet. 1, Mei 2011 Dimensi : 16 X 24 cm, 180 hlm, HVS-70 gr, AC-210 ISBN : 978-979-692-045-7 Sinopsis : Teori belajar dan membelajarkan diarahkan untuk memberikan wawasan tentang tujuan serta hakikat kegiatan belajar membelajarkan dan hakikat pendidikan, yaitu mencerdaskan… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.