Apresiasi Sastra Indonesia dan Pembelajarannya
Rp 43.200 Rp 54.000Kode | RR.UM0174 |
Stok | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Apresiasi Sastra Indonesia dan Pembelajarannya
Penulis: Sri Suhita, Dra., M.Pd. dan Rahmah Purwahida, S.Pd., M.Hum.
Cetakan: 1, 2018
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
Halaman : 148 Halaman
ISBN: 978-602-446-271-0
Sinopsis:
Apakah menikmati dan mengapresiasi sastra merupakan sesuatu yang sulit bagi mahasiswa baru? Apa ia membutuhkan persiapan khusus? Tidak semua orang mampu menikmati karya sastra. Bahkan mungkin lebih sedikit lagi orang yang benar-benar bisa mengapresiasi sastra secara pantas, menyelami kedalamannya, mengambil makna dari bacaannya.
Buku ini memaparkan apresiasi sastra Indonesia dengan jernih sekaligus mengajak pembaca makin tergugah menyelami khazanah sastra bangsanya sendiri melalui empat hal utama, yaitu: Konsep dasar apresiasi, beragam bentuk ekspresi apresiasi, teknik evaluasi, dan industri kreatif puisi dan prosa fiksi.
Sebagai pengajar, penulis giat menggugah pembaca agar makin banyak menikmati karya sastra, mengembangkan intelektualitas, mendorong lebih giat mengapresiasi dan berkarya, terutama melalui musikalisasi puisi dan menulis cerita pendek. Buku ini niscaya mampu mengubah mahasiswa yang awalnya kurang suka sastra Indonesia jadi tertantang untuk mengeksplorasi lebih dalam.
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
Bab II Mengenal Puisi, Prosa Fiksi, Dan Apresiasi
A. Deskripsi Singkat
B. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
C. Mengenal Puisi
D. Mengenal Prosa Fiksi
E. Mengenal Apresiasi Sastra
Bab III Pendekatan Apresiasi Puisi Dan Prosa Fiksi
A. Deskripsi Singkat
B. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
C. Pendekatan Puisi
D. Pendekatan Prosa Fiksi
Bab IV Ekspresi Puisi
A. Deskripsi Singkat
B. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
C. Ekspresi Puisi
Bab V Ekspresi Prosa Fiksi
A. Deskripsi Singkat
B. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
C. Ekspresi Prosa Fiksi
Bab VI Publikasi Puisi Dan Prosa Fiksi
A. Deskripsi Mata Kuliah
B. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
C. Publikasi Puisi Dan Prosa Fiksi
D. Tahapan Menyusun Puding Maupun Mading
E. Tahapan Menyusun Antologi Atau Kumpulan Puisi/Cerpen
Tags: Analisis Sastra Indonesia, Apresiasi Sastra Indonesia, Karya Sastra Indonesia, Metode Pembelajaran Sastra Indonesia, Pembelajaran Sastra Indonesia, Penerjemahan Sastra Indonesia, Pengajaran Sastra Indonesia, Sastra Indonesia dalam Pendidikan, Sastra Indonesia sebagai Budaya, Sastra Indonesia sebagai Warisan Budaya, Sastra Indonesia untuk Pendidikan, Sejarah Sastra Indonesia
Apresiasi Sastra Indonesia dan Pembelajarannya
Berat | 350 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 412 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Judul : PSIKOLOGI KEPENDIDIKAN Pengarang : ABIN SYAMSUDDIN MAKMUN,M. Tahun : Cet 4, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, vi + 250 halaman ISBN : 979-514-596-7 Sinopsis: Buku ini akan menuntun para calon guru untuk memahami psikologi kependidikan yang relevan dengan tugasnya kelak lewat sistem pengajaran modul. Pemilihan dan penyusunan pokok… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00020%
Dede Rahmat Hidayat, Dr., dkk. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 200 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-132-4 Sinopsis : Pemahaman tentang pengembangan profesionalitas konselor atau guru bimbingan dan konseling merupakan hal yang sangat diperlukan, mengingat kedudukan konselor atau guru bimbingan dan konseling merupakan pendidik profesional yang bertugas memberikan layanan ahli… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.00020%
Prof. Dr. Muchlas Samani & Drs. Hariyanto, M.S. 16 x 24 cm – 264 hlm Kerts Isi HVS-70 gr – Sampul AC-210 gr Cetakan 6, 2017 ISBN: 978-979-692-065-5 Sinopsis: Buku ini berisi 5 pokok bahasan utama, pertama yaitu peranan penting pendidikan karakter bagi pembangunan bangsa; kedua dasar filosofi dan posisi pendidikan karakter dalam pendidikan nasional;… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
Penulis: Sugandi Miharja, Ph.D. Cetakan: 1, 2023 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 232 Halaman ISBN: 978-602-446-xxx-x Sinopsis: Buku ini memaparkan mengenai bagaimana memahami karyawan sebagai pelaku industry, dari mulai potensi, problematika, hingga solusinya. Pemaparan yang bersifat pengembangan dalam keilmuan disajikan penelitian bimbingan dan konseling industri…. selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Penulis: Zainal Arifin, Dr.s, M.Pd. Cetakan: 10, 2017 Ukuran: 16×24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 210 gr. Halaman: 320 halaman ISBN: 979-692-956-2 Sinopsis: Salah satu komponen penting yang juga merupakan tugas profesional guru dalam pembelajaran adalah melaksanakan evaluasi pembelajaran. Istilah “evaluasi” sengaja digunakan oleh penulis untuk membedakannya dengan istilah “penilaian”. Alasannya,… selengkapnya
Rp 61.600 Rp 77.00020%
Ismet Basuki, Prof., Dr., dkk. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 252 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-471-4 Sinopsis : Penilaian merupakan komponen penting dalam dunia pendidikan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan upaya peningkatan kualitas sistem pembelajaran dan kualitas sistem penilaiannya. Penilaian memiliki peran yang sangat penting dalam kualitas… selengkapnya
Rp 48.800 Rp 61.00020%
Penulis: Kisyani-Laksono, Prof., Dr., Tatag Yuli Eko Siswono, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 264 Halaman ISBN: 978-602-446-200-0 Sinopsis: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu jenis penelitian yang diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan pembeljaran di kelas. Selain… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Prof. Dr. Suyono, M.Pd. 16 x 24 cm • 260 hlm Kertas isi HVS 70 gr Kertas sampul AC 210 gr Cetakan 2, 2011 ISBN: 978-979-692-046-4 Sinopsis: Tidak dapat dipungkiri bahwa sudah banyak buku tentang teori belajar dan pengajaran atau pembelajaran yang beredar. Namun demikian buku ini sengaja melakukan positioning dengan mengedepankan komprehensivitas, yaitu mencoba… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Abdul Madjid, dkk. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 348 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-581-0 Sinopsis : Pelaksanaan pembelajaran akan berjalan efektif apabila didahului dengan penyiapan rencana pembelajaran yang mengacu pada Silabus. Rencana pembelajaran tersebut perlu dikembangkan semaksimal mungkin oleh guru, baik secara individu maupun kelompok, agar kompetensi sikap, pengetahuan,… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Alsuhendra, Dr., Ir., M.Si., Dkk. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 284 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-161-4 Sinopsis : Makanan adalah segala sesuatu yang dapat dimakan. Namun, tidak semua makanan bermanfaat bagi tubuh. Karena berbagai alasan bahan makanan dapat saja mengandung senyawa kimia yang bukan tergolong sebagai zat gizi. Dengan… selengkapnya
Rp 53.600 Rp 67.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.