Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya
Rp 57.600 Rp 72.000Kode | RR.PK0290 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya
Penulis: Mahmud, H., Prof., DR., M.Si. , dkk.
Cetakan: 1, 2015
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
252 Halaman
ISBN: 978-979-692-626-8
Sinopsis:
Pendidikan LIngkungan Soslal Budaya merupakan salah satu Mata Kuliah Dasar (MKD). Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya (PLSB) ini bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan kepribadian serta wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran mahasiswa mengenai berbagai gejala Yang ada dan timbul dalam lingkungan, khususnya gejala-gejala berkenaan dengan masyarakat dan lingkungan. Buku Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya (PLSB) ini merupakan salah satu upaya penyediaan sarana dan prasarana pendidikan yang mencukupi seperti yang diharapkan dalam Undang-Undang Rl No. 20 tahun 2003. Selain itu, juga sebagai salah satu pengayaan bahan perkuliahan Mata Kuliah Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya (PLSB) untuk membantu mahasiswa mendapatkan informasi tentang berbagai aspek yang terkait dengan bidang llmu Sosial Dasar, Ilmu Budaya Dasar, dan ilmu Alamiah Dasar. Materi dalam buku ini mencakup pembahasan tentang individu dalam hubungannya dengan masalah sosial, budaya, lingkungan, dan teknologi. Materi yang dibahas di antaranya tentang manusia sebagai makhluk individu dan sosial, hubungan nilai moral dan hukum, perubahan sosial dan pembangunan, hubungan kebudayaan dan modernisasi, lImu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS) serta hubungan manusia dengan lingkungannya.
—
Daftar Isi
BAB 1 PENDAHULUAN
A. Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya
B. Masalah-Masalah PLSB
C. Ruang Lingkup Studi PLSB
BAB 2 MANUSIA DAN PENDIDIKAN
A. Konsep Manusia
B. Konsep Pendidikan
C. Manusia dan Pendidikan
BAB 3 ESENSI DAN KONSEP DASAR ILMU SOSIAL, BUDAYA, DAN KEALAMAN
A. Pengertian Ilmu
B. Persyaratan Ilmu
C. Esensi dan Konsep Dasar Ilmu Sosial, Budaya, dan Kealaman
BAB 4 MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU DAN SOSIAL
A. Manusia sebagai Makhluk Individu
B. Manusia sebagai Makhluk Sosial
C. Manusia Hubungannya dengan Alam
D. Peranan Manusia sebagai Makhluk Individu dan Sosial
E. Dilema Antara Kepentingan Individu dan Kepentingan Sosial
BAB 5 HAKIKAT NILAI, NORMA, DAN MORAL SOSIAL
A. Nilai Sosial
B. Norma Sosial
C. Moral Sosial
BAB 6 PERANAN HUKUM DALAM KEHIDUPAN DEMOKRASI
A. Hukum
B. Demokrasi
BAB 7 INTERAKSI SOSIAL, KELOMPOK SOSIAL, DAN MASYARAKAT
A. Interaksi Sosial
B. Kelompok Sosial
C. Masyarakat
BAB 8 PERUBAHAN SOSIAL DAN PEMBANGUNAN
A. Perubahan Sosial
B. Dampak Perubahan terhadap Kehidupan Sosial
C. Pembangunan
BAB 9 KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN
A. Keragaman dan Kesederajatan
B. Unsur-unsur Keragaman dalam Masyarakat
C. Perkembangan Kelompok Sosial dalam Masyarakat Multikultural
D. Keanekaragaman Kelompok Sosial dalam Masyarakat Multikultural
E. Pengaruh Keragaman terhadap Kehidupan Beragama, Bermasyarakat, Bernegara, dan Kehidupan Global
F. Manusia beradab dalam Keragaman
G. Faktor-Faktor Terjadinya Perubahan Sosial Budaya
BAB 10 MODERNISASI DAN GLOBALISASI
A. Modernisasi
B. Globalisasi
Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya
Berat | 450 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 45 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Deni Darmawan, S.Pd., M.Si., Dr., Dkk. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 280 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-141-6 Sinopsis : Kita hidup di dunia ini penuh dengan sistem. Mobil Anda merupakan sebuah sistem. Sekolah yang Anda ikuti atau organisasi yang mempekerjakan Anda merupakan sebuah sistem. Sistem bisa didefinisikan sebagai kumpulan/grup… selengkapnya
Rp 58.400 Rp 73.00020%
E. Mulyasa, H., Prof., Dr., M.Pd. Cetakan 9, 2017 16×24 cm, 240 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-447-9 Sinopsis: Kebijakan perubaham kurikulum merupakan politik pendidikan yang berkaitan dengan kepentingan berbagai pihak, bahkan dalam pelaksanaannya seringkali dipolitisasi untuk kepentingan kekuasaan. Di sekolah: guru, kepala sekolah, pengawas dan peserta didik sangat berkepentingan,… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Penulis: Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd., Achmad Setiawan, M.Pd., Aditin Putria, M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 256 Halaman ISBN: 978-602-446-221-5 Sinopsis: Pernahkah Anda mendapati siswa terlihat mudah jenuh ketika pembelajaran berjalan? Buku ini menyorot pentingnya media pembelajaran dan efeknya… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Judul : PSI. PERKEMBANGAN ANAK & REMAJA Pengarang : SYAMSU YUSUF LN. Tahun : Cet 2, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, xii + 220 halaman ISBN : 979-692-000-X Sinopsis : Buku ini merupakan salah satu karya yang layak dijadikan rujukan dalam memahami anak. Penulisnya, mendeskripsikan aspek-aspek perkembangan individu pada setiap… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Judul : LANDASAN MANAJEMEN PENDIDIKAN Pengarang : NANANG FATTAH Tahun : Cet 5, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, viii + 126 halaman ISBN : 979-514-592-4 Sinopsis : Sebagian masyarakat dari dunia pendidikan mengklalim bahwa salah satu faktor penyebab rendahnya kualitas sumber daya manusia di negara kita adalah menyangkut sistem dan… selengkapnya
Rp 34.400 Rp 43.00020%
Penulis: Rohmat Widiyanto, M.Pd. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 144 Halaman ISBN: 978-602-446-445-5 Sinopsis: Proses pendidikan merupakan rangkaian kegiatan yang sangat kompleks dan luas cakupannya. Apabila kita berbicara tentang pendidikan maka kita tidak akan pernah lepas dari aktivitas belajar ataupun proses pembelajaran… selengkapnya
Rp 42.400 Rp 53.00020%
Abdul Madjid, dkk. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 348 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-581-0 Sinopsis : Pelaksanaan pembelajaran akan berjalan efektif apabila didahului dengan penyiapan rencana pembelajaran yang mengacu pada Silabus. Rencana pembelajaran tersebut perlu dikembangkan semaksimal mungkin oleh guru, baik secara individu maupun kelompok, agar kompetensi sikap, pengetahuan,… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Penulis: Dr. Enok Risdayah, M.Ag. Dr. H. Asep Iwan Setiawan, M.Ag. Dr. H. Rohmanur Aziz, M.Ag. Dr. H. Enjang AS, M.Si., M.Ag. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr Kertas sampul: AC 230 gr. 256 Halaman ISBN: 978-602-446-594-0 Sinopsis: Buku ini insyaAllah berbeda dengan buku-buku Sunda yang lainnya,… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Zulela, M.S., Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2012 15×21 cm, 140 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-124-9 Sinopsis: Abad modern menuntut kemampuan membaca dan menulis yang memadai, sehingga bangsa Indonesia dituntut untuk memosisikan dirinya sebagai bangsa yang berbudaya baca tulis. Untuk itu diperlukan upaya pengembangan, baik melalui jalur pendidikan formal maupun… selengkapnya
Rp 27.200 Rp 34.00020%
Ace Suryadi, Prof., M.Sc., Ph.D. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 188 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-492-9 Sinopsis: Secara umum penyusunan buku ini bertujuan untuk menghimpun dan menganalisis kembali berbagai informasi, hasil penelitian, dan hasil analisis kebijakan baik yang dilakukan oleh Balitbang Kemdikbud, institusi lain, maupun oleh perorangan untuk merumuskan… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.