Mengajar dan Membina Kegiatan Pramuka
Rp 69.600 Rp 87.000Kode | RR.PK0434 |
Stok | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Mengajar dan Membina Kegiatan Pramuka
Penulis: Muh. Hizbul Muflihin, Dr., H., M.Pd.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
Halaman : 272 Halaman
ISBN: 978-602-446-399-1
Sinopsis :
Pendidikan kepramukaan bertujuan untuk membentuk kepribadian kaum muda Indonesia yang berbudi pekerti luhur, cerdas, terampil, dan cinta tanah air dan bangsa. Oleh karena itu, seorang pembina pramuka tidak saja harus mampu menjadi teladan bagi adik-adiknya, tetapi juga membutuhkan kemampuan mengelola kegiatan sehingga tujuan gerakan Pramuka dapat tercapai.
Seorang pembina-yang juga sebagai tenaga pendidik-akan dengan mudah dapat menyampaikan materi kepramukaan seperti PAI dan Budi Pekerti jika disampaikan dan dipelajari di alam terbuka dan dikemas dalam bentuk permainan, KIM, dan sandi. Kondisi yang demikian bukan saja menjadikan pembelajaran lebih menarik, tetapi juga berpengaruh terhadap kualitas hasil pembinaan dan latihan.
Buku di tangan kakak dan adik-adik ini dapat memberi informasi tentang bagaimana mempelajari sandi secara visual diskrit dan tambahan materi latihan harian yang terintegrasi dengan materi PAI dan Budi Pekerti. Buku ini akan memperkaya buku rujukan bagi pembina pramuka dalam mengelola latihan dan membekali keterampilan perkemahan, lomba, dan gelar keterampilan di pangkalan masing-masing.
—
Daftar Isi
BAB I BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
B. Konsep Belajar dan Pembelajaran
BAB II KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
A. Pengertian Keterampilan Dasar Mengajar
B. Jenis-Jenis Keterampilan Dasar Mengajar
BAB III PEMBINA PROFESIONAL
A. Merencanakan Program Kegiatan
B. Melaksanakan Kegiatan Latihan
C. Cara Meningkatkan Profesionalisme Diri
BAB IV KEPRAMUKAAN
A. Sejarah Gerakan Pramuka
B. Konsep Kepramukaan, Gerakan Pramuka, dan Pramuka
C. Kiasan Dasar Gerakan Pramuka
D. Salam Pramuka
E. Tanda Pengenal Pramuka
BAB V ASAS DAN LAMBANG GERAKAN PRAMUKA
A. Asas Gerakan Pramuka
B. Lambang Gerakan Pramuka
C. Makna Tanda Pelantikan Pramuka
D. Moral dan Janji Pramuka
BAB VI UPACARA KEPRAMUKAAN
A. Upacara Latihan Harian
B. Upacara Pelantikan
BAB VII MATERI KEGIATAN DAN LATIHAN KEPRAMUKAAN
A. Materi Kegiatan Kepramukaan
B. Latihan Kepramukaan
C. Menguji SKU dan SKK
BAB VIII KONSEP DASAR SANDI
A. Morse dan Metode Pembelajarannya
B. Cara Mengirim Huruf Morse
C. Macam-Macam Sandi Dinamik
BAB IX PENGGUNAAN MATERI AGAMA ISLAM DAN BP DALAM PEMBUATAN SANDI
A. Materi Kesehatan
B. Materi Agama Islam
C. Materi Bahasa
D. Materi Ilmu Pengetahuan Alam
E. Materi Ilmu Pengetahuan Sosial
F. Materi Keterampilan
BAB X PENGETAHUAN UMUM DAN PRAKTIS
A. Peraturan Baris-Berbaris
B. Pertolongan Pertama Kecelakaan (P2K)
C. Tali Temali dan Cara Mendirikan Tenda
D. Cara Menaksir
E. Survival dan Bivak
F. Cara Memasak Nasi
G. Makanan Sehat dan Sempurna
BAB XI MANAJEMEN JELAJAH ALAM
A. Merencanakan Kegiatan
B. Membentuk Regu/Sangga Kerja
C. Menyiapkan Materi Jelajah dan Isi Jawaban
D. Membuat Kunci Jawaban dan Perangkat Administrasi
E. Menjelaskan Mekanisme Tata Kerja
F. Melaksanakan Jelajah Alam
G. Melakukan Evaluasi Penyelenggaraan
Tags: Gerakan Pramuka, Kegiatan Pramuka, Komunitas Pramuka, Materi Pramuka, Membina Kegiatan Pramuka, Mengajar Pramuka, Pelatihan Pramuka, Pembina Pramuka, Pengembangan Karakter Pramuka, Pramuka Indonesia
Mengajar dan Membina Kegiatan Pramuka
Berat | 430 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 501 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Judul : PENILAIAN HASIL PROSES BEL.MENGAJAR Pengarang : NANA SUDJANA Tahun : 2017, Cetakan ke 21 Dimensi : hvs 70 GR, 16 X 24 cm, 180 hlm + ix ISBN : 979-514-000-0 Sinopsis: Apakah siswa telah mencapai hasil yang diharapkan, yaitu sesuai dengan tujuan pengajaran? Apakah nilai yang diperoleh siswa itu benar-benar objektif dan representatif, artinya… selengkapnya
Rp 35.200 Rp 44.00020%
Judul : PRINSIP & TEKNIK EVALUASI PENGAJARAN Pengarang : M. NGALIM PURWANTO Tahun : Cet 10, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, x + 166 halaman ISBN : 979-514-127-9 Sinopsis : Buku ini menjawab segala masalah yang bertalian dengan pengetesan dan pengevaluasian hasil belajar siswa/mahasiswa, sekaligus mengevaluasi hasil pengajaran siswa/mahasiswa, bahkan… selengkapnya
Rp 35.200 Rp 44.00020%
Ahmad Kholil, ST.MT. 16 x 24 cm • 156 hlm Kertas isi HVS 70 gr Kertas sampul AC 210 gr Cetakan 1, 2012 ISBN: 978-979-692-080-8 Sinopsis: Tujuan penggunaan alat berat, yang merupakan faktor penting di dalam proyek-proyek konstruksi dengan skala besar adalah untuk memudahkan manusia dalam mengerjakan pekerjaannya sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai dengan… selengkapnya
Rp 31.200 Rp 39.00020%
Dr. Deni Darmawan, S.Pd., M.Si. 16 x 24 cm, 232 hlm Kertas isi HVS-70 gr Kertas sampul AC-210 gr Cetakan 2, 2011 ISBN: 978-979-692-061-7 Sinopsis: Di dalam buku ini juga dipaparkan peran dari media komputer untuk pembelajaran, hakikat multimedia, serta memproduksinya.Kemudian buku ini akan memandu para pengguna untuk membuat multimedia mulai dari mengembangkan skrip,… selengkapnya
Rp 47.200 Rp 59.00020%
Judul : LANDASAN PSIKOLOGI PROSES PENDIDIKAN Pengarang : NANA SYAODIH S. Tahun : Cet 1, April 2003 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr ISBN : 979-692-240-1 Sinopsis : Inti pendidikan adalah interaksi. Interaksi antara pendidik dan peserta didik. Suatu interaksi yang di dalamnya terjadi proses transfer pemahaman tertentu, yang melibatkan secara simultan… selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.00020%
Benediktus Tanujaya, DR. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 216 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-150-8 Sinopsis: Penelitian dilakukan karena adanya permasalahan yang kita hadapi. Dengan begitu, kita akan terbantu untuk mengambil keputusan yang tepat. Demikian juga dalam kegiatan ilmiah, penelitian dilakukan dengan berbagai prosedur dan standar baku yang telah diuji… selengkapnya
Rp 41.600 Rp 52.00020%
Judul : PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK Pengarang : DESMITA EL-IDHAMI Tahun : Agustus 2009 Dimensi : 16×24, 328 Halaman, HVS-70 Gram ISBN : 979-692-950-3 Sinopsis : Pemahaman tentang karakteristik individu peserta didik ini memiliki arti penting dalam interaksi belajar-mengajar. Bagi seorang guru khususnya, informasi mengenai karakteristik individu peserta didik ini akan sangat berguna dalam memilih… selengkapnya
Rp 61.600 Rp 77.00020%
Penulis: Yuni Sugiarti, S.T., M.Kom. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 272 Halaman ISBN: 978-602-446-228-4 Sinopsis: Mengapa menguasai Java sejak dini adalah investasi penting bagi masa depan? Buku ini yang akan mengupas tuntas teknis penggunaan data base, Unified Modelling Language (UML),… selengkapnya
Rp 56.800 Rp 71.00020%
Penulis: Syefriani Darnis, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2023 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 284 Halaman ISBN: – Sinopsis: Buku Model Pembelajaran Montessori Islami ini hadir dari kepedulian penulis terhadap metode pembelajaran yang sesuai untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Buku ini membahas tentang pengembangan model pembelajaran… selengkapnya
Rp 78.400 Rp 98.00020%
Penulis: Trisna Andarwulan, S.S., M.Pd., Prima Zulvarina, M.Pd., Milatuz Zakiyah, S.Pd., M.A., Muhammad Hambali, S.S., M.Pd., Fitrahayunitisna, M.Pd., Noveria Anggraeni Fiaji, M.Pd., Mokhamad Jainuri, M.Hum., Lilik Wahyuni, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 168 Halaman ISBN: 978-602-446-366-3 Sinopsis : Buku ini… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.