Pengantar Public Relations Kontemporer
Rp 52.800 Rp 66.000Kode | RR.KO0097 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pengantar Public Relations Kontemporer
Penulis: Suwatno, Prof. Dr. H., M.si
Cetakan: 1, 2018
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
Halaman : 244 Halaman
ISBN: 978-602-446-236-9
Sinopsis :
Sebagai sebuah pengantar, buku ini mencoba memberikan konsep-konsep dasar yang mudah dipahami oleh para mahasiswa atau pembelajar pemula di bidang public relations. Mengingat sebagian besar textbook tentang public relations yang ada selama ini cenderung terlalu teoretis maka untuk mengimbanginya buku ini dilengkapi dengan narasi-narasi teknis dan contoh-contoh yang ada di dunia praktis.
Dalam buku ini pendapat para pakar cukup banyak digunakan sebagai basis atau fondasi konseptual dari disiplin public relations, tetapi diulas secara lebih mudah dengan menyebutkan dan mendeskripsikan contoh-contoh yang ada dalam program-program kehumasan sehari-hari. Dalam buku ini juga diangkat isu digitalisasi dalam dunia public relations, di mana saat ini peran internet, media sosial, Web 2.0 hingga Web. 4.0 telah banyak mengubah karakter pola komunikasi kehumasan dalam berbagai organisasi, tidak hanya organisasi kelas global tetapi juga di Indonesia.
Untuk memperkuat pemahaman secara praktis, buku ini dilengkapi dengan studi kasus yang sebagian besar diambil dari kasus-kasus kehumasan nyata yang pernah terjadi di Indonesia.
—-
Daftar Isi
BAB I KONSEP DASAR PUBLIC RELATIONS
A. Definisi Public Relations
B. Public Relations vs Marketing
C. Public Relations vs Advertising
D. Rangkuman
E. Evaluasi
F. Studi Kasus
BAB II SEJARAH PUBLIC RELATIONS
A. Era Tradisional
B. Era Modern
C. Empat Model Public Relations
D. Rangkuman
E. Evaluasi
F. Studi Kasus
BAB III JENIS-JENIS PUBLIK
A. Stakeholders vs Publics
B. Komunitas
C. Calon Karyawan
D. Karyawan
E. Pemasok Barang dan Jasa
F. Pasar Keuangan
G. Distributor
H. Pelanggan
I. Pemimpin atau Pembentuk Opini
J. Rangkuman
K. Evaluasi
L. Studi Kasus
BAB IV IDENTITAS VS CITRA PERUSAHAAN
A. Definisi Identitas Perusahaan
B. Definisi Citra Perusahaan
C. Perbedaan antara Identitas dan Citra Perusahaan
D. Rangkuman
E. Evaluasi
F. Studi Kasus
BAB V REPUTASI PERUSAHAAN
A. Prinsip Reputasi Perusahaan
B. Proses Reputasi Organisasi
C. Manajemen Reputasi
D. Rangkuman
E. Evaluasi
F. Studi Kasus
BAB VI MEDIA PUBLIC RELATIONS
A. Dasar-Dasar Hubungan dengan Media
B. Jenis-Jenis Media
C. Panduan Tentang Media
D. Fungsi Hubungan Media
E. Rangkuman
F. Evaluasi
G. Studi Kasus
BAB VII HOUSE JOURNAL
A. Konten House Journal
B. Jenis-Jenis House Journal
C. Fungsi House Journal
D. Teknik House Journal
E. House Journal Eksternal
F. Rangkuman
G. Evaluasi
H. Studi Kasus
BAB VIII DIGITAL PUBLIC RELATIONS
A. Komunikasi Satu Arah vs Dua Arah
B. Website untuk Public Relations
C. Mempromosikan Situs
D. Media Sosial
E. Rangkuman
F. Evaluasi
G. Studi Kasus
BAB IX PENULISAN SIARAN PERS
A. Apa Itu Berita?
B. Kredibilitas Berita
C. Bahasa dan Kosakata
D. Menulis Siaran Pers
E. Paragraf Pembuka Siaran Pers
F. Gaya Penulisan
G. Model Berita Tujuh Poin
H. Ringkasan Laporan, Pidato, atau Dokumen
I. Pengumuman Singkat
J. Rangkuman
K. Evaluasi
L. Studi Kasus
BAB X PENULISAN ARTIKEL FITUR
A. Pertimbangan Pemasaran
B. Bernegosiasi dengan Editor
C. Cara Mengajukan Proposal Artikel Humas
D. Cara Menulis Artikel Fitur
E. Gaya Menulis
F. Rangkuman
G. Evaluasi
H. Studi Kasus
BAB XI PUBLIC RELATIONS SEBAGAI FUNGSI MANAJEMEN
A. Peran Hubungan Masyarakat
B. Management by Objective (MBO)
C. Tanggung Jawab Manajer
D. Rangkuman
E. Evaluasi
F. Studi Kasus
BAB XII PRAKTIK PUBLIC RELATIONS
A. Humas Korporat
B. Tanggung Jawab Chief Communications Officer (CCO)
C. Humas Agensi
D. Tren dalam Dunia Agensi
E. Kehidupan Agensi VS Kehidupan Perusahaan
F. Humas Pemerintahan dan Urusan Publik
G. Rangkuman
H. Evaluasi
I. Studi Kasus
BAB XIII MANAJEMEN KRISIS PUBLIC RELATIONS
A. Isu vs Krisis
B. Manajemen Masalah
C. Perencanaan Krisis
D. Persiapan Menghadapi Krisis
E. Ketentuan Penyediaan Informasi
F. Saran dan Larangan dalam Manajemen Krisis
G. Rangkuman
H. Evaluasi
I. Studi Kasus
BAB XIV ETIKA PROFESI PUBLIC RELATIONS
A. Kualifikasi Profesi
B. Pengertian Etika
C. Kode Etik
D. Kode Etik Profesi Humas Internasional
E. Kode Etik Profesi Humas Di Indonesia
F. Rangkuman
G. Evaluasi
H. Studi Kasus
BAB XV PENELITIAN PUBLIC RELATIONS
A. Konteks Penelitian dalam Public Relations
B. Penelitian dalam Perencanaan dan Pengelolaan PR
C. Merancang Penelitian
D. Jenis Data Primer vs Sekunder
E. Penelitian Kualitatif vs Kuantitatif
F. Wawancara Mendalam (In-depth Interview)
G. Rangkuman
H. Evaluasi
I. Studi Kasus
Tags: Hubungan Masyarakat, Komunikasi Organisasi, Kontemporer, Manajemen Komunikasi, Media Relations, Pengantar Public Relations, Pengaruh Media, Praktek PR, Strategi PR, Teori PR
Pengantar Public Relations Kontemporer
Berat | 440 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 1.119 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Arbangi, Dr., M.Si. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 168 Halaman ISBN: 978-602-446-521-6 Sinopsis: Guru sebagai bagian integral dari organisasi sekolah perlu mengembangkan kompetensinya agar peka dan mampu menghadapi perubahan dan perkembangan zaman. Tugas pokok, fungsi, serta kedudukan guru dalam koridor profesi… selengkapnya
Rp 50.400 Rp 63.00020%
Judul : METODE PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA Pengarang : SYAMSUDDIN A.R., M.S.,PROF.,DR Tahun : 2006 Dimensi : 16×24 cm, HVS 60 gr, 272 hlm. ISBN : 979-514-633-4 Sinopsis: Dalam Tri Darma Perguruan Tinggi, penelitian merupakan bidang yang belum maksimal pengembangannya dibandingkan bidang pendidikan dan pengabdian masyarakat. Kondisi ini agak merata dialami oleh perguruan tinggi di tanah… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Waini Rasyidin, H., Prof., Dr., M.Ed. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 236 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-493-6 Sinopsis: Pedagogik adalah nilai dasar keilmuan dan profesi yang harus dibangun secara kokoh dan menjadi landasan bagi pemikiran dan tindakan pendidikan serta penyelenggaraan pendidikan guru. Pedagogik sebagai ilmu didukung dengan menggunakan ilmu-ilmu… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Penulis: Siti Azisah, Dra., Hj., M.Ed.St., Ph.D. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 196 Halaman ISBN: 978-602-446-438-7 Sinopsis: Di zaman milenial ini menguasai Bahasa Inggris merupakan keniscayaan, bahkan telah menjadi mata pelajaran wajib di sekolah dan madrasah. Ironisnya, banyak peserta didik kurang mampu… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
KorupsikorupsiMoh. Yamin Cetakan 1, 2016 16 x 24 cm, 152 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-721-0 Sinopsis: Korupsi di negeri tercinta ini benar-benar telah menjadi penyakit yang sangat luar biasa destruktif. Korupsi telah meluluhlantakkan sendi-sendi kehidupan berbangsa. Dengan kata lain, korupsi telah membuyarkan masa depan bangsa menuju bangsa yang besar… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.00020%
Penulis: Asep Kurniawan, M., Dr., Ag. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 408 Halaman ISBN: 978-602-446-295-6 Sinopsis : Benarkah masih banyak praktisi pendidikan seperti dosen, guru dan lain-lain belum menjadikan kegiatan penelitian sebagai suatu tradisi keilmuan bagi kemajuan pendidikan? Kurangnya budaya… selengkapnya
Rp 115.200 Rp 144.00020%
Arita Marini, DR., Ir. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, BW, 120 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-160-7 Sinopsis: Geometri adalah cabang matematika yang menerangkan sifat-sifat garis, sudut, bidang, dan ruang. Geometri ini disebut juga ilmu ukur. Oleh Karena itu, dalam buku Geometri dan Pengukuran ini dibahas secara lengkap mengenai geometri… selengkapnya
Rp 25.600 Rp 32.00020%
Bambang Rustanto, DR., M.Hum. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 144 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-648-0 Sinopsis: Buku ini lebih menyajikan panduan dan acuan bagi mahasiswa dalam melatih dan bekerja sama dengan masyarakat dalam praktik pekerjaan sosial komunitas. Bahwasanya masyarakat multikultural adalah suatu masyarakat yang terdiri dari berbagai elemen, baik… selengkapnya
Rp 36.000 Rp 45.000Penulis: Lexy J. Moleong, Dr. M.A. Cetakan: 37, 2017 Ukuran: 16×24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 310 gr. Halaman: 424 halaman ISBN: 979-514-051-5 Sinopsis: Sejatinya sebuah penelitian adalah untuk menemukan kebenaran. Kebenaran yang bukan dibenar-benarkan, tapi kebenaran yang memang benar-benar, benar. Karena kebenaran itulah yang akan dijadikan landasan bertindak. Bukan atas… selengkapnya
Rp 110.00020%
Judul : PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK Pengarang : DESMITA EL-IDHAMI Tahun : Agustus 2009 Dimensi : 16×24, 328 Halaman, HVS-70 Gram ISBN : 979-692-950-3 Sinopsis : Pemahaman tentang karakteristik individu peserta didik ini memiliki arti penting dalam interaksi belajar-mengajar. Bagi seorang guru khususnya, informasi mengenai karakteristik individu peserta didik ini akan sangat berguna dalam memilih… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.