Dinamika Riset Kualitatif Diskusi Praktis & Contoh Penerapannya
Rp 60.000 Rp 75.000Kode | RR.PK0472 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Dinamika Riset Kualitatif Diskusi Praktis & Contoh Penerapannya
Penulis: Prof. Deni Darmawan, S.Pd., M.Si., MCE.
Cetakan: 1, 2021
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
204 Halaman
ISBN: 978-602-446-602-2
Sinopsis:
Buku ini hadir sebagai salah satu rujukan bagi para peneliti pemula yang ingin mengenal tentang bagaimana merumuskan proposal, melaksanakan penelitian, dan membuat laporan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Secara singkat diuraikan solusi dan contoh bagaimana penelitian dengan pendekatan kualitatif ini diuraikan pada buku sederhana ini.
Melalui buku ini tentunya penulis juga ingin memberikan sharing pengalaman tentang bagaimana mengenal dan menyiasati penuntasan penelitian-penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif.
Beberapa pembahasan dalam buku ini sangat penting bagi para peneliti profesional, dosen, mahasiswa sebagai referensi “unik”, mengingat yang diuraikan dalam buku ini lebih menekankan pada aspek diskusi, sharing pengalaman penelitian, khusus dengan pendekatan kualitatif.
Buku ini bukan untuk memberikan acuan dalam tahapan melakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif, tetapi lebih kepada diskusi dalam menemukan jawaban-jawaban atas keraguan dan kebuntuan dalam melaksanakannya.
————–
Daftar Isi
BAB I LAHIRNYA PAHAM RISET KUALITATIF
A. Paham Post-Positivisme
B. Ciri-Ciri Riset Kualitatif
C. Fenomenologi dalam Pendekatan Kualitatif
D. Keterjangkauan Pendekatan Kualitatif
E. Interpretasi Pengalaman
F. Memahami Hasil Interview
G. Esensi dari Fenomenologi
H. Tahapan Riset Fenomenologi
BAB II MEMBUAT SIMPULAN-SIMPULAN DALAM RISET KUALITATIF
A. Simpulan dari Sumber Data Informan
B. Simpulan dari Metode Pengumpulan Data
C. Simpulan dari Proses Pendukung Riset
D. Simpulan dari Topik-Topik Pertanyaan Fenomenologi
E. Simpulan dari Strategi Fenomenologi
F. Simpulan dari Dokumen-Dokumen yang Dianalisis
G. Keterkaitan Simpulan dengan Jumlah Informan (XE “informan”) atau Sampling dalam Fenomenologi
H. Jenis Validitas (XE “Validitas”) yang Harus diperhatikan dalam Fenomenologi
BAB III KEKUATAN FONDASI DALAM MELAKUKAN PENELITIAN KUALITATIF
A. Esensi-Esensi dalam Penelitian Kualitatif
B. Runtut Kerja Pokok Penelitian Naturalistik
C. Model Penelitian Naturalistik yang Banyak Digunakan
D. Pendekatan Penelitian Kualitatif
E. Apa Penelitian Kualitatif Itu?
BAB IV LEBIH MEMAHAMI RISET KUALITATIF
A. Menganalisis Perbedaan secara Mendalam antara Pendekatan Riset Kualitatif dan Kuantitatif
B. Bagaimana Tujuan Riset Kualitatif Dilihat dalam Bidang Pendidikan
C. Memahami Tradisi dalam Pendekatan Kualitatif
D. Data dalam Penelitian Kualitatif
E. Tekniknya Menganalisis Data Kualitatif
F. Fenomena Riset Kualitatif dan Perubahan Sosial
BAB V CONTOH MEMBUAT LATAR BELAKANG RISET KUALITATIF
A. Memahami Istilah dalam Sistematika Riset dengan Pendekatan Kualitatif
B. Memahami Esensi dari Sebuah Latar Belakang
C. Contoh Merumuskan Latar Belakang dalam Kualitatif
BAB VI CONTOH MEBUAT KONTEKS PENELITIAN DALAM RISET KUALITATIF
A. Teknik Mereview Literatur dalam Bagian Konteks Penelitian
B. Menganalisis Keterkaitan Pendahuluan dengan Simpulan
C. Contoh Uraian Konteks Penelitian
D. Fokus Penelitian
E. Maksud dan Tujuan Penelitian
F. Kegunaan Penelitian
BAB VII CONTOH DESKRIPSI BAB II DALAM RISET KUALITATIF
A. Kajian Pustaka
B. Landasan Teoretis
C. Kerangka Pemikiran
D. Hipotesis Kerja (XE “Hipotesis Kerja”)
BAB VIII MEMBUAT BAB III DALAM RISET KUALITATIF
A. Contoh Rumusan BAB III dengan Pendekatan Kualitatif (Contoh-1) dalam Pendidikan Umum atau Ilmu Sosial
B. Contoh Rumusan BAB III Dengan Pendekatan Kualitatif (Contoh-2)
C. Metode Penelitian dalam Riset Sosial
D. Objek Kajian
E. Pemilihan Informan dan Lokasi Penelitian
F. Teknik Pengumpulan Data
G. Analisa Data
H. Objektivitas dan Validitas
I. Contoh Rumusan BAB III Dengan Pendekatan Kualitatif (Contoh-2) dalam Bidang Ilmu Pendidikan dengan Metode Deskriptif
J. Contoh Rumusan BAB III Dengan Pendekatan Kualitatif (Contoh-3) dalam Bidang Ilmu Pendidikan dengan Metode Design and Develop
BAB IX BERBAGAI TEKNIK PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA PADA RISET KUALITATIF
A. Teknik Iterative
B. Teknik Pemberian Kode Inisial dan Struktur Kode Data
C. Teknik Berpikir Induktif dan Metode Grounded
D. Daftar Linieritas Deduktif
E. Contoh Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Versi-1
F. Teknik Pengolahan/Analisis Data
G. Contoh Penerapan Teknik Pengumpulan dan Pengolahan Data Versi-2
H. Teknik Analisis Data
BAB X BAGAIMANAKAH MELAKUKAN PENULISAN BAB IV DALAM RISET KUALITATIF
A. Hasil Penelitian
B. Pembahasan Hasil Penelitian
C. Contoh Pembahasan Hasil Penelitian
BAB XI BAGAIMANAKAH MELAKUKAN PENULISAN BAB V DALAM RISET KUALITATIF
A. Simpulan
B. Saran-saran
C. Implikasi
D. Rekomendasi
BAB XII BEBERAPA VARIAN RISET DAN PROPOSAL PENELITIAN KUALITATIF
A. Varian Riset Kualitatif
B. Makna Desain Penelitian
C. Deskripsi Proposal Penelitian Kualitatif
Tags: Analisis Data Kualitatif, Contoh Penerapan Riset Kualitatif, Dinamika Riset Kualitatif, Diskusi Praktis Riset Kualitatif, Etika Riset Kualitatif, Keuntungan Riset Kualitatif, Metode Riset Kualitatif, Penulisan Laporan Riset Kualitatif, Riset Kualitatif, Validitas Riset Kualitatif
Dinamika Riset Kualitatif Diskusi Praktis & Contoh Penerapannya
Berat | 400 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 734 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Judul : PERENCANAAN PENDIDIKAN Pengarang : UDIN SYAEFUDIN SA’UD,DKK. Tahun : 2005 Dimensi : 16×24 cm, HVS 60 gr, 288 hlm. ISBN : 979-692-516-8 Sinopsis: Perencanaan pendidikan menjadi kunci efektivitas kegiatan untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Namun kenyataannya, perencanaan pendidikan lebih dijadikan faktor pelengkap, sehingga sering terjadi tujuan yang ditetapkan tidak tercapai secara optimal…. selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.00020%
Penulis: Rohmat Widiyanto, M.Pd. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 144 Halaman ISBN: 978-602-446-445-5 Sinopsis: Proses pendidikan merupakan rangkaian kegiatan yang sangat kompleks dan luas cakupannya. Apabila kita berbicara tentang pendidikan maka kita tidak akan pernah lepas dari aktivitas belajar ataupun proses pembelajaran… selengkapnya
Rp 42.400 Rp 53.00020%
Sutrisno, Prof., Dr., H., M.Ag., dkk. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 312 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-707-4 Sinopsis: Saat ini hampir semua pendidikan tinggi mengalami “demam” KKNI. Pasalnya, terhitung sejak tahun ajaran 2016/2017 seluruh perguruan tinggi diharapkan telah menerapkan KKNI bidang Pendidikan Tinggi, mulai dari redesain kurikulum mengacu KKNI,… selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.00020%
Penulis: Hendarman, Ir., M.Sc., Ph.D. dan Rohanim, S.Pd., M.M. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 164 Halaman ISBN: 978-602-446-266-6 Sinopsis: Dengan perannya sebagai manajer, kepala sekolah harus memiliki karakter, kompetensi, dan keunggulan literasi yang semua dipadukan sebagai instrumen untuk mewujudkan kualitas… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Arita Marini, Dr., Ir., M.E. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 152 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-567-4 Sinopsis : Sekolah dasar adalah sebuah organisasi sosial yang mempunyai tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan utama sekolah dasar adalah memberikan pendidikan yang berkualitas kepada peserta didik. Dalam sebuah organisasi, tentunya manajemen merupakan kekuatan… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.00020%
Judul : KIMIA PEMISAHAN Pengarang : SUMAR HENDAYANA, PH.D. Tahun : 2006 Dimensi : 16×24 cm, HVS 60 gr, 168 hlm. ISBN : 979-514-593-1 Sinopsis: Pemisahan merupakan aspek penting dalam bidang kimia. Karena dari pemisahan itu akan diperoleh materi murni dari suatu campuran. Kebutuhan akan teknik pemisahan kimia yang efisien, tepat, dan cepat telah mendorong… selengkapnya
Rp 32.000 Rp 40.00020%
Bambang Rustanto, DR., M.Hum. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 144 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-648-0 Sinopsis: Buku ini lebih menyajikan panduan dan acuan bagi mahasiswa dalam melatih dan bekerja sama dengan masyarakat dalam praktik pekerjaan sosial komunitas. Bahwasanya masyarakat multikultural adalah suatu masyarakat yang terdiri dari berbagai elemen, baik… selengkapnya
Rp 36.000 Rp 45.00020%
Dr. Deni Darmawan, S.Pd., M.Si. 16 x 24 cm, 232 hlm Kertas isi HVS-70 gr Kertas sampul AC-210 gr Cetakan 2, 2011 ISBN: 978-979-692-061-7 Sinopsis: Di dalam buku ini juga dipaparkan peran dari media komputer untuk pembelajaran, hakikat multimedia, serta memproduksinya.Kemudian buku ini akan memandu para pengguna untuk membuat multimedia mulai dari mengembangkan skrip,… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
Cepi Triatna, Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 200 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-629-9 Sinopsis: Kajian mengenai perilaku manusia saat ini tidak akan terlepas dari keterhubungan dan pengaruhnya (interaksi) dengan lingkungannya. Untuk dapat memahami mengenai perilaku organisasi secara tepat, terlebih dahulu harus dipahami beberapa konsep terkait dengan perilaku… selengkapnya
Rp 47.200 Rp 59.00020%
Judul : KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (NEW) Pengarang : H.E.MULYASA, PROF.DR,M.PD. Tahun : 09, 2006 Dimensi : 16X24 cm, HVS-60 gr, 320 hlm ISBN : 979-514-716-0 Sinopsis : KTSP merupakan bentuk operasional kurikulum dalam konteks desentralisasi pendidikan dan otonomi daerah. Penyusunan kurikulum ini melibatkan guru, kepala sekolah, komite sekolah, dan dewan pendidikan. Keterlibatan pihak-pihak tersebut… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.