Strategi dan Manajemen Pendidikan Tinggi
Rp 57.600 Rp 72.000Kode | RR.PK0409 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Strategi dan Manajemen Pendidikan Tinggi
Penulis: Nanang Fattah, Prof. Dr.,M.Pd.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
252 Halaman
ISBN: 978-602-446-367-0
Sinopsis :
Salah satu fungsi utama pendidikan tinggi adalah sebagai sumber inspirasi dan inovasi dalam membuat kebijakan dan manajemen. Dalam kerangka peningkatan daya saing global menuju masyarakat 5.0 di bidang pendidikan tinggi, buku ini hadir diharapkan dapat menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh para pembuat kebijakan dan pengelola pendidikan tinggi.
Di samping itu, Peran Lembaga Pendidikan, khususnya pendidikan tinggi (PT) sebagai penghasil tenaga profesional dituntut untuk melakukan kajian berdasarkan teori, konsep, model, dan riset-riset empirikal yang terkini dan relevan dengan tuntutan lingkungan nasional, regional (ASEAN), dan global.Dalam merespons tuntutan global atau kebutuhan masyarakat dunia, PT membutuhkan strategi-strategi terbaru dan manajemen perubahan dalam mengelola PT yang berdaya saing tinggi. Dalam konteks itu, buku ini hadir untuk membantu para pembuat kebijakan (policy makers), kepemimpinan akademik PT (academic leader), dan upaya peningkatan kemampuan manajerial terutama dalam memobilisasi berbagai sumber daya (resources), antara lain a) sumber daya manusia (human resources); b) sumber daya material/fasilitas, sarana, dana (material resources); c) sumber daya informasi (information resources) yang ada di dalam dan di luar PT. Semoga buku ini bermanfaat bagi semua pemangku kepentingan (stake holders).
—-
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
A. Isu-Isu Stratejik
B. Konsep Stratejik
C. Dimensi Stratejik
D. Nilai-Nilai Keunggulan
BAB II ANALISIS STRATEGIS DALAM MEMBANGUN KEUNGGULAN DAYA SAING YANG BERKELANJUTAN
A. Mengevaluasi dan Memilih Strategi Bisnis: Mencari Keunggulan Kompetitif yang Berkelanjutan
B. Lingkungan Industri Terpilih dan Pilihan Strategi Bisnis
BAB III ANALISIS STRATEGIS DAN PILIHAN YANG RASIONAL DALAM MEMBANGUN NILAI PEMEGANG SAHAM
A. Matriks Pertumbuhan-Berbagi BCG
B. Perilaku-Perilaku yang Memengaruhi Pilihan Strategis
BAB IV MENERAPKAN STRATEGI MELALUI TUJUAN JANGKA PENDEK, TAKTIK FUNGSIONAL, SISTEM REWARD, DAN PEMBERDAYAAN KARYAWAN
A. Identifikasi Tujuan Jangka Pendek
B. Taktik Fungsional dalam Strategi Bisnis
C. Kebijakan Pemberdayaan Personel Bagian Operasi
D. Kebijakan dalam Perencanaan
BAB V MENERAPKAN STRUKTUR STRATEGI, KEPEMIMPINAN, DAN BUDAYA
A. Strukturisasi Organisasi yang Efektif
B. Kepemimpinan Organisasi
C. Budaya Organisasi
BAB VI STRATEGI PENGAWASAN DAN PERBAIKAN BERKESINAMBUNGAN
A. Mendirikan Pengendalian Strategis
B. Kualitas Imperatif: Perbaikan Berkelanjutan untuk Membangun Nilai Pelanggan
C. Pendekatan Enam Sigma untuk Perbaikan Berkelanjutan
D. ISO 9001 dan Era Standar Nasional
E. Metodologi Balanced Scorecard
BAB VII GLOBALISASI DAN INTERNASIONALISASI PENDIDIKAN TINGGI
A. Ekonomi Pengetahuan
B. Globalisasi dan Komoditisasi
C. Standardisasi
BAB VIII KERJA SAMA INTERNASIONAL DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN TINGGI
A. Kemitraan Pendidikan Tinggi
B. Ringkasan dan Kesimpulan
BAB IX UNIVERSITAS KORPORASI ( CORPORATE UNIVERSITY)
A. Konsep Corporate University
B. Program Prioritas
C. Kesimpulan dan Implikasi
BAB X REVITALISASI MANAJEMEN PERGURUAN TINGGI DALAM UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING GLOBAL
A. Globalisasi Perguruan Tinggi (PT)
B. Manajemen Perubahan (Management Of Change)
C. Kesimpulan
BAB XI GLOBALISASI DAN INTERNASIONALISASI DI PENDIDIKAN TINGGI (PT)
Pasar Pendidikan: Tantangan dan Penelitian Imperatif
BAB XII KURSUS REORIENTASI UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN INTERNASIONAL BAGI MAHASISWA (STUDI KASUS DI CINA)
A. Kesadaran internasional
B. Alasan-alasan, strategi dan hasil
BAB XIII TANTANGAN UNTUK MELEMBAGAKAN INTERNASIONALISASI (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS UK)
A. Hasil
B. Alasan-alasan, strategi dan hasil
C. Implikasi untuk Implementasi
D. Diskusi
E. Kesimpulan
BAB XIV INTERNASIONALISASI (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS SPANYOL)
A. Pengantar
B. Hasil
C. Pengalaman Kelembagaan Individu
D. Alasan-Alasan, Strategi dan Hasil
E. Kesimpulan
BAB XV PERAN PENGAJARAN BAHASA INGGRIS (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS JIANG YUMEI CINA)
A. Peran Perguruan Tinggi Bermain Kurikulum Bahasa Inggris di PT Internasionalisasi
B. Kesimpulan
BAB XVI STRATEGI PENCAPAIAN WORLD CLASS UNIVERSITY (WCU)
A. Pendahuluan
B. Kajian Teori
C. Pengembangan Berbasis Riset
D. Faktor Penentu Keberhasilan
E. Arah Kebijakan Strategis Dikti Menuju WCU
Tags: Akreditasi Pendidikan Tinggi, Inovasi Pendidikan Tinggi, Kebijakan Pendidikan Tinggi, Kepemimpinan Pendidikan Tinggi, Kualitas Pendidikan Tinggi, Kurikulum Pendidikan Tinggi, Manajemen Pendidikan Tinggi, Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi, Perguruan Tinggi, Strategi Pendidikan Tinggi
Strategi dan Manajemen Pendidikan Tinggi
Berat | 450 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 612 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Judul : PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH Pengarang : H.E.MULYASA, PROF.DR,M.PD. Tahun : Cet-1, Oktober 2009 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 244 halaman ISBN : 979-692-958-9 Sinopsis : Peningkatan kualitas pendidikan yang sedang dilakukan pemerintah sekarang ini tidak hanya terfokus pada guru, tetapi juga kepada pengawas dan kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan sekaligus yang mendorong serta… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Judul : KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI Pengarang : H.E.MULYASA, PROF.DR,M.PD. Tahun : Cet 1, 2002 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, ix + 266 hlm ISBN : 979-692-223-1 Sinopsis: Dalam waktu dekat ini Kurikulum 1994 akan segera digantikan oleh kurikulum baru yang berdasarkan pada kompetensi atau yang lebih dikenal Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)…. selengkapnya
Rp 68.000 Rp 85.00020%
Abdul Madjid, dkk. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 348 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-581-0 Sinopsis : Pelaksanaan pembelajaran akan berjalan efektif apabila didahului dengan penyiapan rencana pembelajaran yang mengacu pada Silabus. Rencana pembelajaran tersebut perlu dikembangkan semaksimal mungkin oleh guru, baik secara individu maupun kelompok, agar kompetensi sikap, pengetahuan,… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Cepi Triatna, Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 200 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-629-9 Sinopsis: Kajian mengenai perilaku manusia saat ini tidak akan terlepas dari keterhubungan dan pengaruhnya (interaksi) dengan lingkungannya. Untuk dapat memahami mengenai perilaku organisasi secara tepat, terlebih dahulu harus dipahami beberapa konsep terkait dengan perilaku… selengkapnya
Rp 47.200 Rp 59.00037%
Penulis: Marjuki, Dr., S.E., M.Ag. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 348 Halaman ISBN: 978-602-446-483-7 Sinopsis: Permendikbud no. 22 tahun 2016 mengamanatkan bahwa proses pembelajaran pada satuan pendidikan harus diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 95.00020%
Dr. Ira Puspitawati, M.Si., Psikolog, Iriani Indri Hapsati, M.Psi., Ratna Dyah Suryaratri, M.Si. 16 x 24 cm • 220 hlm Kertas isi HVS 70 gr Kertas sampul AC 210 gr Cetakan 1, 2012 ISBN: 978-979-692-070-9 Sinopsis : Psikologi faal merupakan salah satu cabang ilmu psikologi yang mengalami perkembangan pesat dalam teori maupun penerapannya. Psikologi faal… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Ace Suryadi, Prof., M.Sc., Ph.D. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 188 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-492-9 Sinopsis: Secara umum penyusunan buku ini bertujuan untuk menghimpun dan menganalisis kembali berbagai informasi, hasil penelitian, dan hasil analisis kebijakan baik yang dilakukan oleh Balitbang Kemdikbud, institusi lain, maupun oleh perorangan untuk merumuskan… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Judul : PERENCANAAN PEMBELAJARAN Pengarang : ABDUL MAJID Tahun : 2005 Dimensi : HVS 60 GR, 16 X 24 cm, 167 HLM + X ISBN : 979-692-493-5 Sinopsis: Dalam kurikulum 2004, guru diberi kebebasan untuk mengembangkan silabus dan perencanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi daerah dan sekolah. Untuk itulah buku ini hadir. Buku ini mengimplementasikan… selengkapnya
Rp 68.000 Rp 85.00020%
Nana Supriatna, Prof., Dr., M.Ed. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 380 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-714-2 Sinopsis: Tanpa disadari, selama ini penerapan kurikulum sekolah di Indonesia kurang memperhatikan unsur kesinambungan yang memadukan berbagai unsur ke dalam sebuah ekosistem. Peningkatan kualitas pendidikan berbasis teknologi modern sering kali mengabaikan ketersediaan dan… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.00020%
Penulis: Sugandi Miharja, Ph.D. Cetakan: 1, 2023 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 232 Halaman ISBN: 978-602-446-xxx-x Sinopsis: Buku ini memaparkan mengenai bagaimana memahami karyawan sebagai pelaku industry, dari mulai potensi, problematika, hingga solusinya. Pemaparan yang bersifat pengembangan dalam keilmuan disajikan penelitian bimbingan dan konseling industri…. selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.