Beranda » Pendidikan & Keguruan » Psikologi Pendidikan
click image to preview activate zoom
Diskon
20%

Psikologi Pendidikan

Rp 70.400 Rp 88.000
Hemat Rp 17.600
Kode RR.PK0407
Stok Tersedia
Kategori Pendidikan & Keguruan
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan lebih cepat! Quick Order
Bagikan ke

Psikologi Pendidikan

Penulis: Mochamad Nursalim, Dr., M.Si., Hermien Laksmiwati, Dra., M,Si., Muhammad Syafiq, S.Psi., M.Sc., Meita Santi Budiani, M.Psi., Siti Ina Savira, S.Psi., M.Ed.C.P., Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si., Yohna Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
248 Halaman
ISBN: 978-602-446-364-9

Sinopsis :

Psikologi dan Pendidikan memiliki benang merah utama, yaitu “manusia”. Psikologi pada dasarnya adalah ilmu yang mempelajari kompleksitas manusia, sementara pendidikan adalah produk yang dikembangkan manusia untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang berkaitan dengan sumber daya manusia itu sendiri.

Buku Psikologi Pendidikan ini disusun untuk memenuhi referensi bagi para guru, mahasiswa, dan pemerhati pendidikan pada umumnya. Oleh karena itu, dalam buku ini dikaji tentang hakikat psikologi pendidikan, pertumbuhan dan perkembangan individu, serta mengenai teori-teori belajar, kesulitan belajar, anak berkebutuhan khusus, pengelolaan kelas, dan bimbingan konseling.

——

Daftar Isi

BAB I PENDAHULUAN
A. Pengertian Psikologi Pendidikan
B. Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan
C. Tujuan dan Manfaat Psikologi Pendidikan
D. Kontribusi Psikologi Pendidikan dalam Pendidikan
E. Kontribusi Psikologi Pendidikan terhadap Pengembangan Kurikulum
F. Kontribusi Psikologi Pendidikan terhadap Proses Belajar Mengajar
G. Kontribusi Psikologi Pendidikan terhadap Penilaian dan Pengukuran (Evaluasi) dalam Pendidikan
H. Kontribusi Psikologi Pendidikan dalam Pemecahan Masalah Kontemporer
I. Rangkuman
J. Tugas
K. Daftar Pustaka

BAB 2 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
PESERTA DIDIK
A. Pertumbuhan dan Perkembangan
B. Rangkuman
C. Pertanyaan dan Latihan
D. Daftar Pustaka

BAB 3 KAREKTERISTIK PERKEMBANGAN
A. Perkembangan Kognitif dan Bahasa
B. Perkembangan Sosio-Emosional dan Moral
C. Rangkuman
D. Soal dan Latihan
E. Daftar Pustaka

BAB 4 MOTIVASI DAN EMOSI
A. Definisi Motivasi
B. Hal-Hal yang Dapat Memengaruhi Motivasi
C. Peran Motivasi dalam Pembelajaran
D. Cara Meningkatkan atau Mempertahankan Motivasi Siswa
E. Membantu Siswa Mengatasi Ketidakberdayaan yang Dipelajari
F. Rangkuman
G. Diskusi
H. Definisi Emosi
I. Komponen-Komponen Emosi
J. Rangsangan dan Emosi
K. Teori Emosi
L. Mengklasifikasikan Emosi
M. Perkembangan Emosi
N. Permasalahan pada Siswa
O. Peran Emosi
P. Tips bagi Pendidik
Q. Soal
R. Daftar Pustaka

BAB 5 INTELIGENSI
A. Konsep Inteligensi
B. Teori-Teori Inteligensi
C. Penerapan Inteligensi dalam Pembelajaran
D. Rangkuman
E. Tugas
F. Daftar Pustaka

BAB 6 TEORI-TEORI BELAJAR
A. Pengertian Belajar
B. Teori Belajar Behavioristik
C. Teori Belajar Kognitif
D. Teori Belajar Konstruktivisme
E. Rangkuman
F. Soal
G. Daftar Pustaka

BAB 7 KESULITAN BELAJAR
A. Pengertian Kesulitan Belajar Akademik
B. Indikasi Kesulitan Belajar
C. Penyebab Kesulitan Belajar
D. Bentuk-Bentuk Kesulitan Belajar Akademik (Khusus)
E. Cara Mengatasi Kesulitan Belajar
F. Kesulitan Belajar yang Disebabkan Gangguan Perkembangan
G. Implikasi terhadap Pendidikan
H. Rangkuman
I. Soal-soal
J. Daftar Pustaka

BAB 8 ANAK BERKEKBUTUHAN KHUSUS
A. Anak Ber-IQ Rendah
B. Anak dengan Kecacatan Fisik
C. Anak Berbakat
D. Rangkuman
E. Soal Latihan
F. Daftar Pustaka

BAB 9 PENGELOLAAN KELAS
A. Rasional
B. Pengertian
C. Kegiatan Pengelolaan dan Kegiatan Instruksional
D. Komponen-Komponen Keterampilan
E. Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan
F. Rangkuman
G. Tugas
H. Soal
I. Daftar Pustaka

BAB 10 BIMBINGAN DAN KONSELING
A. Pengertian Bimbingan dan Konseling
B. Keterkaitan antara Istilah Bimbingan dan Istilah Konseling
C. Tujuan Bimbingan dan Konseling
D. Fungsi Bimbingan dan Konseling
E. Prinsip Bimbingan dan Konseling
F. Bidang Pelayanan Bimbingan dan Konseling
G. Peran Guru dalam Pelaksanaan Program Bimbingan Konseling
H. Peran dan Fungsi Guru Kelas/Wali Kelas dalam Pelaksanaan Program Bimbingan Konseling
I. Rangkuman
J. Tugas
K. Daftar Pustaka

Tags: , , , , , , , , ,

Psikologi Pendidikan

Berat 500 gram
Kondisi Baru
Dilihat 574 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Customer Service
● online
Customer Service
● online
Halo, perkenalkan saya Customer Service
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: