Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk PGSD dan PGMI
Rp 42.400 Rp 53.000Kode | RR.PK0443 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk PGSD dan PGMI
Penulis: Rohmat Widiyanto, M.Pd.
Cetakan: 1, 2020
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
144 Halaman
ISBN: 978-602-446-445-5
Sinopsis:
Proses pendidikan merupakan rangkaian kegiatan yang sangat kompleks dan luas cakupannya. Apabila kita berbicara tentang pendidikan maka kita tidak akan pernah lepas dari aktivitas belajar ataupun proses pembelajaran serta muatan materi ajar yang dipelajari apapun itu termasuk salah satu materi Kajian IPS di MI/SD.
Buku ini menyajikan konsep dasar munculnya IPS di Indonesia, kajian Fakta, Konsep dan Generalisasi, dimensi dalam pendidikan IPS sampai dengan materi kajian IPS yang diajarkan di sekolah dasar/madrasah hingga implementasi kurikulum dan pengembangannya.
———-
Daftar Isi
BAB 1
Hakikat IPS Dan Karakteristik Pendidikan IPS
A. Latar Belakang IPS
B. Hubungan IPS dengan Ilmu Sosial
C. Tujuan Pendidikan IPS: 10
Daftar Pustaka
BAB 2
Fakta, Konsep Dan Generalisasi Dalam IPS
A. Pengertian Fakta dan Contoh Fakta
B. Pengertian Konsep Dan Contoh Konsep
C. Pengertian Generalisasi dan Contoh Generalisasi
Daftar Pustaka
BAB 3
Kajian IPS MI/SD
A. Pendekatan Lingkungan dalam Pengembangan Materi
IPS MI/SD
B. Pendekatan Spiral dalam Pengembangan Materi
IPS MI/SD
C. Pendekatan Keterampilan Proses Sosial
Daftar Pustaka
BAB 4
Dimensi Dalam Pendidikan IPS
A. Dimensi Pengetahuan
B. Dimensi Keterampilan
Daftar Pustaka
BAB 5
Keterampilan Dasar Dalam Ilmu-Ilmu Sosial
A. Keterampilan Bertanya
B. Keterampilan Menyusun dan Menguji Generalisasi
Daftar Pustaka
BAB 6
Keragaman Sosial, Ekonomi, Pendidikan Budaya Dalam Masyarakat Indonesia
A. Keragaman Budaya
C. Keragaman Ekonomi
D. Keragaman dalam Pendidikan
Daftar Pustaka
BAB 7
Hubungan Manusa Terhadap Kondisi Geogerafis Kehidupan Sosial, Budaya, Ekonomi, Dan Masyarakat Indonesia
Kondisi Geografis Indonesia
Daftar Pustaka
BAB 8
Kajian IPS MI/SD
A. Lembaga Politik
B. Lembaga Yudikatif
C. Pemerintah Pusat
Daftar Pustaka
Bab 9
Perspektif dan Isu-Isu Global dalam IPS
A. Pengertian Kesadaran Perspektif
B. Kesadaran akan Planet Bumi
C. Dinamika Global
Daftar Pustaka
Bab 10
Dinamika Interaksi Manusia
Dinamika Kehidupan Manusia dalam Perekonomian
Daftar Pustaka
Bab 11
HAM, Demokrasi Konstitusional, dan Penegakan Hukum
A. Hak Asasi Manusia
B. Kedaulatan Rakyat
C. Keabsahan Keluasan Demoikratis
D. Pendidikan Kewarganegaraan
Daftar Pustaka
Bab 12
Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran IPS di MI/SD
A. Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran IPS SD/MI
B. Model Pembelajaran IPS SD/MI
C. Ruang Lingkup Kajian IPS di SD/MI
D. Hakekat Evaluasi Pembelajaran MI/SD
Tags: Evaluasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Ilmu Pengetahuan Sosial, IPS untuk PGSD dan PGMI, Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial, Manfaat Ilmu Pengetahuan Sosial, Materi Ilmu Pengetahuan Sosial, Metode Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial, Tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk PGSD dan PGMI
Berat | 350 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 577 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Bayong Tjasyono, Prof., Dr., HK., DEA, Dkk. Cetakan 1, 2013 16×24 cm 180 hlm. Isi: HVS 70 gram; Sampul: AC 210 ISBN: 978-979-692-182-9 Sinopsis: Buku ini berusaha untuk menyingkap Keajaiban Planet Bumi menurut konsepsi sains (ayat Kauniyah) dan Islam (Ayat Qauliyah), di antaranya: 1. Mengapa gunung berjalan seperti jalannya awan? [QS. Al-Naml (27):88]. Dapat dijelaskan… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Judul : PRINSIP & TEKNIK EVALUASI PENGAJARAN Pengarang : M. NGALIM PURWANTO Tahun : Cet 10, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, x + 166 halaman ISBN : 979-514-127-9 Sinopsis : Buku ini menjawab segala masalah yang bertalian dengan pengetesan dan pengevaluasian hasil belajar siswa/mahasiswa, sekaligus mengevaluasi hasil pengajaran siswa/mahasiswa, bahkan… selengkapnya
Rp 41.600 Rp 52.00020%
Penulis: Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 176 Halaman ISBN: 978-602-446-233-8 Sinopsis: Dua aktivitas yang terbukti efektif mengembangkan keterampilan berupa kemampuan berpikir positif, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif. Apa itu? Jawabannya adalah pengetahuan dan keterampilan yang… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Penulis: Asep Kurniawan, M., Dr., Ag. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 408 Halaman ISBN: 978-602-446-295-6 Sinopsis : Benarkah masih banyak praktisi pendidikan seperti dosen, guru dan lain-lain belum menjadikan kegiatan penelitian sebagai suatu tradisi keilmuan bagi kemajuan pendidikan? Kurangnya budaya… selengkapnya
Rp 115.200 Rp 144.00020%
Judul : MENJADI WIRAUSAHA SUKSES Pengarang : ARI FADIATI, M.SI., DAN DEDI P Tahun : Cet-1, Desember 2010 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC-210, 204 halaman ISBN : 978-979-692-016-7 Sinopsis : Sumber daya ekonomi ada di sekitar Anda. Rumah, tanah, kendaraan, dan keluarga Anda dapat menjadi bagian dari sumberdaya ekonomi. Bagaimana mengoptimalkan sumber daya tersebut… selengkapnya
Rp 46.400 Rp 58.00020%
Penulis: Johar Permana, Prof. Dr. H., M.A. Taufani C. Kurniatun, Dr., M.Si. Liah Siti Syarifah, S.Pd.I., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 232 Halaman ISBN: 978-602-446-370-0 Sinopsis : Setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda dalam menggunakan pendekatan pada perencanaan pendidikannya. Hal tersebut… selengkapnya
Rp 70.400 Rp 88.00020%
Penulis: Syefriani Darnis, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2023 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 284 Halaman ISBN: – Sinopsis: Buku Model Pembelajaran Montessori Islami ini hadir dari kepedulian penulis terhadap metode pembelajaran yang sesuai untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Buku ini membahas tentang pengembangan model pembelajaran… selengkapnya
Rp 78.400 Rp 98.00020%
Penulis: Amos Neolaka, Prof. Dr. Ir. Drs., M.Pd., dkk. Cetakan: 1, 2023 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 292 Halaman ISBN: 978-602-446-690-9 Sinopsis: Manusia dalam hidupnya di dunia selalu menghadapi masalah. Masalah dalam hidup sehari-hari cukup banyak, antara lain masalah penelitian dan masalah penilaian pendidikan. Terdapat… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00020%
Nanang Arif Guntoro, DR., Msi. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 248 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-129-4 Sinopsis: Ilmu pengetahuan murni dan ilmu pengetahuan terapan merupakan dua hal yang saling berhubungan satu sama lain. Ilmu terapan tidak akan bisa berkembang tanpa adanya ilmu pengetahuan murni, dan sebaliknya ilmu pengetahuan murni… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Amos Neolaka, Prof., Dr., Ir., M.Pd. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 244 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-575-9 Sinopsis : Manusia adalah makhluk yang diciptakan dengan keingintahuan yang sangat besar. Oleh karena itulah tercipta ilmu pengetahuan. Saat ini, kepaduan antara ilmu pengetahuan dan penelitian sangat erat. Ilmu dan penelitian diibaratkan… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.