Analisis Jejaring Wacana Discourse Network Analysis/DNA
Rp 80.000 Rp 100.000Kode | RR.KO0112 |
Status | Tersedia |
Kategori | Komunikasi |
Analisis Jejaring Wacana Discourse Network Analysis/DNA
Penulis: Eriyanto, Dr., M.Si.
Cetakan: 1, 2022
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
296 Halaman
ISBN: 978-602-446-636-7
Sinopsis :
Buku ini merupakan pengantar dalam memahami Metode Analisis Jejaring Wacana (diterjemahkan dari Discourse Network Analysis/DNA). Metode DNA adalah metode yang digunakan untuk memetakan wacana (discourse) dan aktor, kesepakatan dan pertentangan (konflik) wacana dari tiap-tiap aktor dalam sebuah debat publik. Metode ini relatif baru, berkembang pada 2010-an, dan kini menjadi salah satu metode yang populer dalam penelitian ilmu sosial dan politik. Buku ini menjelaskan mengenai konsep-konsep dasar hingga praktik dalam melakukan metode DNA.
Buku terbagi ke dalam 12 bab. Setiap bab dilengkapi dengan ilustrasi untuk mempermudah pemahaman pembaca. Bab 1−3 membahas mengenai proses pembentukan kebijakan publik, terutama dua teori utama: teori koalisi aktor (Advocacy Coalition Framework/ACF) dan koalisi wacana (Discourse Coalition Framework/DCF). Kedua teori ini berbicara mengenai proses kebijakan publik sebagai proses pertarungan aktor dalam memengaruhi pengambil kebijakan. Bab 4−5 membahas mengenai konsep-konsep dasar metode DNA, mulai dari aktor, wacana (konsep), jenis-jenis jaringan, dan sebagainya. Bab 6−11 membahas proses dan langkah-langkah dalam menjalankan metode DNA, mulai dari menentukan sumber pernyataan, identifikasi pernyataan, melakukan koding, membuat visualisasi hingga analisis data. Bagian terakhir (bab 12) buku menyajikan studi kasus penelitian DNA. Buku ini juga dilengkapi dengan tutorial penggunaan DNA Analyzer dan Visone—perangkat lunak (software) yang banyak digunakan dalam penelitian DNA.
———————
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan: Apa Itu Analisis Jejarang Wacana?
A. Jejaring Wacana = Wacana + Jaringan
B. Debat Publik
C. Kapan Metode Jejaring Wacana Dipakai
Bab II Teori Pembentukan Kebijakan: Koalisi Advokasi
A. Gambaran Teori ACF
B. Subsistem Kebijakan
C. Perubahan Kebijakan
Bab III Teori Pembentukan Kebijakan: Koalisi Wacana
A. Argumentasi
B. Konsep Kunci
C. Aktor dan Wacana
D. Wacana dan Kebijakan
Bab IV Kebijakan Publik Dan Analisis Jejaring Wacana (DNA)
A. Perbandingan Teori
B. Koalisi Advokasi Versus Koalisi Wacana
Bab V Konsep Dasar Analisis Jejaring Wacana
A. Konsep Kunci
B. Bentuk Jaringan
C. Kesesuaian Versus Konflik
Bab VI Identifikasi Pernyataan
A. Unit Analisis
B. Sumber Data
C. Identifikasi Pernyataan
D. Ilustrasi
Bab VII Memberi Kode (Koding) Pernyataan
A. Kerangka Koding
B. Kerangka Koding yang Baik
C. Koding Pernyataan
D. Koalisi Advokasi Versus Wacana
E. Ilustrasi
Bab VIII Visualisasi: Menggambarkan Jaringan
A. Konsep Dasar
B. Bentuk Jaringan
C. Ilustrasi
Bab IX Visualisasi: Menggambarkan Jaringan Kesesuaian dan Konflik
A. Jaringan Kesesuaian (Kongruensi)
B. Jaringan Konflik
C. Ilustrasi
Bab X Visualisasi: Menggambarkan Koalisi
A. Modularitas
B. Algoritma Girvan-Newman
C. Overlapping Versus Non-overlapping
D. Modularitas dan Koalisi
E. Ilustrasi
Bab XI Analisis Data: Menentukan Aktor dan Wacana Dominan
A. Sentralitas Tingkatan
B. Sentralitas Kedekatan
C. Sentralitas Perantara
D. Bentuk Jaringan
E. Ilustrasi
Bab XII Studi Kasus: Jejaring Wacana Isu Hukuman Mati
A. Pendahuluan
B. Tujuan Penelitian
C. Tinjauan Literatur
D. Objek Penelitian
E. Metode Penelitian
F. Hasil Penelitian
G. Diskusi
Analisis Jejaring Wacana Discourse Network Analysis/DNA
Berat | 550 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 1.325 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Judul : MEDIA DAN PERUBAHAN SOSIAL Pengarang : DR. ENI MARYANI, DRA., M.SI. Tahun : Cet-1, Januari 2011 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC-210, 236 halaman ISBN : 978-979-692-021-1 Sinopsis : Buku ini memaparkan hasilstudi tentang dinamika hubungan media dengan masyarakat dan perubahan sosial yang menyertainya. Kebutuhan masyarakat akan media pada tiap komunitas tak terelakkan…. selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Judul : DASAR-DASAR PUBLIC RELATIONS Pengarang : SOLEH SUMIRAT Tahun : Cet 1, 2002 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, viii + 207 hlm ISBN : 979-692-208-8 Sinopsis : Buku ini buat Anda yang ingin menjadi seorang Public Relations Officer (PRO) yang handal. Buku ini memberi semua hal tentang bagaimana menjadi PRO… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Penulis: Pujo Pramono Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 15 x 21 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 120 Halaman ISBN: 978-602-446-450-9 Sinopsis : Paradigma baru dalam menyusun strategi komunikasi perusahaan yang diperkenalkan dalam buku ini adalah suatu metoda ataupun cara-cara pengelolaan PR Perusahaan dengan menggunakan analogi teori dasar Marketing atau ilmu… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Judul : HUMAN COMMUNICATION 1 Pengarang : STEWART L.TUBBS & SYLVIA MOSS Tahun : Cet 3, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, xv + 256 halaman ISBN : 979-514-577-0 Sinopsis : Banyak penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang efektif memberikan keuntungan dalam mencapai tujuan pribadi dan pekerjaan. Komunikasi yang efektif merupakan keahlian… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Penulis: Edi Suryadi, Dr., M.Si. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 172 Halaman ISBN: 978-602-446-272-7 Sinopsis : Mengapa pemimpin organisasi kelembagaan membutuhkan strategi komunikasi? Lalu, apa hubungannya dengan visi dan misi yang terwujud dengan efektif dan efisien? Untuk mempelajarinya terkadang kajian… selengkapnya
Rp 40.800 Rp 51.00020%
Judul : JURNALISTIK PRAKTIS (REVISI) Pengarang : IRMAN NOORHAFITUDDIN DIMYATI Tahun : Cet 3, 2001 Dimensi : 15 x 18 cm, HVS 70 gr, viii + 100 halaman ISBN : 979-514-896-6 Sinopsis : Buku ini merupakan buku panduan untuk para pemula yang ingin mendalami dunia tulis menulis, jurnalistik dan kewartawanan. Penulisnya, biasa memberi materi disetiap… selengkapnya
Rp 24.800 Rp 31.000Penulis: Turnomo Rahardjo, dkk. Cetakan: 1, 2024 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 400 Halaman ISBN: 978-602-446-xxx-x Sinopsis: Buku Memahami Metode Penelitian Komunikasi ini mendiskusikan beragam metode yang digunakan dalam penelitian komunikasi dengan pendekatan tunggal (kuantitatif atau kualitatif) dan pendekatan campuran (mixed-method). Buku ini diawali dengan… selengkapnya
Rp 115.00020%
Judul : KOMUNIKASI ORGANISASI Pengarang : R.WAYNE PACE/DON F. FAULES Tahun : Cet 3, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, xiii + 566 halaman ISBN : 979-514-683-1 Sinopsis : Buku ini memuat lengkap teori-teori dan strategi pengembangan organisasi dan perusahaan melalui pendekatan komunikasi. Sangat bermanfaat bagi para mahasiswa yang mempelajari komunikasi,… selengkapnya
Rp 112.000 Rp 140.00020%
Penulis: Suranto A. W., Dr., M.Pd., M.Si. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 240 Halaman ISBN: 978-602-446-300-7 Sinopsis: Siapkah Anda memasuki era Revolusi Industri 4.0 dengan fenomena disruptive innovation? Saat ini, komunikasi memainkan peran penting dalam kehidupan organisasi. Komunikasi menghubungkan semua… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00020%
Deddy Mulyana, Prof., M.A., Ph.D. Cetakan 3, 2015 (REVISI) 16×24 cm, 572 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 310 gr. ISBN: 978-979-692-614-5 Sinopsis : Buku Komunikasi Lintas Budaya ini sangat baik bagi kita karena dewasa ini budaya asing telah menjadi bagian penting bagi penduduk suatu negeri. Komunikasi yang efektif harus mereka lakukan untuk menjalin… selengkapnya
Rp 104.000 Rp 130.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.