181 Model Pembelajaran Paikem Berbasis Pendekatan Saintifik
Rp 60.000 Rp 95.000Kode | RR.PK0452 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
181 Model Pembelajaran Paikem Berbasis Pendekatan Saintifik
Penulis: Marjuki, Dr., S.E., M.Ag.
Cetakan: 1, 2020
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
Halaman : 348 Halaman
ISBN: 978-602-446-483-7
Sinopsis:
Permendikbud no. 22 tahun 2016 mengamanatkan bahwa proses pembelajaran pada satuan pendidikan harus diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang cukup bagi tumbuhnya prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologisnya.
Dalam melaksanakan amanat Permendikbud ini, kegiatan inti pembelajaran dikemas dengan format pendekatan saintifik. Pendekatan ini merupakan proses kerja ilmiah yang diadaptasi ke dalam proses pembelajaran dengan tujuan memperkuat kompetensi siswa pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara integral, berpikir logis dan sistematis, mampu menyelesaikan masalah, melatih mengemukakan pemikiran dan gagasan, serta mengembangkan karakter siswa.
Untuk dapat menerapkan pendekatan saintifik dengan baik, maka guru sebagai pelaksana utama pembelajaran dituntut untuk lebih menguasai ragam model pembelajaran PAIKEM sebagai kunci keberhasilan implementasi pendekatan saintifik. PAIKEM lebih memungkinkan adanya keterlibatan siswa secara aktif, kreatif, berinteraksi sesama teman, dengan guru, dengan materi pelajaran secara dinamis dan dialogis, sehingga dapat mendorong pe-ningkatan mutu pembelajaran siswa.
———
Daftar isi
Bab I Beberapa Istilah Dalam Pembelajaran
A. Desain Pembelajaran
B. Strategi Pembelajaran
C. Metode Pembelajaran
D. Pendekatan Pembelajaran
E. Teknik Pembelajaran
F. Taktik Pembelajaran
G. Model Pembelajaran
H. Media Pembelajaran
Bab II Model Pembelajaran
A. Fungsi Model Pembelajaran
B. Ciri-Ciri Model Pembelajaran
C. Manfaat Model Pembelajaran
D. Model Pembelajaran Kurikulum 2013 (K13)
Bab III Paikem
A. Pengertian PAIKEM
B. Tujuan PAIKEM
C. Landasan PAIKEM
D. Karakter PAIKEM
E. Kriteria PAIKEM
Bab IV Pendekatan Saintifik
A. Pengertian Pendekatan Saintifik
B. Prinsip-Prinsip Pendekatan Saintifik
C. Esensi Pendekatan Saintifik
D. Tujuan Pendekatan Saintifik
E. Landasan Penerapan Pendekatan Saintifik
F. Langkah-Langkah Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik
Bab V Klasifikasi Tipe-Tipe Model Pembelajaran
A. Mengembangkan Kreativitas dan Karya Inovatif
B. Mengembangkan Keberanian dalam Berpikir, Mengemukakan Pendapat, dan Bertindak secara Cepat dan Tepat
C. Mengembangkan Ketelitian Berpikir dalam Mengonstruksi Pengetahuan
D. Mengembangkan Keterampilan Berkomunikasi dan Berbagi Informasi secara Benar dan Akurat
E. Mengembangkan Kemampuan Membangun Kerja Sama Tim dalam Mengambil Keputusan secara Sinergis dan Bertanggung Jawab
F. Mengembangkan Sikap Kritis dalam Menghadapi dan Menyelesaikan Masalah secara Proporsional (Problem Solving)
G. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Analisis dan Sistematis
H. Mengembangkan Sikap Mandiri, Cermat, Selektif, dan Akurat
I. Mengembangkan Budaya Kompetitif, Sportivitas, dan Demokratis
J. Mengembangkan Budaya Peduli Lingkungan, Alam, dan Sosial
K. Mengembangkan Keterampilan Berimajinasi, Visualisasi, dan Curah Ide
L. Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab pada Tugas dan Kewajiban
M. Mengembangkan Keterampilan Kinestetik dalam Bermain Peran
N. Mengembangkan Kekuatan Daya Ingat atau Memori
O. Mengembangkan Aspek Keceriaan dalam Pembelajaran
P. Mengembangkan Keseimbangan dan Kematangan Berpikir
Tags: MetodeSaintifik, ModelPembelajaranInovatif, PAIKEM, PembelajaranAktif, PembelajaranBerbasisKeterampilan, PembelajaranBerbasisKolaborasi, PembelajaranBerbasisKompetensi, PembelajaranBerbasisMasalah, PembelajaranBerbasisNilai, PembelajaranBerbasisProyek, PembelajaranBerbasisSikap, PembelajaranBerorientasiPadaHasil, PembelajaranHolistik, PembelajaranInteraktif, PembelajaranKontekstual, PembelajaranKooperatif, PembelajaranKreatif, PembelajaranMenggunakanTeknologi, PembelajaranTerpadu, PendekatanSaintifik
181 Model Pembelajaran Paikem Berbasis Pendekatan Saintifik
Berat | 550 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 598 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Jann Hidayat Tjakraatmadja. Prof., Dr., MSIE., Dkk. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 15 x 21 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 216 Halaman ISBN: 978-602-446-634-3 Sinopsis: Teknologi telah menjadi faktor utama yang menentukan perubahan zaman, dan menjadi penyebab perubahan dunia pendidikan juga. Pada awal 2020, teknologi telah bersinergi dengan pandemi… selengkapnya
Rp 51.200 Rp 64.00020%
Judul : PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK Pengarang : DESMITA EL-IDHAMI Tahun : Agustus 2009 Dimensi : 16×24, 328 Halaman, HVS-70 Gram ISBN : 979-692-950-3 Sinopsis : Pemahaman tentang karakteristik individu peserta didik ini memiliki arti penting dalam interaksi belajar-mengajar. Bagi seorang guru khususnya, informasi mengenai karakteristik individu peserta didik ini akan sangat berguna dalam memilih… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00020%
Mahdiyah, Dr., Ir., M.Kes. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 132 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-576-6 Sinopsis : Selama ini Statistika sering diidentikkan sebagai mata kuliah yang cukup sulit. Ketika mendengar nama bidang ilmu statistika saja, kebanyakan dari kita sudah membayangkan sesuatu yang sulit dan rumit. Di tengah situasi seperti… selengkapnya
Rp 32.800 Rp 41.00020%
Nusa Putra, Dr., S.Fil., M.Pd., dkk. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 156 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-089-1 Sinopsis: Tujuan Pendidikan Agama Islam (PAI) secara substansial adalah mengasuh, membimbing, mendorong, mengusahakan, dan menumbuhkembangkan manusia takwa. Ketakwaan merupakan high concept dalam arti memiliki banyak dimensi dan merupakan suatu kondisi yang pencapaiannya… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.00020%
Prof. Dr. Ishak Abdulhak, M.Pd. & Dr. Deni Darmawan, S.Pd., M.Si. 16 x 24 cm, 292 hlm Kertas isi HVS-70 gr – Sampul AC-210 gr Cetakan 2, 2015 ISBN: 978-979-692-167-6 Sinopsis : Buku ini mengkaji mengenai varian dan kawasan dari Teknologi Pendidikan yang lebih praktis bagi para praktisi dunia pembelajaran di lingkungan pendidikan baik persekolahan… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Judul : Administrasi & Supervisi Pendidikan Pengarang : M. Ngalim Purwanto Tahun : Cet 24, 2017 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, 236 halaman ISBN : 979-514-039-6 Sinopsis: Pokok-pokok materi yang diuraikan dalam buku ini antara lain konsep administrasi pendidikan dalam hubungannya dengan ilmu administrasi, bidang-bidang garapan administrasi pendidikan, kepemimpinan dalam pendidikan,… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Judul : KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (NEW) Pengarang : H.E.MULYASA, PROF.DR,M.PD. Tahun : 09, 2006 Dimensi : 16X24 cm, HVS-60 gr, 320 hlm ISBN : 979-514-716-0 Sinopsis : KTSP merupakan bentuk operasional kurikulum dalam konteks desentralisasi pendidikan dan otonomi daerah. Penyusunan kurikulum ini melibatkan guru, kepala sekolah, komite sekolah, dan dewan pendidikan. Keterlibatan pihak-pihak tersebut… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Judul : KARYA TULIS INOVATIF: SEBUAH PENGEMBANGAN PROFESI Pengarang : PROF.DR.H. SUDARWAN DANIM Tahun : Cet-1, Desember 2010 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 164 halaman ISBN : 978-979-692-007-5 Sinopsis : Buku ini dipersembahkan untuk guru yang terus mengembangkan derajat profesionalitas sebagai tenaga pendidik. Untuk tujuan itu, guru, kepala sekolah, dan pengawas diharapkan mampu meningkatkan… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.000S. Effendi, Dr., dkk. Cetakan 1, 2015 17,5×25 cm, 384 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 310 gr. ISBN: 978-979-692-652-7 Sinopsis : Buku ini disusun berdasarkan data penggunaan ragam bahasa tulis karya para penulis yang dimuat dalam buku, majalah, dan surat kabar. Dari data akurat itu diperoleh keteraturan dalam bentuk kata dan susunan kalimat… selengkapnya
Rp 120.00020%
Cepi Triatna, Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 200 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-629-9 Sinopsis: Kajian mengenai perilaku manusia saat ini tidak akan terlepas dari keterhubungan dan pengaruhnya (interaksi) dengan lingkungannya. Untuk dapat memahami mengenai perilaku organisasi secara tepat, terlebih dahulu harus dipahami beberapa konsep terkait dengan perilaku… selengkapnya
Rp 47.200 Rp 59.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.